Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita BanjarHPN ke-75, Walikota Banjar; Pers Berperan Majukan Daerah

HPN ke-75, Walikota Banjar; Pers Berperan Majukan Daerah

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Peringatan Hari Pers Nasional atau HPN ke-75 tahun 2021 di Kota Banjar, Jawa Barat, digelar di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Banjar, Selasa (09/02/2021). Acara tersebut dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Banjar, bersama sejumlah wartawan.

Dalam kesempatan itu, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, menyampaikan bahwa, keberadaan media dan insan pers sebagai penyampai arus informasi sangat berperan dalam pembangunan daerah. Juga berkontribusi penuh atas kemajuan sumberdaya masyarakat melalui informasi yang pers sampaikan.

“Peran dan kontribusi pers sangat nyata dalam partisipasinya mewujudkan kemajuan dan pembangunan daerah, melalui pemberitaan yang konstruktif,” kata Ade Uu Sukaesih.

Mengingat pentingnya keberadaan dan besarnya pengaruh pers tersebut, lanjutnya, pers harus selalu memberikan kritik yang membangun. Dengan memberikan sajian pemberitaan yang bernilai edukatif, faktual, mencerdaskan, dan berimbang.

Untuk itu, pihak pemerintah akan senantiasa menjalin sinergitas dengan insan pers agar warga masyarakat serta pembangunan di Kota Banjar ini bisa semakin maju, dan terus berkembang.

Baca Juga : HPN 2021, Ketua PWI Ciamis Minta Wartawan Kompak Tangani Pandemi Covid-19

“Kota Banjar bisa sampai sejauh ini juga berkat peran pers. Selamat hari pers yang ke-75. Semoga sinergitas kita tetap terjaga, dan pers bisa memberikan kritik yang bersifat konstruktif,” ucapnya.

Pada acara peringatan HPN ke-75 tahun 2021 ini, Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, menambahkan, dalam sejarah dan perkembangannya sudah tidak perlu meragukan lagi keberadaan pers.

Bahkan, menurutnya, selain berperan dalam kemajuan daerah, tulisan seorang wartawan juga bisa mempengaruhi sosok publik figur, seperti politisi, artis dan para pejabat menjadi orang-orang besar.

“Kita akan berinovasi untuk saling bersinergi demi pembangunan dan kemajuan Kota Banjar. Insan pers maju, pemerintah maju karena berita yang akurat dan positif,” kata Nana Suryana.

Insan Pers Harus Bangkit dari Pandemi Covid-19

Sementara itu, tokoh senior PWI Ciamis dan Kota Banjar, sekaligus pemilik Media Harapan Rakyat Group, Subakti Hamara, mengatakan, HPN ke-75 tahun 2021 di DKI Jakarta dengan tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Bersama Pers sebagai Akselerator Perubahan,” harus mampu menjadi sikap optimistis bagi insan pers, maupun seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga : Plh Bupati Pangandaran Sebut Pers Garda Terdepan Informasi Covid-19

Lebih lanjut Subakti mengatakan, seluruh dunia saat ini tengah mengalami situasi pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat besar terhadap seluruh sendi, dan elemen kehidupan.

Namun, insan pers sendiri harus mampu bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah merontokan seluruh sendi dan tatanan sosial ekonomi dunia.

Karena menurutnya, tanpa pandemi pun insan pers Indonesia masih jauh dari kata sejahtera, meski insan pers sudah biasa dengan setiap hambatan dan rintangan. Baik sejak zaman sebelum kemerdekaan, bahkan hingga era reformasi sekarang ini.

“Ini sebuah tema yang tidak gampang untuk mewujudkannya. Namun, insan pers sendiri harus mampu bangkit dari pandemi Covid-19, yang telah merontokan seluruh sendi dan tatanan sosial ekonomi dunia,” tandasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img