Hikmah Infaq dan Sedekah Membuat Kita Semakin Kaya Raya

Hikmah Infaq dan Sedekah Membuat Kita Semakin Kaya Raya
Ilustrasi Hikmah Infaq dan Sedekah. Foto: Ist/Net

Hikmah infaq dan sedekah bisa kita katakan sebagai keajaiban. Tahukah anda bahwa sebagian harta yang kita miliki ada hak orang lain yang harus kita berikan. Selain itu, berinfaq dan shadaqah adalah sebuah amal perbuatan yang terpuji.

Dalam agama Islam setiap muslim memiliki kewajiban untuk menyisihkan sebagian harta yang telah Allah Tuhan seluruh alam karuniakan. Banyak orang yang tidak bisa membedakan mana yang shadaqah dan infaq. Berikut ini pengertian infaq dan shadaqah.

Dalam bahasa Arab infaq berasal dari kata ‘anfaqa’ yang berarti mengeluarkan sesuatu untuk suatu kepentingan. Sedangkan shodaqah adalah suatu pemberian yang memiliki tujuan untuk mencari ridha Allah semata.

Meskipun begitu, kedua istilah dan pengertian yang sama. Tentang sejumlah harta yang dapat kita berikan kepada orang yang lebih membutuhkan atas ridha Allah Subhanahu Wa Ta’alla. Namun konsep shadaqah dan infaq berbeda, meski kedua amalan ini saling berkaitan. Bahkan hikmah infaq dan sedekah itu sama.

baca juga: Cara Menghindari Ghibah Berdasarkan Islam yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa Hikmah dan Sedekah yang Wajib Anda Ketahui

Dengan kita menginfakkan sebagian harta yang telah Tuhan anugerahkan, maka hikmah infaq dan sedekah yang akan kita dapatkan adalah menyucikan diri. Maksudnya, saat kita melakukan amal kebajikan ini, maka dosa-dosa kita akan diampuni.

Dalam sebuah hadits menjelaskan bahwa: “Sedekah itu dapat menghapus dosa seperti halnya air yang bisa memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi).

Kita tidak hanya bisa bersedekah dengan harta. Apabila kita tidak mampu untuk bersedekah dengan harta, ada suatu hal yang setara dengan sedekah yaitu dengan senyum.

Hal ini sebagaimana dengan hadits:

Mudah bukan, hanya dengan tersenyum kita bisa mendapatkan pahala yang setara dengan kita mengeluarkan harta kita di jalan Allah.

Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Setiap kita menginfakkan atau menshodaqahkan harta kita, maka Allah SWT akan memberinya ganti lebih banyak dan berlipat.

Dalam kitab Allah Quran Al-Baqarah ayat 261 menjelaskan:

Hikmah infaq dan sedekah yang satu ini tentunya memberikan kita pengajaran. Dimana saat kita mengeluarkan harta untuk bersedekah, jangan pernah ragu dan khawatir untuk mengeluarkan dalam jumlah yang besar.

Pasalnya, Allah SWT sudah menjanjikan bahwa akan melipatgandakan berapapun jumlah yang telah kita keluarkan. Jangan pernah berfikiran bahwa dengan kita berinfaq dan bershodaqah harta kekayaan kita akan berkurang.

Hal itu merupakan pemikiran yang kuno. Bukankah Sang Pencipta sendiri telah menjelaskan dalam kitab Allah surat ke 2 ayat 261 tadi.

Baca juga: Hikmah Menepati Janji Mengajarkan Kita untuk Berfastabiqul Khairats

Menghindarkan Diri Dari Sikap Kikir

Sifat kikir merupakan sikap yang tidak terpuji. Hikmah infaq dan sedekah yang satu ini akan menghindarkan kita semua dari sifat tercela ini. Kita tidak akan mendapatkan semua harta yang kita miliki saat ini tanpa campur tangan Allah.

Meskipun kita sudah berusaha, tetapi kita tidak berdoa sama halnya kita menantang kekuatan dan kekuasaan Allah. Kita sudah terlalu bangga dengan kemampuan kita, namun jika Allah tidak mengizinkan hanya sebuah kesombongan saja yang ada pada diri kita.

Misalnya kita hanya berdoa mati-matian tapi jika tidak diimbangi sama usaha sangatlah mustahil. Allah SWT selalu mewajibkan semua hambanya untuk berusaha, masalah hasil itu sudah menjadi urusan Sang Pemberi Rezeki. Jangan pernah mengambil hak Allah dalam menentukan.

Meringankan Sakaratul Maut

Tak hanya menambahkan pahala dan melipatgandakan harta. Tetapi hikmah infaq dan sedekah juga meringankan kita saat sakaratul maut nanti tiba.

Betapa sakitnya saat sakaratul maut itu. Nah, jika semasa hidup kita banyak melakukan sedekah, amal kebajikan itulah yang akan memberikan kita pertolongan.

Rasulullah SAW telah bersabda: “sedekah seorang muslim itu meningkatkan harta pada masa kehidupannya. Dan meringankan saat tiba sakaratul maut, Allah akan menghilangkan rasa tersebut dengan amal sedekahnya” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, halaman 97).

Baca juga: Hikmah Perilaku Amanah Mengajarkan untuk Senantiasa Bersikap Jujur

Memperpanjang Umur

Hadits riwayat Thabrani menjelaskan bahwa: “Sungguh sedekahnya seorang muslim dapat memanjangkan umur, mencegah suul khotimah, Allah juga akan menghilangkan sifat sombong, fakir dan bangga pada dirinya” (HR. Thabrani).

Adanya hadits tersebut, sudah semakin memperjelas hikmah infaq dan sedekah bukan? Pasalnya, umur kita bisa panjang itu karena kita rutin mengamalkan sedekah. Bukan karena tiup lilin.

Nah, untuk anda dan kita semua yang masih bersedekah dengan senyuman, semoga beberapa hikmah infaq dan sedekah tersebut dapat membantu dan menyadarkan anda. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid