Hikmah Beriman Kepada Malaikat Membuat Berhati-hati Dalam Bertindak

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Membuat Berhati-hati Dalam Berbuat
Ilustrasi Hikmah Beriman Kepada Malaikat. Foto: Ist/Net

Hikmah beriman kepada malaikat akan menjadikan kita seseorang yang lebih berhati-hati dalam berbuat. Terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut terjadi ketika kita mengetahui dan percaya bahwa akan ada malaikat yang mempunyai tugas khusus, yakni mencatat amal baik dan buruk manusia.

Iman atau juga bisa disebut percaya kepada malaikat merupakan rukun Islam yang kedua. Allah Subhanu wa ta’alla menciptakan langit, bumi, makhluk, dan semua isinya bukan tanpa tujuan yang jelas. Untuk golongan setan dan jin, ada yang sengaja diciptakan membangkang, penggoda, dan taat kepada Allah Sang Penciptanya.

Malaikat sendiri merupakan makhluk Allah yang terbuat dari nur yang berarti cahaya. Ia juga merupakan makhluk Rabb yang paling taat. Makhluk Allah Tuhan Seluruh Alam tersebut ada 10 yang wajib kita imani. Setiap malaikat itu mempunyai tugas masing-masing yang tidak sama.

baca juga: Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir, Menambah Ketaqwaan Kepada Allah

Beberapa Hikmah Beriman Kepada Malaikat yang Wajib Kita Ketahui

Tahukah anda bahwa tak ada satu perkara pun dalam Islam yang tidak mengandung hikmah atau pengajaran. Seseorang yang beriman kepada Allah SWT dan malaikat-Nya sudah seyogyanya mengetahui apa saja ibrah yang dapat kita ambil untuk kehidupan kita.

Lebih Dekat Kepada Sang Pencipta

Makhluk Allah yang berjumlah 10 dan wajib kita imani ini adalah makhluk Allah SWT yang tidak dapat dilihat oleh mata (ghaib). Namun, kita mempercayai bahwa makhluk tersebut ada yang mencatat segala perbuatan kita, baik yang buruk maupun yang baik.

Adanya hal itu justru akan membuat kita berhati-hati dalam berbuat karena selalu ingat bahwa ada yang mencatat perbuatan kita semasa di dunia.

Hal tersebut akan memberikan hikmah kepada malaikat kepada kita untuk istiqomah dalam menjalankan ibadah dan taat kepada perintah-Nya.

Baca juga: Keutamaan Bulan Rajab, Waktu yang Dimuliakan Alloh SWT

Munculnya Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Tak hanya mencatat semua perbuatan baik dan buruk manusia, namun malaikat itu senantiasa berdoa kepada Allah Robbul ‘alamiin dan juga mendoakan orang mukmin yang mendoakan saudaranya.

Selain itu, ada juga malaikat yang mempunyai tugas membantu mengatur rezeki manusia dan menurunkan hujan. Dengan begitu, hikmah beriman kepada malaikat yang akan kita dapatkan, yakni merasa syukur kepada Allah Sang Khalik.

Dalam kitab Allah Surat Al-Mukmin ayat 7 menjelaskan:

Berhati-hati Dalam Berbuat dan Bertindak

Dengan kita percaya bahwa ada malaikat yang akan mencatat amalan, maka hikmah beriman kepada malaikat adalah akan membuat kita berhati-hati dalam melakukan apapun dalam kehidupan.

Dengan demikian, kita pun akan mempunyai rasa takut saat ingin melakukan maksiat. Percaya kepada makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari nur tersebut juga akan mendorong manusia untuk lebih menuruti hawa nafsu yang membawa kita kepada kesehatan dan membuat manusia meniru kesetiaan malaikat kepada Allah SWT.

Yakin Adanya Pertolongan Allah

Maksud dari hikmah beriman kepada malaikat yang berikutnya adalah kita percaya bahwa pertolongan Allah itu ada. Maksudnya yaitu kita tak tahu kapan kita akan mendapatkan cobaan. Misalnya begini, suatu hari mendapati anak kita yang memperoleh surat dari sekolah karena belum membayar uang SPP bulanan.

Namun alangkah malang nasib kita, saat itu keadaan kita sedang tidak punya uang. Akan tetapi, karena kita selalu beribadah dan taat kepada Sang Pemberi Hidup, melalui malaikat Mikail, Allah yang Maha Kaya akan memberikan kita jalan.

Baca juga: Meninggal di Hari Jumat Memiliki Banyak Keutamaan Menurut Islam

Berfastabiqul Khairats

Dengan mempercayai bahwa dunia ghaib itu benar-benar ada, terutama malaikat, maka hikmah beriman kepada malaikat akan menjadikan kita orang-orang yang senantiasa berfastabiqul khairats.

Dengan begitu, akan menjadikan kita seorang hamba yang senantiasa mendahulukan berbuat kebaikan dan juga peduli terhadap sesama.

Tak hanya mendapatkan pahala saja, tetapi juga memungkinkan kita mendapatkan doa dari malaikat karena kita telah menolong sesama.

Walaupun amalan yang kita lakukan sekecil biji zarrah, namun malaikat tetap akan mencatatnya. Kelak di padang mahsyar kita akan dimintai pertanggungjawaban.

Dalam Quran surat Al-Infithar ayat 10-12 menjelaskan:

Sudah jelas bukan, hikmah beriman kepada malaikat yang akan kita dapatkan untuk mengubah kehidupan menuju yang lebih baik. Man Jadda wajada, Fakkir qobla antazima. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid