Honda City Hatchback 2021 Akan Meluncur Maret Mengganti Honda Jazz

Honda City Hatchback 2021
Honda City Hatchback 2021. Foto: Ist/Net

Honda City Hatchback 2021 merupakan mobil keluaran terbaru yang disebut-sebut sebagai pengganti Honda Jazz. Dari pihak HPM telah menayangkan video teaser mobil tersebut melalui akun Instagramnya. Tentu saja menjadi kabar yang mengejutkan dunia otomotif setelah vakumnya setahun lalu. 

Namun dengan diamnya tersebut, Honda telah menyiapkan kejutan dengan menghadirkan City Hatchback pada bulan Maret 2021 yang tinggal beberapa hari lagi. 

Penargetan penjualan mobil kali ini telah menunjukkan peningkatan dari 532.027 unit pada tahun lalu menjadi 750.000 unit.

Bahkan sebelumnya, Honda telah meluncurkan 3 model mobil keluarannya yakni Honda Brio RS Urbanite, Honda CR-V, dan New Honda Odyssey. 

Informasi Lengkap Honda City Hatchback 2021 Terbaru

Setelah sebelumnya menghadirkan 3 model mobil kebanggaannya, kini Honda menghadirkan City Hatchback yang nampak dari akun Instagram milik Honda yakni @Hondaisme.

Video dengan durasi 10 menit tersebut menunjukkan penampilan terbaru City Hatchback dengan siluet headlamp dan kata See You pada akhir video. 

Telah Terdaftar NJKB 

Bahkan Honda City Hatchback 2021 telah tercatat pada situs samsat-pkb.jakarta.go.id. Pencatatan telah berlangsung pada Januari 2021 lalu.

Baca Juga : Mobil Paling Nyaman Untuk Perjalanan Jauh Bersama Keluarga

Selain itu, sudah terdaftar di NJKB DKI Jakarta bercode CITY HB dengan harga NJKB Rp. 221 juta pada RS CVT dan Rp. 213 juta untuk RS MT. 

Bahkan dari PT HPM membenarkan adanya model terbaru tersebut namun pengungkapannya tidak banyak. Benar tidaknya dipasarkan di Indonesia masih akan diinformasikan kembali. 

Honda memang sangat selektif, terutama di pasar Indonesia. Dalam setiap peluncuran produk-produk terbarunya, Honda akan banyak mempertimbangkan kebutuhan pasar atau keinginan konsumen. Tidak hanya itu, dari sisi ekonomi dan kondisi pasar sangat menjadi pertimbangan utama. 

Desain dan Dimensi

Honda City Hatchback 2021 berbekal dimensi dengan panjang 4.345mm x lebar  1748mm x tinggi 1488mm pada sumbu roda 2589 mm. Dengan detail ukuran dimensi tersebut menunjukkan bahwa mobil ini lebih besar dari Honda Jazz.

Namun tetap mengusung wheelbase sedan. Mobil hadir dalam model 5 pintu dengan ruang kaki luas dan besar. Desain kursi berupa Ultra Seats dengan model Utility, Refresh, dan Long Tall kenyamanan berkendara. 

Honda City Hatchback 2021 sangat ramah lingkungan. Hal ini berbekal standar EURO 5 dengan tingkat emisi CO2 100 gr/km. Selain itu, lengkap dengan Honda Connect untuk menghubungkan ke mobil melalui aplikasi smartphone. 

Fitur keselamatan pada mobil ini juga lengkap. Bahkan hadir dengan warna merah yang terlihat lebih sporty dan menawan.

Ada juga paddle shifter, cruise control, 6 titik airbag, port pengisian daya belakang, sound system dengan delapan speaker, iluminasi merah untuk layar digital, dan LCD 8 in. 

Mesin City Hatchback 2021

Kabarnya Honda City Hatchback 2021 akan turun ke pasar Indonesia dengan mesin 1500cc, namun bukan 1000cc turbo. Ini merupakan jenis tipe baru yang memakai teknologi DOHC dan i-VTEC.

Lalu dengan tenaga 120,3 ps setara 119 tk dan torsi 145 Nm. Mesin 1500cc City Hatchback tentulah tipe baru, mengingat Honda Jazz di Indonesia masih membawa spek 1500cc SOHC i VTEC sebelumnya. 

Baca Juga : Mobil Matic Murah dengan Performa Mesin Terbaik dan Irit Bahan Bakar

Namun kedepannya City Hatchback tidak dengan mesin turbo dan lebih pada mesin 1500 cc konvensional. Hal ini karena HPM tidak mengikuti debut City Hatchback di Thailand.

Memang City Hatchback di Thailand dengan mesin 1000cc, 3 silinder, 12 katup, dan DOHC VTEC turbo. Jelas penurunan ke pasar Indonesia berbeda.

Hal ini sangat berkaitan dengan harga Honda City Hatchback 2021 yang telah sesuai value. Tentu saja untuk target market yang sudah HPM pertimbangkan. 

Varian City Hatchback dan Perkiraan Harga

Mobil City Hatchback 2021 akan hadir dengan dua varian. 1,5L RS CVT dengan transmisi matik dan RS MT bertransmisi manual. Bisa jadi City Hatchback akan tersedia dengan harga mulai dari 300 juta. 

Hal ini mengingat pada Honda Jazz waktu lalu yakni di tipe MT dengan harga 256,5 juta, CVT 267 juta, RS MT 289,5 juta, dan RS CVT 301 juta. Nah, sangat mungkin City Hatchback akan dijual diatas harga Honda Jazz tersebut. 

Prediksi lain, City Hatchback Manual berada di angka 310 juta hingga 313 juta dan City Hatchback CVT mulai dari 320 juta sampai 330 juta. 

Itulah informasi terkini terkait Honda City Hatchback 2021 yang akan rilis bulan depan. Mari kita tunggu kehadirannya dengan berbagai kelebihan yang tersemat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto