Kirim Pesan Otomatis di HP Android Melalui Aplikasi Google Messages

Kirim Pesan Otomatis di HP Android
Ilustrasi Kirim Pesan Otomatis di HP Android. Foto: Ist/Net

Kirim pesan otomatis di HP Android saat ini dapat kita lakukan secara mudah melalui aplikasi Google Message. Terdapat fitur baru yang tersemat dalam aplikasi Google Message.

Fitur ini memungkinkan para pengguna Android untuk melakukan pengiriman pesan secara otomatis terjadwal sesuai waktu yang telah ditentukan oleh para pengguna.

Fitur ini hampir sama dengan yang terdapat pada Gmail. Keduanya dapat mengatur jadwal pengiriman pesan secara otomatis pada Android. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pastikan perangkat yang anda gunakan telah menjalankan Android 7.

Layanan Kirim Pesan Otomatis di HP Android

Dalam satu tahun terakhir, Google Message telah mengalami perkembangan dalam dua arah yang berbeda. Artinya aplikasi ini telah bersaing dengan iMessage.

Dalam hal ini, Google Messages sudah mengaktifkan fitur chat RCS pada semua ponsel Android di berbagai negara. Aplikasi ini juga menghadirkan kemampuan serupa dengan iMessage lainnya seperti reaksi emoji pada pesan.

Baca Juga : Aplikasi iMessage di iPhone Jadi Pesaing WhatsApp, Ini Penjelasannya

Sedangkan untuk arah lain, Google Messages dinyatakan lebih produktif seperti halnya dengan Gmail. Hal ini dibuktikan dengan adanya perkembangan terbaru dari Message Organization.

Perkembangan ini secara rapi serta otomatis dapat mengurutkan percakapan RCS atau SMS pengguna ke dalam group. Seperti pada grop “Personal”, ” OTPS”, serta “Transaction”.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, Google telah melakukan pembaharuan terhadap beberapa fitur pada aplikasinya. Salah satunya adalah pembaharuan fitur dalam Google Message pada perangkat Android.

Berdasarkan laporan dari 9to5 Mac, pada Jumat 26 Februari 2021 lalu yang menyatakan bahwa fitur tersebut hadir untuk semua pengguna Google Message pada perangkat Android 7 atau lebih.

Manfaat Fitur Baru Google Message

Fitur kirim pesan otomatis dapat membantu anda sebagai para pengguna HP Android dalam melakukan aktivitas berkirim pesan. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengirim pesan ucapan ulang tahun untuk keluarga ataupun sanak saudara dalam waktu yang telah anda tentukan.

Sebelum anda lupa untuk mengirim pesan ucapan ulang tahun tersebut, maka anda dapat memanfaatkan fitur ini agar pesan anda terjadwal pengirimannya.

Pada intinya, fitur terbaru pada Google Message satu ini berfungsi untuk mengkonsepkan pesan serta menjadwal pengiriman pesan sesuai dengan yang anda inginkan. Melalui fitur ini, akan ada pilihan waktu kirim pesan yang telah anda buat.

Cara Kirim Pesan Otomatis di HP Android

Sebelum anda menggunakan fitur terbaru Google Message untuk kirim pesan otomatis di HP yang anda gunakan, maka pastikan Android telah menjalankan sistem operasi 7 ke atas.

Baca Juga : Kirim SMS Gratis di Android Tanpa Pulsa Atau Kuota, Ini Cara Praktisnya

Selanjutnya, langkah-langkah menggunakan fitur terbaru ini antara lain:

  1. Jika anda belum mempunyai Google Messages, maka anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu pada perangkat anda.
  2. Apabila telah berhasil anda unduh dan instal, kemudian buka aplikasi Google Messages serta pilih kontak yang akan anda kirimkan pesan.
  3. Langkah berikutnya, tulis pesan yang anda inginkan.
    Lalu klik dan tahan tombol kirim. Tidak hanya mengklik saja, akan tetapi nantinya akan ada menu jadwal pengiriman. Di sini anda akan mendapat pilihan waktu kirim pesan otomatis pada HP Android anda,
  4. Setelah mengatur jadwal pengiriman, anda tinggal klik tombol kirim.
  5. Berikutnya akan memperoleh informasi yang menyatakan bahwa pesan yang anda kirim merupakan terjadwal serta tidak langsung sampai tujuan sesuai waktu serta tanggal yang anda tentukan.
  6. Untuk memperbaharui pesan, anda dapat menekan ikon jam tepat di samping pesan. Selanjutnya anda dapat kirim pesan otomatis atau membatalkan pengiriman pesan di Android anda.

Cara ini hampir sama dengan fitur Scheduled yang terdapat pada layanan email Google, yakni Gmail. Di mana telah resmi meluncur pada beberapa waktu sebelumnya. Para pengguna dapat memilih waktu pesan terkirim untuk aktifkan fitur tersebut.

Google berhasil meluncurkan fitur terbaru ini untuk versi web serta mobile dengan cara yang hampir sama. Selain itu, perusahaan juga menambahkan adanya folder Scheduled pada platformnya. Pengguna pun dapat membatalkan pesan terjadwal dengan cara klik “Cancel Send”.

Demikianlah cara kirim pesan otomatis di HP Android yang dapat anda lakukan dengan mudah. Namun karena fitur ini tergolong baru, maka diperlukan beberapa waktu agar semua dapat memanfaatkannya secara baik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto