KIA All New K8, Generasi Penerus Cadenza dengan Logo Baru

KIA All New K8
KIA All New K8. Foto: koreabizwire

KIA All New K8 merupakan generasi lanjut sedan semi besar yang diluncurkan KIA nanti pada bulan Maret 2021. Mobil tersebut merupakan penerus K7 atau Cadenza di Amerika Serikat. Hadir dengan peningkatan interior dan logo terbarunya. 

Logo tersebut mempertahankan huruf KIA, namun lebih memperkenalkan font sudut lebih modern dan elegan. Dengan desain yang lebih simetris horizontal dan vertikal.

Tampilan baru All New K8 sekarang ini lebih mencolok dan tegas. Bahkan KIA memberikan konfirmasi terkait sedan tersebut akan mereka luncurkan di Korea, namun belum pasti di pasar mana mobil tersebut tersedia. Simak penjelasan lengkap All New K8 terbaru tersebut.

Review dan Peningkatan Spesifikasi KIA All New K8

Mobil ini memiliki perubahan penuh yakni dengan kode nama GL3 dari K7 lalu kode YG. Peningkatan pada bodi All New K8 lebih besar dengan beberapa fitur lanjutan yang tangguh. Spesifikasi All New K8 juga lebih mewah dari mobil pendahulunya. Bahkan desainnya pun tidak ada yang sama. 

Tampilan dan Desain

All New K8 hadir dalam desain maskulin, namun tetap elegan dengan headlamp LED lebih sipit dan tajam pada sudutnya. Hal ini sesuai dengan tren desain mobil masa kini. 

Baca Juga : Mobil Matic Murah dengan Performa Mesin Terbaik dan Irit Bahan Bakar

Pada bagian depan, All New K8 berbekal grill tiger nose namun tanpa bingkai menyatu dengan bumper depan sebagai pembeda antar model KIA lainnya. 

Sedangkan grill kisinya tampak desain diamond pada sein mandiri. Terdapat garis karakter dinamis mengalir dengan tenang.  Pada bagian belakang membentang LED pada sudut mobil. 

Eksterior KIA All New K8 lebih progresif dan penyatuan kualitas bagian depan yang semakin ekspresif. Sedangkan bagian belakang lebih menukik terlihat premium dengan kualitas tinggi. 

Namun sayangnya, KIA tidak membeberkan desain interior dan tekniknya kepada publik. Namun kabarnya akan memiliki kualitas modern, premium, dan dinamis. 

Pada sisi samping, KIA All New K8 menunjukkan siluet sedan yang aerodinamis dan bodi lebih halus. Tidak ada lekuk yang menonjol secara berlebihan. 

KIA merilis seri K8 tersebut di pasar domestik nanti pada kuartal kedua. Bahkan menurut informasi, bulan lalu KIA sendiri mengubah namanya dari KIA Motors menjadi KIA. Hal ini menunjukkan bahwa KIA telah melepaskan diri dari model tradisional ke modern. 

Mesin All New K8

Mobil tersebut memperkenalkan mesin bensin 3,5 liter yakni selain model Smartstream 2,5 liter gasoline turbo dan hybrid. Tentu saja ini menggantikan bensin 3,0 liter dengan menawarkan kinerja kuat. Output maksimum 294 hp dan torsi maksimum 36,2 kg m.

Untuk pertama kalinya KIA All New K8 memiliki All Wheel Drive untuk mesin bensin 3,5 liter tersebut. Dengan hal tersebut, harapannya dapat menjadi pembeda dengan Hyundai.

Baca Juga : Honda Brio RS Urbanite Rilis Dengan Desain Lebih Sporty dan Modern

Selain itu, lebih pada pengenalan tenaga penggerak yang stabil dengan penggerak 4 roda. Sesuai dengan penerapan pada Stinger performa tinggi atau SUV Sorento. 

Dengan kode CV, K8 berada pada platform modular listrik baru E-GMP. Bahkan arsitektur ini memunculkan 00 000 7 baru pada tahun 2026 dengan jangkauan lebih dari 300 km.

Itu pun dengan pengisian daya sekali dan kemampuan 80 persen kurang dari 20 menit. Mobil terbaru tersebut merangkul light bar lebar, penuh, dan membentang diatas fender bentuk Y. 

All New K8 Masa Depan Cerah

KIA berharap dengan hadirnya mobil KIA All New K8 tersebut yang mengusung logo brand terbaru, memberikan angin segar melebihi pendahulunya. 

Padahal K7 atau dengan sebutan Cadenza telah mencapai penjualan paling baik yakni lebih dari 500.000 unit secara global. Perhitungan penjualan ini sejak peluncurannya waktu lalu tahun 2009. 

Dengan keistimewaan dan peningkatan keseluruhan spesifikasi All New K8, harapannya dapat menembus pendapatan penjualan tertinggi nantinya. 

Menurut prediksi, K8 akan mempublikasikan gambar interior dan spesifikasi teknis suatu saat nanti. Karena akan terjadwal mulai akhir tahun sudah ada penjualan mobil. 

Harga KIA All New K8

Harga mobil tersebut juga belum ada keterangan secara detail, bahkan beberapa spek detailnya pun juga belum secara jelas terungkap.

Baca Juga : Honda CR-V Facelift 2021 Resmi Rilis Berbekal Spesifikasi Terbaru

Namun pembeli Amerika tampaknya tidak begitu tertarik dengan mobil yang ukurannya penuh. Oleh karena itu, K8 kemungkinan tidak lagi dipasarkan di Amerika. 

Inilah informasi mengenai KIA All New K8 yang dapat anda ketahui. Anda dapat menunggu kabar selanjutnya mengenai detail spek dan interior maupun harga setelah adanya hari terdekat dengan peluncurannya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto