Jenis Calathea Berdaun Cantik, Tanaman Hias yang Populer saat Pandemi

Jenis Calathea berdaun cantik, tanaman hias yang tengah populer saat pandemi. Foto: Net/Ist.
Jenis Calathea berdaun cantik, tanaman hias yang tengah populer saat pandemi. Foto: Net/Ist.

Jenis Calathea berdaun cantik kini tengah populer dan banyak disukai pecinta tanaman hias. Calathea merupakan jenis tanaman hias berdaun lonjong dengan rangkaian garis warna yang memesona.

Karena memiliki garis-garis serta urat tanaman yang begitu menarik perhatian, sehingga tanaman jenis Calathea ini mendapat julukan tanaman zebra, tanaman ular berbisa, atau tanaman merak.

Merangkum dari berbagai sumber, sedikitnya ada 100 spesies tanaman Calathea yang telah teridentifikasi dalam dunia botani. Bahkan, ada belasan jenis yang dapat anda jumpai di pelapak tanaman hias.

Harga tanaman hias Calathea ini beragam, sesuai jenis dan umurnya, mulai dari harga Rp 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Jika anda berminat untuk mengoleksinya, berikut ini beberapa jenis tanaman Calathea yang bisa Anda pilih sebagai koleksi tanaman hias saat pandemi.

13 Jenis Calathea Berdaun Cantik yang Tengah Populer

Calathea Rufibarba

Pertama ada Calathea Falistolistna yang memiliki bentuk daun lancip dan memanjang. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Calathea Rufibarba.

Selain bentuk daunnya yang unik, Calathea Rufibarba juga memiliki tangkai daun cukup panjang dengan warna ungu kemerahan. Sehingga tanaman ini terlihat kurus.

Baca Juga : Tanaman Hias Berdaun Pink yang Unik untuk Mempercantik Rumah

Bukan hanya itu, pada bagian tepi daunnya tampak bergelombang. Adapun warna daunnya hijau tua, namun tidak memiliki pola yang khas. Meski begitu, Calathea Rufibarba tetap cantik berkilau.

Tanaman hias ini juga mendapat julukan Calathea beludru karena pada bagian permukaannya daunnya terdapat rambut-rambut yang halus.

Sedangkan, untuk perawatannya, Calathea rufibarba memerlukan sinar matahari yang cukup guna mempertahankan warna daunnya yang hijau gelap.

Karena itulah perlu memperhatikan pencahayaan dalam ruangan apabila ingin menjadikan Calathea rufibarba sebagai tanaman hias indoor.

Calathea Lancifolia

Jenis Calathea berdaun cantik selanjutnya bernama Calathea Lancifolia atau Calathea Lancetolistna. Tanaman ini punya ciri khas daunnya lonjong memanjang.

Kemudian, pada bagian daunnya yang berwarna hijau muda terdapat aksen garis serta titik hijau tua, dan warna pada bagian bawahnya ungu pekat. Sedangkan, tangkai daunnya pendek.

Jika menanamnya dalam pot berukuran agak tinggi, maka akan terlihat seperti karangan bunga. Jadi, tanaman ini cocok anda tempatkan pada sudut ruangan.

Baca Juga : Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik Menurut NASA

Calathea Makoyana

Makoyana adalah salah satu jenis Calathea berdaun cantik. Tanaman hias ini terkenal dengan sebutan peacock plant (tanaman merak).

Daunnya memiliki motif garis yang berwarna putih dan hijau. Sedangkan, pada bagian bawahnya berwarna ungu pekat, mirip seperti bulu burung merak.

Jenis Calathea Makoyana  termasuk paling banyak dijual. Tanaman hias ini juga sangat cocok untuk menghias ruangan karena bisa hidup menggunakan pencahayaan buatan. Jadi jangan terlalu sering terkena sinar matahari supaya bisa tumbuh sehat.

Calathea Crimson

Calathea Picturata merupakan varietas crimson (prayer plant) yang memiliki penampilan cantik dan unik. Sehingga, banyak disukai berkat corak warna serta motif daunnya yang menarik.

Jenis Calathea berdaun cantik yang satu ini mempunyai daun lebar berwarna ungu dan coklat gelap. Saat malam hari daunnya menguncup terlihat seperti tangan orang yang tengah berdoa.

Sama seperti jenis lainnya, tanaman Calathea ini memiliki suhu hangat serta kelembaban yang tidak langsung, dan menyukai sinar matahari berlimpah.

Calathea Medallion

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Peperomia, Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Sesuai dengan namanya, jenis Calathea berduan cantik ini punya daun lebar dengan bentuk cenderung bulat sehingga terlihat seperti medali.

Kemudian, bagian daunnya memiliki aksen warna hijau tua, hijau muda, dan putih tulang pada bagian tepi daun. Corak daunnya sendiri sangat cantik, tampak seperti coretan dengan menggunakan cat minyak.

Karena memiliki penampilan yang khas, sehingga harganya pun cukup mahal. Kalau sudah dewasa dengan daunnya yang lebat, maka nilai jual tanaman hias yang satu ini bisa mencapai Rp 2 jutaan.

Calathea Orbifolia

Jenis Calathea berdaun cantik yang berikutnya yaitu Calathea Orbifolia. Harga tanaman hias ini juga termasuk mahal. Bahkan, harga anakannya saja bisa sampai Rp 500 ribu.

Calathea Orbifolia berdaun lebar yang cenderung bulat menyerupai kipas. Pola garis berwarna hijau dan kelabu yang rapat tampak seperti tubuh kuda zebra.

Daun tanaman hias Calathea Orbifolia yang sudah dewasa mampu tumbuh sepanjang 30 sentimeter dan lebar 15-20 sentimeter.

Berbeda dengan jenis Calathea lainnya, bagian bawah daun tanaman hias yang satu ini tidak terdapat warna ungu pekat.

Calathea Ornata

Calathea Ornata dikenal dengan sebutan pinstripe Calathea. Tanaman hias jenis Calathea Ornata berdaun hijau gelap yang cantik ini memiliki garis-garis tipis dengan warna pink lembut.

Jenis Calathea Ornata juga mendapat julukan tanaman Calathea femme fatale lantaran penampilannya yang terkesan feminin.

Baca Juga : Tanaman Hias Gantung Jadi Primadona, Tak Kalah dari Janda Bolong

Tanaman hias ini asalnya dari Amerika bagian Selatan yang memiliki iklim tropis, sehingga mudah ditanam di negara Asia Tenggara, seperti halnya Indonesia dan juga Thailand. Meski begitu, dalam perawatannya tetap butuh ketelatenan lebih.

Calathea Crocata

Daun tanaman hias Calathea Crocata ini mungkin kelihatannya kurang menarik ketimbang jenis Calathea Medallion atau Crimson. Daunnya berwarna hijau pekat hanya memiliki aksen gelombang yang sederhana tanpa adanya motif khas.

Meskipun begitu, jenis Calathea ini bisa bunga dengan warna kuning yang menyerupai bara api. Bahkan, karena bunganya itulah tanaman hias ini mendapat julukan eternal flame.

Namun, tanaman hias ini tidak akan menghasilkan bunga kalau usianya belum dewasa dan memiliki daun yang lebat.

Calathea Zebrina

Jenis Calathea berdaun cantik selanjutnya adalah Calathea Zebrina yang dikenal dengan sebutan Calathea Zebra. Tanaman hias ini banyak dijumpai di bagian tenggara negara Brasil.

Pada bagian daunnya terdapat garis-garis dan warna tulang daunnya hijau muda. Kemudian, bagian permukaan daunnya berbulu halus seperti halnya kain beludru.

Tidak hanya bagian atasnya yang terlihat belang, tapi bagian bawahnya juga terdapat motif bergaris berwarna ungu dan hijau tua.

Calathea Warscewiczii

Baca Juga : Tanaman Hias untuk Balkon, Ini Diantaranya!

Warscewiczii merupakan tanaman hias asal Nikaragua dan Kosta Rika. Warna daunnya hijau tua dan permukaannya halus seperti kain beludru. Karena itu tanaman ini mendapat julukan Calathea Jungle Velvet.

Ciri khas Calathea Warscewiczii ini memiliki daun dengan tulang berhias garis-garis berwarna hijau muda. Garis-garis samar itu menyebar ke tepi daun.

Sedangkan, pada bagian bawah daun berwarna ungu pekat seperti pada umumnya, dan bisa tumbuh hingga 1 meter.

Calathea Veitchiana

Jenis Calathea berdaun cantik ini termasuk tanaman endemik Ekuador yang cocok ditanam pada iklim subtropis dengan kelembaban tinggi.

Tampilannya hampir sama seperti jenis Calathea Medallion. Jika Medallion bagian tepi daunnya berwarna putih, sedangkan daun Calathea veitchiana ini warnanya hijau apel.

Calathea Leopardina

Selanjutnya ada Calathea Leopardina yang merupakan jenis Calathea berdaun cantik. Tanaman hias ini dikenal pula dengan julukan Calathea bambu (maranta bambu).

Calathea Leopardina paling cocok anda simpan dalam ruangan. Tanaman hias ini tetap bisa tumbuh subur walaupun mendapatkan sinar matahari tidak langsung. Jadi Calathea Leopardina paling pas kalau anda tempatkan dekat jendela.

Calathea Roseopicta

Jenis Calathea berdaun cantik yang terakhir ini mendapat julukan Calathea mawar. Daunnya berwarna ungu kehitaman atau hijau tua dengan aksen ungu muda dan hijau muda. Jenisnya pun banyak, seperti Cynthia, Dottie, dan Silvia Dottie.

Tanaman hias Calathea Roseopicta ini selain indah, juga memiliki kelebihan tahan terhadap penyakit. Begitu pula mudah merawatnya. Jarang terjadi adanya pembusukan yang menyebabkan daunnya berwarna kecoklatan.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis tanaman Calathea yang banyak disukai oleh pecinta tanaman hias saat pandemi ini. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah