Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruJari Tangan Kaku, Penyakit Radang Sendi dengan Beragam Penyebabnya

Jari Tangan Kaku, Penyakit Radang Sendi dengan Beragam Penyebabnya

Jari tangan kaku atau trigger finger bisa menjadi salah satu timbulnya pertanda adanya penyakit lain. Ada banyak penyebab yang bisa timbul ketika anda mengalami masalah tersebut.

Sebagian besar orang tentu sering mengalami masalah tersebut. Tiba-tiba jari tangan yang sulit untuk bergerak atau terkunci pada posisi tersebut.

Bahkan akan timbul sedikit rasa sakit yang cukup mengkhawatirkan. Ternyata hal ini terjadi karena tendon pada bagian jari jempol atau jari lainnya mengalami peradangan.

Tendon itu sendiri merupakan penghubung antara tulang dan otot. Bentuknya yaitu jaringan penyambung keras sehingga ketika jari bergerak, otot dan tendon akan bekerja bersamaan.

Ketika dalam keadaan normal, tentunya akan terasa biasa saja. Namun, ada kalanya tendon akan mengalami pembengkakan dan peradangan.

Ketika masalah ini timbul, jari akan terasa kaku akibat tendon tertarik seakan-akan mengalami penyempitan. Jari tangan kaku bisa timbul gejala mulai dari yang ringan hingga parah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Penyakit Sendi dengan Bahan-bahan Alami

Hal ini menunjukkan jika anda harus memberikan penanganan segera. Karena alasan inilah, anda perlu tahu apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya masalah ini.

Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan masalah ini terjadi, salah satunya akibat kelelahan. Sehingga akan merasakan jari kaku dan nyeri.

Selain itu, ada faktor lain yang menandakan timbulnya penyakit bagi penderitanya. Padahal tidak sedikit orang yang mengabaikan masalah tersebut.

Ketika hal ini anda alami, sebaiknya untuk mengatasinya dengan mencari penyebabnya terlebih dulu. Sebab, setiap masalah yang terjadi tidak bisa diselesaikan dengan cara yang sama.

Begitu juga dengan kondisi ini, anda bisa mengatasinya sesuai penyebab yang timbul. Berikan penanganan cepat agar kondisi ini tidak semakin parah.

Penyebab Jari Tangan Kaku yang Sering Terjadi

Saat anda mengalami kaku pada bagian jari, sebaiknya jangan sepelekan. Kondisi ini bisa menandakan adanya penyakit lain yang menyerang tubuh.

Hal ini bisa terjadi ketika tendon meradang sehingga jari akan sulit bergerak dalam satu posisi. Pada umumnya, ketika seseorang merasakan trigger finger, akan timbul rasa nyeri pada pangkal jari.

Baca Juga : Penyakit Kanker Darah, Jenis, Gejala dan Penanganannya

Tidak hanya itu saja, ada beberapa hal yang bisa timbul seperti muncul benjolan pada pangkal jari. Selain itu, timbul suara klik saat jari diluruskan.

Penyebab terjadinya masalah ini cukup beragam. Bagi anda yang mengalami trigger finger, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebabnya.

Berikut ini ada beberapa penyebab jari tangan kaku yang bisa terjadi ketika seseorang mengalaminya, antara lain:

Pirai (Asam Urat)

Penyebab pertama jari tangan kaku bisa karena adanya penyakit lain dalam tubuh, misalnya pirai atau asam urat. Kondisi ini merupakan peradangan sendi yang bisa menimbulkan rasa nyeri, kaku, perih, dan bengkak.

Ketika kondisi ini terjadi cukup lama dan tidak segera anda tangani, bisa berakibat rusaknya jaringan penyambung. Misalnya masalah pada sendi, tulang, dan tendon.

Masalah ini terjadi karena banyaknya aliran darah dalam air yang mengalami asam urat. Sebagian besar orang bisa saja mengalaminya.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Rematik, Tanda-tanda, Gejala dan Pantangannya

Namun, resiko yang terjadi masih cukup sedikit. Hanya saja, ketika kondisinya semakin parah, asam urat dapat mengkristal dalam sendi hingga menimbulkan kerusakan.

Selain itu, pirai ini juga bisa terjadi ketika anda banyak konsumsi alkohol serta berat badan berlebih. Selain itu, banyak konsumsi daging dan seafood juga bisa menjadi masalah timbulnya pirai.

Osteoarthritis Sekitar Bagian Tangan

Osteoarthritis yang mengancam bagian tangan atau radang sendi akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian jari-jari. Hal ini bisa menyerang tiga jari yaitu tengah sendi jarinya, paling dekat dengan ujung jarinya, dan pangkal ibu jari.

Ketika seseorang merasakan jari tangan kaku akibat ini ada gejala yang timbul. Mulai dari bengkak, muncul benjolan, hingga rasa sakit pada bagian tangan.

Rasa sakit yang timbul tidak berangsur lama, namun untuk pembengkakan dan benjolan akan masih ada. Selain itu, bisa juga muncul kista yang cukup menyakitkan pada punggung tangan. Bahkan jika kondisinya semakin parah, jari akan membengkok ke samping. Hal ini akan berlangsung secara perlahan.

Sebenarnya masih banyak penyebab yang bisa menimbulkan masalah ini. Oleh karena itu, jangan sepelekan ketika jari tangan kaku dan muncul gejala-gejala tersebut. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img