Husqvarna Svartpilen 125 Resmi Meluncur Dengan Spesifikasi Terbaru

Husqvarna Svartpilen 125
Husqvarna Svartpilen 125. Foto: Ist/Net

Husqvarna Svartpilen 125 merupakan varian kecil dari bagian keluarga Svartpilen. Svartpilen 125 belum lama ini meluncur di Eropa dengan harga bandrol mencapai 84 jutaan atau 4.499 Euro. 

Peluncuran Svartpilen 125 tersebut merupakan langkah strategis anak perusahaan dari KTM untuk memasuki motor yang lebih luas lagi. Dengan hadirnya Svartpilen 125 turut melengkapi deretan kendaraan retro modern milik Husqvarna. Deretan Husqvarna tersebut terdiri dari Svartpilen 250, Svartpilen 200, dan Svartpilen 710. 

Svartpilen 125 hadir dengan tampilan identik dan berbekal mesin berbasis dari KTM Duke 125. Motor Husqvarna tersebut merupakan salah satu motor sport entry level terbaru dengan harga terjangkau.

Namun motor ini hampir mirip dengan Svartpilen 710 dari garis desainnya. Hal yang membedakan dengan Svartpilen 710 adalah dari dimensinya, karena motor ini lebih mungil. 

Baca Juga : Yamaha X Ride 155 Bakal Hadir Tantang Honda ADV 150

Selain tampilan yang identik, motor tersebut berkonsep telanjang sehingga sangat inovatif dan modern meski lebih menyajikan tampilan neo klasik yang kental. Hal ini terbukti dari penerangan LED yang berbentuk bulat. 

Spesifikasi Husqvarna Svartpilen 125

Svartpilen 125 memiliki pahatan tubuh yang agresif sehingga ia tak kalah impresif. Selain itu, memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengendara dengan perpaduan performa street bike dalam gaya otentik.

Bahkan dari sisi stabilitas, Svartpilen 125 sudah sangat menunjang. Rangka rancangan motor tersebut mengandalkan sasis jenis tralis dan mempunyai kekuatan yang tak diragukan lagi karena berbahan baku chromium molybdenum steel dan sokongan kaki-kaki berkualitas. 

Mesin dan GearBox

Mesin Svartpilen 125 berbekal mesin camshaft tin overhead silinder tunggal. Silinder tunggal 4 tak tersebut 125 cc. Mesin tersebut memberi daya terbaik dan poros penyeimbang menyempurnakan kehalusan tingkat tinggi. 

Selain itu, mesin pada Svartpilen 125 lengkap dengan baterai 12V/8Ah dan berdaya puncak 11kW. Tentu saja sangat cocok digunakan untuk urban riding.

Baca Juga : New Honda CB190SS 2021 Penerus Tiger Dengan Tampang Retro 

Bahkan Husqvarna Svartpilen 125 tersebut sudah memiliki Gearbox dengan rasio penutupan 6 kecepatan. Hal ini memberikan kehalusan perpindahan gigi. 

Emisi gas pembuangan telah memenuhi standar Euro 5. Hal ini sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan Uni Eropa dan negara lain. 

Eksterior

Svartpilen 125 mengusung perpaduan otentik antara klasik modern dan merupakan warisan Swedia, yakni dari Husqvarna Motorcycle.

Motor tersebut membawa bodywork yang ringan dan sempit. Namun anda tak usah khawatir karena secara cerdas motor tersebut memungkinkan anda menikmati gerakan mulus pada saat berkendara. 

Elegan dengan warna gelap, ban kasar, dan pada bagian pelindung dengan tampilan ketat yang sangat sesuai eksplorasi perkotaan. Model bagian belakang dibuat meruncing. Hal ini mirip dengan motor trail. 

Tambahan kesan gagah Husqvarna Svartpilen 125 didukung bentuk timeless dan frame diberikan powder coated warna hitam. Selain itu, bertutup mesin warna tembaga serta komponen pendukung sehingga bergaya adaptasi anodised. 

Suspensi belakang berbekal monoshock. Suspensi roda depan memakai garpu terbuka WP Apex 43 mm, sedangkan bagian belakang memakai WP Apex. 

Bahkan motor ini memiliki terapan penghenti laju cakram berukuran 320mm di depan. Lalu pada bagian belakang berukuran 230mm dengan kaliper menggunakan Bybre plus teknologi ABS di kedua roda. 

Diameter roda jeruji 17 inch berbalut ban Pirelli Scorpion Rally STR bisa untuk mengaspal maupun light off-road. Bahkan ukurannya tidak berubah yakni 110/70 depan dan belakang 150/60. 

Bobot

Kenyataannya Svartpilen 125 berbobot 146 kg, meski ia tergolong kecil. Untuk perbandingan, anda bisa membandingkan dengan MT-15 dalam bobot 133 kg. Tentu saja Svartpilen 125 lebih berat. 

Aksesoris

Husqvarna Svartpilen 125 tersebut memiliki aksesoris yang mengesankan. Anda bisa menambahkan tampilannya dengan knalpot slip on Akrapovic, spakbor depan bobbed, flyscreen, dan jok yang nyaman sesuai keinginan anda. 

Tidak hanya itu, panel instrumen yang terpasang telah dilengkapi dengan sistem digital. Fungsinya adalah memberikan berbagai informasi ke pengendara. 

Bagi anda bikers yang berminat Svartpilen 125 tersebut, bisa secara langsung mengecek ke dealer mulai bulan ini di Eropa.

Baca Juga : All New Honda PCX 160 Pesaing NMax Hadir di Indonesia, Harga?

Karena sayangnya, motor ini baru turun ke benua biru tersebut. Hal ini lantaran pasar Eropa mempunyai keunggulan dalam memasarkan produk-produk yang bermesin 125cc.

Tentu saja berbanding terbalik dengan Indonesia. Faktanya Indonesia telah lama meninggalkan kubikasi tanggung, terutama buat ukuran motor sport. 

Nah, itulah informasi update mengenai Husqvarna Svartpilen 125 yang saat ini telah menjadi perdebatan. Sebaiknya anda cek secara langsung pada situs resmi untuk mengetahui secara detail tentang Svartpilen 125. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto