Kawasaki KX 85, Motor Keren yang Dijajal Susi Pudjiastuti

Kawasaki KX 85
Kawasaki KX 85. Foto: Ist/Net

Kawasaki KX 85 merupakan motor trail yang dikendarai oleh Susi Pudjiastuti yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. Susi menunjukkan ketertarikannya pada dunia otomotif dalam aksinya beberapa waktu lalu dengan menggeberkan motor 2 tak tersebut.

Ternyata selain mahir berenang, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan juga handal dalam bermain motor trail. Hal itu terlihat dari tampilan Instagramnya yakni @susipudjiastuti15. Di akun Instagramnya, ia menuliskan mengendarai motor trail untuk mengenang masa lalunya.

Baca Juga : Kawasaki KLX 150 Bigfoot, Motor Off Road Bertenaga Desain Sporty 

Bahkan wanita kelahiran Pangandaran tersebut terlihat agresif dalam mengendarai motor Kawasaki KX 85 ini. Tak lupa juga ia mengenakan helm dan jaket kulit miliknya sehingga terlihat luwes.

Susi sepertinya memang hobi dan gemar terhadap dunia sepeda motor. Menurut informasi, Susi Pudjiastuti mempunyai dua motor jadul yakni Suzuki TS dan Honda Win.

Koleksi motornya pun banyak. Tentu saja motor Kawasaki memiliki kelebihan dalam speknya sehingga siapapun bakal tertarik mencoba motor trail tersebut.

Spesifikasi dan Review Kawasaki KX 85 

Kawasaki tersebut sangat kokoh dengan produksi khusus spesifikasi kompetisi grasstrack untuk pembalap. Motor yang rilis tahun 2019 ini mengalami beberapa peningkatan spesifikasi terbaru dengan mesin 2 tak dan 1 silinder kapasitas 85 cc.

Kendaraan tersebut juga lengkap dengan power valve KIPS yang sangat canggih dalam power luar dan sangat mudah dalam penggunaannya. Bahkan motor Kawasaki ini memiliki tenaga 28,97 tk pada 11.500 rpm dan torsi sampai dengan 18 Nm pada 10.500 rpm.

Desain Kawasaki KX 85

Peningkatan pada motor yakni rangka, body, mesin, desain jok baru, dan stang kemudi. Pada rangka motor ini telah memenuhi rancangan khusus dengan rangka alumunium seperti Kawasaki KX 250.

Hal tersebut tentu memiliki berat ringan 77 kilogram dengan dimensi 1920 mm x 765 mm x 1150 mm. Sehingga siapa saja bisa mengendarainya.

Pada stang kemudi Kawasaki KX 85 memiliki 6 konfigurasi pengaturan yang bisa disesuaikan dengan preferensi. Bahkan lengkap dengan desain jok baru.

Baca Juga : Kawasaki KLX 300, Hadir dengan Spesifikasi Mumpuni dan Handal

Selain itu, jarak ke tanah hanya 330 mm sehingga menyuguhkan riding position yang nyaman terhadap pengendara. Namun pada sisi bodi tidak ada peningkatan. Hanya saja dengan sentuhan striping bodi yang terlihat lebih segar dan garang.

Mesin

Motor Kawasaki KX 85 ini memiliki performa mumpuni. Bahkan lengkap dengan fitur andalan. Mesin 2 tak dan silinder tunggal berpendingin serta kapasitas 84 cc tersebut mengusung teknologi KIPS dengan hasil powerband lebar dan luas.

Bahkan dengan diameter 48,5 mm mesin ini memiliki performa respon agresif dan power yang unggul. Tentu saja dengan mesin tersebut memang membuktikan motor ini merupakan motor balap. Motor tersebut juga memiliki 6 percepatan sehingga anda tidak segan untuk menggebernya di medan grasstrack.

Suspensi dan Kaki-Kaki

Suspensi bagian depan Kawasaki KX 85 memberikan suspensi teleskopik bertipe inverted fork dengan ukuran 36 mm. Pada bagian belakang model Unitrack dengan monoshock 24 way compression dan 21 way rebound. Anda dapat mengatur tingkat kekerasan dan ketinggiannya.

Konfigurasi motor tersebut memang perlu diacungi jempol karena sudah terbukti berperforma terbaik di medan offroad. Kelebihannya adalah meredam guncangan secara baik.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Tawarkan Penampilan yang Lebih Segar

Pada roda motor memiliki velg dengan ukuran 17 inci di depan dan 14 inci di belakang. Ban Kawasaki tersebut dengan ukuran 70/100-17 di depan dan 90/100-14 di belakang.

Pada rem menggunakan sistem disc brake depan dan belakang. Ukurannya 220 mm dengan dual piston caliper bagian depan dan disc 184 mm single piston caliper. Pengeremannya sangat responsif dan gesit.

Harga Motor Kawasaki Seri KX 85

Kawasaki KX 85 datang ke Tanah Air dengan kondisi Built Up dan hadir membawa harga cukup mahal. Selain berguna di jalanan umum, motor ini sangat cocok pada medan offroad dan trek balap.

Anda akan menemui motor ini tanpa adanya komponen pendukung lainnya, seperti headlamp, kaca spion, panel meter, hingga lampu sein.

Harga bandrolan motor Kawasaki KX ini di Indonesia adalah 62 juta rupiah. Harga yang cukup fantastis bukan? Mengingat motor tersebut Completely Built Up atau CBU dari Jepang, tentu saja sangat mungkin sekali hadir dengan harga tinggi.

Harga tersebut merupakan harga yang berlaku. Namun harganya juga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan pihak Kawasaki Indonesia.

Itulah informasi lengkap mengenai Kawasaki KX 85 dengan berbagai peningkatan. Tak heran motor ini menjadi idola bagi para pecinta otomotif. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto