Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruKebun Teh Cipasung, Pesona Wisata Alam Lereng Gunung Cakrabuana

Kebun Teh Cipasung, Pesona Wisata Alam Lereng Gunung Cakrabuana

Kebun Teh Cipasung merupakan salah satu destinasi wisata di Majalengka Jawa Barat yang mempunyai pesona keindahan sangat luar biasa.

Kawasan wisata ini sangat cocok anda kunjungi untuk mengisi masa liburan anda. Dengan hamparan kebun teh yang jauh dari kebisingan kota, destinasi ini mampu memberikan sensasi berbeda bagi siapapun mengunjunginya.

Berada pada di bawah lereng Timur Gunung Cakrabuana, kebun teh ini menawarkan panorama hijau nan indah yang terhampar luas. Dengan kesejukan udara yang tentu terbebas dari segala bentuk polusi.

Destinasi wisata ini dapat menjadi alternatif lain bagi anda yang ingin menikmati keindahan perkebunan teh dengan udara yang sangat sejuk dan dingin, selain Puncak Bogor atau Ciwidey Bandung.

Pesona Kebun Teh Cipasung Majalengka Jawa Barat

Tidak hanya populer dengan dinginnya kota Lembang serta menawannya Puncak Bogor, Jawa Barat masih memiliki banyak kawasan wisata yang menarik untuk anda kunjungi.

Baca Juga: Danau Telaga Biru Cicerem Kuningan, Telaga Sebening Kaca yang Eksotis

Salah satunya adalah kebun teh yang berlokasi di daerah Majalengka Jawa Barat. Kebun teh ini juga populer dengan sebutan Perkebunan Teh Culamega yang tepatnya berada di Desa Cipasung, Kecamatan Lemah Sugih, Majalengka, Jawa Barat.

Destinasi wisata ini berada pada lereng kaki Gunung Cakrabuana yang berjarak kurang lebih 58 hingga 59 km dari pusat kota Majalengka. Hanya dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 hingga 2 jam untuk mencapai Kebun Teh Majalengka, anda pun dapat menikmati panorama kebun teh ini.

Untuk perjalanan dari kota Tasikmalaya, anda memerlukan kurang lebih 1,5 jam dengan jarak tempuh 48km. Sedangkan jika anda berasal dari kota Bandung, dapat anda tempuh hanya dalam waktu 48 menit dengan jarak 18km dari Simpang Pamoyan.

Daya Tarik Kebun Teh Cipasung

Saat ini kawasan wisata Kebun Teh yang berlokasi di Majalengka ini tengah menjadi salah satu objek wisata favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegera.

Majelengka adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat bagian timur. Perlu anda ketahui, kabupaten Majalengka berbatasan dengan kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis pada sebelah utara serta kabupaten Kuningan dan Cirebon pada sebelah timur.

Nah, pada wilayah perbatasan dengan kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya inilah tepatnya destinasi wisata Kebun Teh Cipasung berada. Dengan keindahan alam yang ada, maka sangat sayang jika anda tidak singgah saat berkunjung ke kabupaten Majalengka.

Selain pesona keindahan yang tersaji, para penduduk sekitar pun sangat ramah terhadap para pengunjug yang datang. Perkebungan Teh Cipasung memiliki luas sekitar 59 hektar yang sangat cocok anda jadikan tempat refreshing atau melepas penat.

Baca Juga: Sentul Paradise Park, Nikmati Keindahan dan Keseruan Air Terjun Bidadari

Tidak hanya dapat menikmati keindahan hamparan kebun teh, anda juga dapat menikmati sejuknya udara perbukitan yang sangat menyegarkan. Anda juga dapat mengetahui adanya pabrik pengeringan daun teh pada kawasan ini.

Panorama yang disuguhkan oleh destinasi wisata ini sangat memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Hamparan tanaman teh yang menghijau pada lereng-lereng perbukitan.

Dengan udara yang sejuk dan terkadang berkabut, akan membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama menikmati keindahan Kebun Teh Majalengka ini.

Anda dapat berjalan-jalan pada sela-sela tanaman teh untuk menikmati suasana atau mencari spot yang bagus untuk berswafoto. Selain itu, anda juga dapat menikmati pemandangan para pekerja yang sedang memetik teh.

Fasilitas Kebun Teh Cipasung Majalengka

Destinasi wisata Perkebunan Teh Majalengka ini dapat terbilang salah satu destinasi wisata yang mempunyai beberapa fasilitas lengkap. Selain itu, setiap pengunjung pun akan memperoleh pelayanan yang memuaskan dari para pengelola.

Adapun fasilitas yang dapat anda peroleh saat mengunjungi kebun teh ini antara lain penginapan, mushola, toilet, warung makan, arena outbond, hingga area parkir yang luas.

Rute Menuju Kebun Teh Cipasung 

Untuk dapat menuju kawasan wisata Kebun Teh Majalengka, anda perlu menempuh perjalanan yang cukup panjang dari pusat Kota Majalengka. Terdapat dua jalur untuk menuju kawasan wisata ini.

Jalur yang pertama melalui Batarujeg > Cigaleuh > Kalapa Dua > Bangbayang > Cipasung. Untuk jalur kedua merupakan jalur yang lebih pendek yakni melalui Desa Lemah Putih menuju Borogojol yang selanjutnya ke Cipasung.

Baca Juga: Tebing Citatah Padalarang, Pesona Tebing Kapur Siap Menguji Adrenalin

Untuk dapat menikmati keindahan Kebun Teh Cipasung ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan keindahan alam yang ada pada kawasan ini, menjadikannya sebagai tempat wisata yang cukup direkomendasikan bagi tujuan wisata keluarga anda. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img