Kepala BRI Ciamis Sebut Penyaluran Bantuan UMKM Sudah Capai 90%

Kepala BRI Ciamis Sebut Penyaluran Bantuan UMKM Sudah Capai 90%
Ilustrasi penyaluran bantuan UMKM. Foto : Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala Cabang BRI Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sudono, mengungkapkan, bahwa penyaluran bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari pemerintah pusat untuk wilayah Ciamis, sudah mencapai angka 90%.

“Kouta Ciamis dalam penyaluran bantuan bagi pelaku UMKM berjumlah 54 ribu. Akan tetapi, sampai saat ini baru tersalurkan 49 ribu,” ungkapnya kepada HR Online, usai menerima penghargaan dari anggota DPR RI, Agun Gunanjar, Kamis (18/02/2021). 

Sementara untuk verifikasi bagi yang mendapatkan bantuan, kata Sudono, ranahnya ada di kementerian. Sedangkan pihaknya hanya menjadi fasilitator untuk menyalurkan bantuan UMKM.

“Kami hanya mendapatkan data siapa saja yang menerima dari kementerian. Sehingga tugas dari pihak BRI, cukup menyalurkan bantuan UMKM tersebut berjumlah Rp 2,4 juta bagi satu orang penerima,” katanya.

Sementara itu, Agun Gunanjar mengungkapkan, kedatangannya ke BRI Cabang Ciamis yaitu untuk melakukan monitoring. Hal itu sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai anggota DPR RI Komisi 11, yang salah satunya adalah mengawasi keuangan dan perbankan.

“Kita ketahui bersama, bahwa pemerintah pusat sedang menyalurkan berbagai bantuan, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya bantuan tersebut mengenai UMKM melalui BRI. Sehingga kita terjun ke dapil masing-masing, sebagai bahan evaluasi nantinya,” ungkapnya Kamis (18/2/2021).

Setelah mendapatkan data dari lapangan, pihaknya kemudian akan mengusulkan kepada pemerintah mengenai data bantuan tersebut tepat sasaran atau tidak. Sehingga, untuk mengetahui hal tersebut Agun langsung terjun ke lapangan.

“Melalui reses kali ini, kita sedang mengumpulkan sebuah data persisi di tingkat desa. Sehingga menyesuaikan berapa persen bantuan tersebut tepat sasaran,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto