Jaga Ketahanan Pangan, Dandim 0613 Ciamis dan Warga Panen Singkong

Jaga Ketahanan Pangan, Dandim 0613 Ciamis dan Warga Panen Singkong
Dandim 0613 Ciamis bersama masyarakat Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, melakukan panen Singkong, Senin (1/2/2021). Foto: Fery/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dalam upaya menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, melakukan panen Singkong, Senin (1/2/2021).

Panen singkong tersebut, sebagai langkah untuk memanfaatkan lahan kosong dari TNI AD Kodim 0613 Ciamis di Desa Mekarjaya.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani mengatakan, Kodim 0613 Ciamis bersama Muspika Baregbeg memanen singkong.

Sebenarnya, lanjut Dandim, di lahan ini tak hanya ditanami singkong saja.

Namun pihaknya juga memanfaatkannya untuk menanam jagung, kacang, pisang dan ubi jalar.

“Tanah lahan ini sekitar 1,4 hektar. Memang kita juga mempunyai program ketahanan pangan, kemudian memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai tanaman,” katanya.

Menurutnya, selain program ketahan pangan, panen singkong ini juga sebagai upaya untuk mengamankan aset TNI AD.

Dimana langkah-langkah yang telah diambil yakni, pendataan, pematokan dan sertifikat.

“Silahkan masyarakat sama-sama memanfaatkan lahan ini, mumpung belum dimanfaatkan oleh kami sendiri untuk bangunan,” tuturnya.

Dadan menambahkan, masa pandemi ini masyarakat diajak untuk melakukan panen singkong, dan hasilnya boleh dibawa ke rumah untuk dikelola bersama keluarga.

“Hasil panen ini buat anggota dan masyarakat setempat, maka dari itu kita bersama-sama jaga lahan ini tanami dengan berbagai tanaman,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Baregbeg, Edy Yulianto mengapresiasi kegiatan panen singkong yang dilakukan oleh Kodim 0613 Ciamis.

Karena, di masa pandemi Covid-19 ini sangat bagus untuk peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat.

“Dengan upaya memanfaatkan lahan kosong oleh Kodim 0613 Ciamis ini sangat bagus sekali, untuk tanaman yang akan ditanam nanti biar koordinasi dengan BPP atau PPL Baregbeg,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang