Honda CB350 RS Resmi Hadir di India Dengan 350 cc Scrambler

Honda CB350 RS
Honda CB350 RS. Foto : Ist/Net

Honda CB350 RS yakni 350cc scrambler telah meluncur di awal tahun 2021 ini di India. Meski dari Honda sebelumnya telah meluncurkan dua motor terbarunya PCX 160 dan CBR150R, namun Honda tidak berhenti untuk berinovasi dan menyusul peluncuran terbarunya kali ini dengan seri CB350 RS. 

Bahkan motor ini telah hadir mengikuti kesuksesan Honda H’Ness CB350 yang turun ke pasaran global pada Oktober 2020. Dari segi mesin keduanya pun dibuat sama. 

Motor dengan seri CB350 RS tersebut hadir dalam mesin satu silinder 348 cc berbekal pendingin udara. Selain itu, tenaga yang dihasilkan adalah 21 dk pada 5.500 rpm. Tentu saja dengan torsi 30 Nm pada 3.000 rpm. 

Motor tersebut turut meramaikan pasar motor sport retro dengan 350 cc. Bahkan dari desain miliknya berdesain scrambler dan menjadi pesaing Royal Enfield. 

Spesifikasi pada Honda CB350 RS Dengan Tampilan Retro

Honda memang selalu berinovasi dalam jajaran motor buatannya. Bahkan ia memperluas jajaran CB350 dengan meluncurkan CB350 RS.

Baca Juga : Honda CR-V Facelift 2021 Resmi Rilis Berbekal Spesifikasi Terbaru

Sebenarnya letak perbedaan dua motor tersebut adalah pada sisi desain. Dengan nama RS di belakangnya berupa singkatan dari Road Sailing. Tentu saja nama ini memiliki maksud untuk menjadi teman berkendara yang tangguh dan handal. 

Desain dan Tampilan

Desain bagian depan pada motor tersebut dengan lampu LED yang sangat mirip. Bahkan terdapat lampu LED, kaca spion yang berbentuk bulat menunjukkan retronya, switchgear, dan roda paduan.

Pada motor ini juga terdapat port USB untuk pengisian daya smartphone anda. Meski hadir dengan tampilan retro atau sederhana, namun motor ini terlihat tangguh dan ganteng

Namun yang perlu anda ketahui, H’Ness hadir dengan menampilkan banyak krom dan Honda CB350 RS berelemen hitam pekat.

Tidak hanya itu, CB350 RS berbekal gator garpu, ban blok lebih lebar, dan fender depan pendek. Selain itu, motor tersebut memiliki indikator LED sangat ramping.

Klaster instrumen pada CB350 RS juga menunjukkan navigasi belokan demi belokan dengan kemampuan bluetooth. Tentu saja dengan sambungan bluetooth pada motor tersebut memberikan kemudahan anda dalam mengakses fitur telepon, pesan, musik, navigasi, dan perkiraan cuaca. 

Mesin CB350 RS berbekal plat bash bersama pipa knalpot gelap berperisai panas krom. H’Ness juga memperoleh knalpot krom, tetapi perakitan mesin dicat warna hitam dan terlihat lebih premium. CB350 RS berbekal kursi single piece bertipe roll anda tuck. 

Pada bagian belakang H’Ness terdapat fender krom dengan lampu belakang terpisah dan rel perampasan pillion. Sedangkan pada Honda CB350 RS dengan fender lebih ramping, warna hitam mengkilat, dan lampu LED pada ekor kursi. Bahkan rel perampasan pilion terletak pada bawah kursi dalam kedua sisinya. 

Detail Bodi

Dimensi bodi dengan data sebagai berikut: 

  • Length : 2171 mm
  • Width : 804 mm
  • Height : 1097 mm
  • Wheel Base : 1441 mm
  • Ground Clearance: 168 mm
  • Kerb Weight : 179 kg
  • Seat Length : 640 mm
  • Seat height : 800 mm
  • Fuel Tank Capacity : 15L
Baca Juga : All New Honda PCX 160 Pesaing NMax Hadir di Indonesia, Harga?

Sedangkan transmisi pada Honda CB350 RS tersebut yakni kopling basah multiplate. Selain itu, motor tersebut memiliki tangki bahan bakar yang dapat menampung 15 liter. 

Mesin

CB350 RS berbekal mesin dengan silinder tunggal 346,36 cc dalam hasil 21,07 PS dan 30 Nm. Selain itu, dengan gearbox 5 percepatan bersama kopling slip and assist.

Tidak hanya itu, CB350 RS menggunakan Honda Selectable Torque Control dan Honda Smartphone Voice Control System. Pada rem motor, terdapat cakram di kedua roda menggunakan ABS dual Channel untuk standar. Motor tersebut dengan battery 12 V 6.0 Ah.

Baca Juga : Yamaha New Vino 50, Motor Matic Bermesin eSP Honda

Sedangkan suspensi motor tersebut bertipe frame Setengah Duplex Cradle, suspensi depan Telescopic, dan pada bagian belakang Twin-Hidrolik. 

Honda CB350 RS terdapat fitur keselamatan dan keamanan dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Hal tersebut bertujuan untuk mencegah dan mengurangi resiko tabrakan karena ban belakang selip pada medan berpasir maupun licin.

Jadi, anda dengan aman mengendarai motor tersebut. Pelek dengan model alloy serta ban tubeless 100/90 pada bagian depan dan 130/70 pada bagian belakang. 

Warna Varian 

Motor tersebut hadir dengan 2 warna menarik, yakni kuning-hitam dan merah. Warna yang cocok dengan gaya klasiknya. 

Harga CB350 RS

Motor CB 350 RS Monotone tersebut dijual di India dengan bandrol 196.000 INR atau apabila dirupiahkan sebesar 37,6 juta rupiah. Sedangkan CB350 RS Dualtone di India sebesar 198.000 INR atau setara dengan 38 juta rupiah. 

Itulah informasi mengenai Honda CB350 RS. Dengan pengetahuan tersebut, tentu dapat memberikan informasi update mengenai dunia otomotif. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto