Ide Dekorasi Kamar Sempit Menjadikan Ruangan Anda Terkesan Luas

Ide Dekorasi Kamar Sempit Menjadikan Ruangan Anda Terkesan Luas
Ide Dekorasi Kamar Sempit. Foto: Ist/Net

Ide dekorasi kamar sempit pas untuk interior rumah minimalis anda. Kamar tidur sendiri merupakan ruangan yang paling dan juga ternyaman.

Fungsi utama dari ruangan ini adalah sebagai tempat untuk beristirahat. Dengan demikian, maka unsur kenyamanan menjadi faktor utama dalam mendesain dan juga mendekorasi sebuah kamar.

Untuk mendesain kamar yang sempit atau mempunyai ukuran kecil itu menjadi tantangan yang gampang-gampang susah. Pada umumnya banyak yang mengeluh perkara kasur ataupun springbed yang mereka gunakan, karena berukuran besar sehingga memakan banyak space.

Beberapa Ide Dekorasi kamar Sempit yang Bisa Anda Coba

Beberapa ide desain kamar sempit berikut bisa menjadi solusi untuk anda.

Dekorasi Kreatif pada Bagian Dinding dan Plafon

Inilah salah satu cara yang bisa anda aplikasikan pada kamar sempit agar tetap nyaman dan juga menarik. Anda hanya perlu menata pewarnaan dinding pada ruangan yang lebih berani atau bisa juga menggunakan wall covering. Pilihlah motif yang ceria serta warna cerah.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Makan Ala Cafe Mempesona dan Mudah untuk Dicoba

Hal tersebut bertujuan untuk mengalihkan fokus penghuni karena dekorasi kamar sempit sehingga masih tetap terasa nyaman untuk beristirahat. Dengan anda memberikan ide desain kamar sempit yang kreatif, nantinya akan memberikan kesan lebih hidup.

Tak hanya bisa anda aplikasikan pada dinding saja, tetapi juga pada bagian langit-langit atau plafon. Caranya adalah menggunakan drop ceiling atau bisa juga up ceiling.

Hal ini tentunya akan membuat ruangan rebahan anda lebih dinamis. Anda juga bisa menggantungkan lampu-lampu yang awalnya mempunyai tempat bawah.

Menghadirkan Perabot yang Multifungsi

Dengan menghadirkan perabotan-perabotan yang multifungsi juga menjadi ide dekorasi kamar sempit milik anda. Dengan begitu, juga akan menghemat space untuk menaruh furniture lainnya. Salah satu perabot yang paling sering anda gunakan adalah ranjang satu paket dengan penyimpanan.

Tahukah anda jika anda mempunyai ranjang yang memiliki undakan. Nah, pada bagian undakan tersebut bisa anda jadikan untuk tempat penyimpanan.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa memilih ranjang yang bersatu dengan dinding. Hal ini tentunya akan memberikan kesan luas ketika sedang anda gunakan untuk beristirahat melepas penat.

Meski sempit, namun anda masih bisa menghadirkan meja kerja ataupun meja rias yang memiliki ukuran kecil. Tambahkan juga kursi ottoman multifungsi yang pada bagian bawahnya bisa anda manfaatkan untuk penyimpanan.

Warna yang Serba Putih

Bukan menjadi rahasia lagi apabila nuansa yang serba putih bisa menjadi ide dekorasi kamar sempit anda. Karena memang pengaplikasian warna putih dapat memberikan kesan luas. Anda juga bisa memilih penggunaan perabot yang juga mempunyai warna selaras.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Makan Mewah Membuat Betah dengan yang Tersayang

Perlu anda ingat, warna lebih dominan putih ini jangan sampai malah berkesan membosankan. Lalu bagaimana caranya? Tambahkan motif-motif tertentu pada beberapa elemen. Misalnya tanaman hias, sprei, jam dinding, dan juga tirai.

Model Jendela dan Pintu yang Bergeser

Tak hanya rak dinding saja untuk bisa menciptakan ide desain kamar sempit yang luar biasa. Gunakan model jendela dan juga pintu dengan model geser.

Selain berfungsi untuk menghemat ruang, model seperti itu terkesan stylish plus modern. Model tersebut juga bisa anda pilih untuk menjadi model pintu lemari kamar anda.

Rak Tanam dan Ambalan yang Memanjang

Kehadiran floating shelves juga tidak boleh ketinggalan untuk menciptakan dekorasi kamar sempit hunian anda. Tahukah anda apa itu floating shelves? Ia adalah rak dinding. Kehadiran benda yang satu ini juga bisa menambahkan kesan lebih estetik.

Selain menggunakan dan menghadirkan rak dinding tersebut, anda juga bisa memilih tempat tidur menyatu pada dinding. Tempatkan pada bagian dinding yang paling terlihat dari pintu kamar.

Pilihlah Satu Material Utama yang Dominan

Gunakan satu material utama yang dominan menjadi ide desain kamar sempit sehingga terkesan lebih compact. Nyatanya, setiap elemen yang ada akan terlihat lebih menyatu.

Baca Juga: Ruang Tamu Ala Cafe Membuat Anda dan Para Tamu Serasa Nongki

Tetapi ada hal yang tidak boleh anda lupakan dalam memilih material ini. Apa dia? Kenyamanan. Karena dialah yang menjadi tolak ukur dalam ruangan ini.

Tak perlu repot-repot lagi untuk anda yang sedang mencari ide dekorasi kamar sempit. Beberapa inspirasi tersebut dapat membantu anda untuk jadi solusinya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang