Herbal Sakit Kepala dan Mual yang Aman, Praktis, dan Efektif

herbal sakit kepala dan mual
Ini herbal sakit kepala dan mual yang efektif. Foto: Ist/Net

Ada beberapa herbal sakit kepala dan mual yang efektif untuk meredakan gangguan ini. Mungkin kita juga sering mengonsumsinya. Namun gangguan sakit kepala dan mual sebaiknya tidak Anda biarkan karena bisa jadi bagian dari gejala penyakit serius.

Sebagian besar orang mungkin percaya bahwa sakit kepala sangat mudah proses penyembuhannya. Kenyataannya penyakit ini tidak boleh kita sepelekan. Penyakit yang sering datang setiap waktu ini dapat menghalangi berbagai aktivitas.

Sakit kepala dalam istilah medis kita mengenalnya sebagai cephalalgia atau cephalgia. Gangguan ini berupa rasa sakit yang terjadi pada kepala dan termasuk jenis keluhan yang paling sering terjadi.

Rasa sakit ini terjadi karena sejumlah kondisi. Baik karena peradangan atau penarikan spasme dari pembuluh darah. Keluhan ini juga bisa karena distensi dari struktur dalam kepala atau leher yang peka dengan nyeri.

Meski tampak sepele dan umum terjadi, sakit kepala bisa menjadi tanda suatu penyakit yang serius. Apalagi gangguan ini sangat mengganggu aktivitas penderita. Sakit kepala yang hebat bahkan bisa memicu mual hingga muntah.

Obat Herbal Sakit Kepala dan Mual

Sakit kepala termasuk jenis gangguan yang sering terjadi. Namun kebanyakan orang lebih senang menggunakan obat kimia untuk mengatasinya. Padahal terlalu sering mengonsumsi obat kimia tidak baik, apalagi jika melakukannya dalam jangka waktu yang sering.

Baca Juga: Obat Herbal Islami Anjuran Rasulullah SAW Sesuai Al-Qur’an dan Hadis

Sebagai alternatifnya, ada beberapa jenis obat herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati rasa sakit secara efektif. Nah, berikut sejumlah obat herbal sakit kepala dan mual yang bisa Anda manfaatkan.

Buah Apel atau Cuka Sari Apel

Kandungan kalium tinggi pada cuka sari apel atau buah apel mampu meredakan sakit kepala dengan mudah. Hal ini karena kandungan tersebut mampu memulihkan keseimbangan bentuk asam basa yang terdapat pada tubuh.

Ramuan herbal ini bahkan hanya perlu kita konsumsi maupun dengan menghirup uapnya. Anda pun bisa melakukan kedua cara ini untuk merasakan kesembuhannya.

Untuk cara penyajiannya, Anda hanya perlu mencampurkan sedikit cuka sari apel dan secangkir air ke dalam panci. Kemudian rebuslah air tersebut hingga mendidih dan hirup uapnya.

Selain itu, Anda juga bisa menyajikan herbal sakit kepala dan mual dengan cara menambahkan satu sendok teh cuka, air, madu dan jus lemon untuk dikonsumsi. Anda bahkan bisa mengonsumsi apel dengan taburan garam secukupnya.

Cengkeh

Obat herbal dari cengkeh juga dapat kita manfaatkan untuk meredakan sakit kepala yang berdenyut. Cengkeh bahkan memiliki sifat dingin dan pereda nyeri yang cukup efektif.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu menjadikan sebagai aromaterapi. Caranya dengan menghancurkan beberapa siung cengkeh hingga lembut. Setelah itu, masukkan adonan tersebut pada sapu tangan dan hirup aromanya ketika sakit kepala mulai kambuh.

Jahe

Alternatif herbal sakit kepala dan mual lainnya adalah jahe. Rimpang ini sudah cukup populer bagi masyarakat kita dan juga dipercaya memiliki banyak manfaat. Rimpang ini sering kita gunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Posisi Tidur untuk Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Salah satunya jahe ternyata bisa mengurangi peradangan pembuluh darah yang terjadi pada kepala. Dengan mengonsumsi olahan minuman dari jahe, Anda akan merasakan kepala lebih ringan dan mampu meredakan rasa mual.

Kayu Manis

Obat herbal sakit kepala dan mual juga dapat Anda peroleh dari kayu manis. Tanaman berkhasiat obat ini bahkan sangat efektif jika kita oleskan pada bagian dahi dan pelipis.

Untuk cara penggunaan obat ini dapat Anda lakukan dengan menggiling batang kayu manis menjadi bubuk. Tambahkan hasil gilingan ini dengan sedikit air untuk mengubahkan menjadi pasta kental yang bisa Anda oleskan selama 30 menit.

Minyak Peppermint

Peppermint dapat menjadi obat herbal melalui aromanya. Minyak peppermint ini menghasilkan aroma yang menenangkan. Bahkan, penggunaan aroma minyak peppermint mampu membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Dalam penggunaannya, Anda cukup dengan menghirup aroma ini dalam ruangan sejuk dan gelap. Penggunaan minyak ini juga bisa mengoleskannya  dengan cara memijat leher.

Itulah beberapa alternatif obat herbal sakit kepala dan mual yang sangat berkhasiat. Untuk proses pengobatannya Anda dapat melakukannya dengan cara mengonsumsi, menjadikan minyak oles, hingga sebagai aromaterapi. Lakukan secara rutin agar hasilnya efektif. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu