Jabatan Bupati-Wabup Pangandaran Berakhir 17 Februari 2021

Jabatan Bupati
Bupati H Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati H Adang Hadari. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Jabatan Bupati dan Wabup Pangandaran periode 2016-2021 kabarnya berakhir pada 17 Februari 2021 mendatang. Lantaran belum adanya keputusan MK soal hasil Pilkada 2020, sehingga penggantinya oleh Pelaksana Harian atau Plh yang mengisi hingga adanya keputusan MK.

Menurut Kabag Pemerintahan Setda Pangandaran, Saptari Tarsino, karena adanya kekosongan jabatan setelah berakhirnya masa kepemimpinan Bupati Jeje dan Wakil H Adang Hadari, maka kemungkinan besar Gubernur akan menunjuk Plh.

“Kita sudah menyampaikan surat kepada Mendagri melalui Gubernur terkait masa akhir jabatan Bupati dan Wakil bupati periode 2016-2021,” kata Saptari kepada HR Online, Rabu(10/2/2021).

Jadi, kata Ia, setelah batas akhir tersebut akan ada keputusan dari Mendagri soal pemberhentian masa jabatan.

Selanjutnya akan turun keputusan Gubernur terkait pengisian jabatan oleh Plh.

“Akan ada pengisian Plh nanti oleh Gubernur sampai ada putusan MK. Selanjutnya ketika itu sudah selesai, KPU akan membuat ketetapan mengangkat Bupati dan Wabup terpilih,” imbuhnya.

Baca juga: KPU Pangandaran Belum Dapat Undangan Sidang MK Lanjutan, Pelantikan Bupati Terpilih Diundur?

Proses di MK itu, lanjutnya, maksimal sampai 24 Maret 2021 hingga adanya keputusan final.

Setelah itu, baru kemudian KPU akan membuat surat penetapan bupati terpilih yang selanjutnya pelantikan yang mana prosesnya oleh Kemendagri.

“Soal Plh siapa yang akan mengisi kita tidak tahu. Tunggu saja informasi selanjutnya,” pungkas Saptari. (Mad/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid