Jenis Caladium Langka dari Harga Ratusan Ribu Sampai Jutaan Rupiah

8 jenis Caladium langka harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Foto: Net/Ist.
8 jenis Caladium langka harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Foto: Net/Ist.

Jenis Caladium langka harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Di Indonesia, Caladium dikenal dengan nama keladi hias. Tanaman ini masih golongan talas-talasan dan sudah populer sejak dulu sebagai jenis tanaman hias.

Karena memang keladi hias dari genus Caladium ini memiliki daun bercorak warna yang menarik. Perawatannya juga sangat mudah.

Sebelumnya Caladium ini termasuk tanaman hias yang berharga murah. Tapi sekarang harganya melambung tinggi hingga ratusan ribu. Bahkan, ada beberapa varietas Caladium yang langka sehingga harganya pun bisa sampai jutaan rupiah.

Merangkum dari berbagai sumber, sedikitnya ada 8 jenis Caladium langka atau keladi hias yang harganya bisa sampai jutaan rupiah. Berikut ini ulasannya.

Baca Juga : Tanaman Hias Diprediksi Populer 2021 Menurut Google Ada 10 Jenis

8 Jenis Caladium Langka dan Unik

Caladium Dwi Warna

Jenis Caladium dwi warna ini termasuk variegata. Itu artinya tanaman yang punya kelainan pada corak yang berpola acak. Sehingga sulit diturunkan bagi tanaman anakan.

Alasan harganya menjadi mahal karena memiliki corak warna yang bagus. Selain itu, tanaman hias ini juga sulit didapat dan dibudidayakan. Biasanya variegata berharga selangit.

Untuk jenis Caladium dwi warna ini memiliki daun berwarna merah yang mulus dan bercorak putih seperti albino. Harga umbinya dari jenis Caladium dwi warna ini bisa sampai Rp 500.000.

Sedangkan, tanaman Caladium dwi warna remaja yang daunnya masih beberapa helai harganya mulai Rp 2.700.000. Kalau sudah dewasa dengan daunnya yang rimbun harganya bisa mencapai Rp 8 jutaan. Bahkan, ada yang berani menawarkan seharga Rp 18.000.000.

Caladium Lindenii 

Tanaman Caladium langka berikutnya yaitu Caladium lindenii. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik menyerupai kepala kelinci. Pangkal daunnya mencuat seperti halnya kuping kelinci yang panjang.

Sedangkan, pada bagian daunya berwarna hijau tua dan terdapat urat-urat berwarna putih yang terlihat cukup rapat.

Baca Juga : Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik Menurut NASA

Bibit Caladium lindenii yang daunnya hanya seukuran jari telunjuk orang dewasa harganya bisa sampai Rp 170.000. Sedangkan, untuk tanaman Caladium lindenii yang sudah dewasa dengan ukuran daunnya 2 sampai 3 helai saja harganya mencapai Rp 240.000.

Jika bagian daunnya sudah lebih dari 5 helai harganya bisa mencapai Rp 1 juta. Bahkan, untuk Caladium lindenii yang daunnya sudah rimbun dan bisa menjadi tanaman induk, harganya mencapai Rp 9 jutaan.

Caladium Red Kujang

Caladium Red kujang masuk sebagai jenis Caladium langka yang memiliki daun merah muda dan bergaris teratur berwarna merah tua. Tanaman hias yang masih keluarga talas-talasan ini bisa anda dapatkan dengan harga termurah Rp 35.000.

Sedangkan, untuk Caladium red kujang remaja atau bibitnya harganya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan. Sementara, untuk indukan dengan daunnya yang lebat harganya bisa tembus hingga Rp 7,5 jutaan.

Caladium Pink Pillow

Baca Juga : Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Jenis Caladium pink pillow ini tidak kalah cantik dari varietas lainnya. Keladi hias pink pillow merupakan jenis Caladium langka yang menarik, unik, dan juga cantik. Daunnya berwarna kemerahan dan berurat dengan warna marun.

Untuk umbinya saja harganya bisa sampai Rp 150 ribu. Kalau daunnya sudah tumbuh, harga tanaman hias jenis Caladium pink pillow bisa tembus Rp 300 ribu sampai Rp 4,5 jutaan.

Caladium Tears of The Sun

Jenis Caladium langka selanjutnya yaitu Tears of the sun. Tanaman hias yang satu ini tampak mencolok dengan warna daun kuning cerah. Selain itu, juga terdapat aksen coretan berwarna merah pada bagian tengahnya.

Kemudian, untuk umbi maupun bonggol tanaman hias ini harganya mulai Rp 50 ribuan. Sedangkan, Caladium tears of the sun remaja sampai dewasa harganya mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 2,3 jutaan. Untuk menentukan harga tanaman hias ini biasanya dari umur dan juga jumlah daunnya.

Caladium Red Devil

Caladium red devil termasuk jenis Caladium langka yang paling cantik. Pasalnya, tanaman ini mempunyai daun lebar berwarna merah terang. Permukaan daunnya juga mengkilap seperti halnya plastik.

Umbi dari Caladium red devil saja bisanya dibanderol harga Rp 100 ribuan. Sedangkan, untuk anakan yang ukuran daunnya tidak lebih dari ukuran ibu jari tangan orang dewasa harganya Rp 200 ribuan.

Kemudian, untuk tanaman jenis Caladium red devil ini harganya bervariasi mulai Rp 600 ribu hingga Rp2,3 jutaan.

Baca Juga : Tanaman Hias Janda Bolong Tengah Populer, Harganya Capai Rp85 Juta

Caladium New Wave

Jenis Caladium langka yang berikutnya yaitu Caladium New wave. Tanaman hias Caladium new wave lumayan sulit mencarinya, apalagi di Indonesia.

Tanaman hias ini memang memiliki penampilan unik, daunnya berwarna oranye kemerahan, serta terdapat urat-urat berwarna kuning cerah. Selain itu, ada juga yang warna daunnya kuning dengan warna urat-uratnya kemerahan.

Kalau daunnya masih sedikit, jenis Caladium langka yang satu ini harganya bisa sampai Rp 450 ribu. Tapi jika sudah memiliki sedikitnya lima lembar daun yang sehat, harganya bisa menyentuh angka sampai Rp 1,2 jutaan.

Caladium Baret (Broken heart)

Terakhir ada Caladium baret yang termasuk variegata. Tanaman hias jenis Caladium langka ini memiliki daun berbentuk hati. Bagian satu sisinya berwarna merah dan hijau, dengan bercak putih pada sisi lainnya.

Tanaman hias Caladium baret ini memiliki pola warna yang berbeda antara daun yang satu dengan daun lainnya. Oleh karena itulah harga keladi hias ini sangat mahal.

Untuk tanaman anakannya berdaun tunggal yang ukuran mungil harganya Rp 70 ribu. Sedangkan, tanaman yang sudah dewasa harganya berkisar antara Rp 725 ribu sampai Rp 1,1 jutaan.

Itulah ulasan mengenai berbagai tanaman hias dari jenis Caladium langka dan unik yang harganya mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah