HP Redmi K40 Siap Meluncur, Apa Saja Kelebihannya?

HP Redmi K40 Siap Meluncur
Penampakan HP Redmi K40. Foto : Ist/Net

HP Redmi K40 kabarnya akan meluncur pada hari ini, Kamis (25/2/2021). Sebelumnya, spesifikasi Redmi K40 yang merupakan sub brand dari Xiaomi ini, sudah terlebih bocor di internet.

Bahkan, bocoran spek dari smartphone terbaru besutan vendor asal China ini sudah berlangsung sejak Juni 2020 lalu.

Tidak hanya itu, menjelang peluncuran dari Redmi K40 tersebut, sampai saat ini bocoran juga banyak berseliweran di internet. Karena, memang tidak sedikit yang mencari spesifikasi dari seri terbaru Redmi tersebut.

Spesifikasi HP Redmi K40

Sementara mengutip dari berbagai sumber, bahwa Redmi K40 Series sudah muncul di database Geekbench.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi Note 10 Pro Max Bocor Akan Rilis 4 Maret 2021

Sedangkan menurut laporan, ada 2 model yang sudah terdaftar yakni M2012K11AC yang bisa jadi Redmi K40 dan M2012K11C untuk K40 Pro.

Dapur Pacu

Sementara mengutip dari GSMArena, bahwa HP Redmi K40 menggunakan prosesor SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm) besutan Qualcomm sebagai otaknya.

Namun ada beberapa sumber yang menyebutkan, bahwa seri ini akan memakai Snapdragon 888. Bahkan ada juga yang mengulas bakal mengusung Snapdragon 7-series atau Dimensity 1100/1200.

Masih dari GSMArena, bahwa Redmi K40 ini juga mengusung CPU Octa-core Kryo 585 berkecepatan 3.2 GHz, dan GPU Adreno 650.

Sedangkan sebagai pendukung performa, sudah terpasang RAM berkapasitas 6 GB, dan juga penyimpanan internal 128 GB. Namun, kemungkinan besar tidak akan tersedia slot untuk memori eksternal.

Layar

Beralih ke bagian layar, HP Redmi K40 memiliki ukuran seluas 6,67 inci, dengan resolusi mencapai 1440 x 3200 piksel dan juga aspek rasio 20:9.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi 9T Akan Mengusung RAM 6GB dan Baterai 6000 mAh

Sementara untuk panelnya masih standar dengan mengandalkan IPS LCD. Namun Redmi K40 ini memiliki refresh rate yang tinggi sampai 144 Hz. Selain itu, tersedia juga Corning Gorilla Glass sebagai pelindung layarnya.

Sehingga, dengan layar yang luas dan refresh rate tinggi, tentunya smartphone besutan Redmi asal China ini bisa nyaman dan jelas saat menatap layarnya.

Kamera

Kelebihan dari HP Redmi K40 yaitu dari sektor kameranya, baik yang tersimpan pada bagian belakang maupun depan dari smartphone ini.

Sebagai bukti, masih mengutip dari GSMArena, bahwa seri terbaru ini membawa empat lensa yang terpasang pada bagian belakang dan lensa tunggal pada bagian depan.

Adapun keempat kamera belakangnya ini antara lain 108 MP dengan bukaan f/1.7 bertindak sebagai lensa wide, yang sebagai kamera utama.

Kemudian kamera 8 MP bukaan f/2.4 sebagai ultrawide, 5 MP aperture f/2.4 (makro) dan 2 MP sebagai sensor kedalaman.

Keempat kameranya itu terpasang secara persegi panjang pada sudut kiri atas, dengan kamera utama di atas. Sedangkan tiga kamera beserta LED flash tersimpan di bawahnya.

Kemampuan kamera HP Redmi K40 ini bukan hanya merekam video dengan resolusi 4K saja, melainkan bisa sampai 8K pada 30fps. Sehingga, tentunya untuk resolusi rekaman video 1080 tidak menjadi masalah.

Lantas bagaimana dengan kamera depannya? Sama seperti kamera belakangnya, untuk bagian depan juga bisa Anda andalkan buat mengabadikan momen selfie.

Sebab, Redmi K40 ini sudah terpasang lensa dengan resolusi 30 MP. Kamera selfie tersebut terpasang pada punch hole sudut kiri atas.

Sehingga, penempatan kamera depannya ini tidak akan mengganggu pengguna ketika bermain game atau menonton multimedia.

Baterai dan Fitur HP Redmi K40 Lainnya

Sementara untuk bagian daya baterai, smartphone besutan Redmi ini memiliki kapasitas 4420 mAh. Selain itu, tersedia juga fitur fast charging atau pengisian cepat 33W.

Baca Juga : Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 8A Pro, Ketahui Sebelum Membeli

Sedangkan untuk sistem operasi atau OS, seri K40 ini sudah berbasis Android 11, dan menjalankan antarmuka MIUI 12.2.

Untuk sensor keamanan ponsel menggunakan fingerprint atau sidik jari, yang terpasang pada tepi smartphone tersebut.

Seri terbaru dari Redmi ini juga sudah mendapatkan sertifikasi untuk Hi-Res Audio, sehingga bakal mendukung audio panorama Dolby.

Namun, sampai berita ini diturunkan belum ada informasi resmi berapa harga dari HP Redmi K40. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto