Kirim SMS Gratis di Android Tanpa Pulsa Atau Kuota, Ini Cara Praktisnya

Kirim SMS Gratis di Android Tanpa Pulsa Atau Kuota, Ini Cara Praktisnya
Ilustrasi Kirim SMS Gratis di Android. Foto: Ist/Net

Kirim SMS gratis di Android dapat anda lakukan dalam berbagai cara. Saat ini berkirim pesan melalui SMS sudah sangat jarang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat.

Seperti yang kita ketahui, kini hampir semua masyarakat telah beralih ke aplikasi chatting yang tidak memerlukan pulsa saat mengaksesnya.

Namun tahukah anda bahwa aplikasi dari Google dapat menyulap layanan Short Message Service jauh lebih canggih. Cara ini  dapat anda gunakan mengirim SMS secara gratis pada HP Android tanpa harus menggunakan pulsa.

Hal ini dapat menjadi solusi bagi anda yang sedang dalam kondisi harus mengirim SMS, akan tetapi saldo pulsa dalam keadaan kosong sama sekali.

Cara Kirim SMS Gratis di Android

Kemajuan zaman yang kian pesat, salah satunya adalah mengenai perkembangan teknologi komunikasi pada era saat ini. Mulai dari hubungan komunikasi jarak jauh yang dapat anda akses dengan mudah hanya menggunakan perangkat HP.

Pada awalnya, penggunaan perangkat ini bergantung dengan adanya pulsa dan untuk saat ini anda dapat berselancar dalam dunia internet hanya memanfaatkan kuota data untuk jaringan internet.

Baca Juga : Aplikasi Go SMS Pro, Waspadai Kerentanan Pencurian Data Pengguna

Akan tetapi, mungkin anda tengah dalam keadaan yang mengharuskan untuk menghubungi ponsel biasa yang tidak menggunakan adanya koneksi internet, yakni perangkat HP yang hanya dapat menerima SMS atau ponsel saja.

Salah satu kendala yang sering seseorang hadapi, adalah tiba-tiba akan mengirim SMS kepada seseorang dan ternyata saldo pulsanya Rp 0.

Namun anda tak perlu khawatir, sekarang ini terdapat berbagai cara yang bisa anda pakai untuk kirim SMS gratis di Android. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi Android yang antara lain:

Free SMS (Texting)

Salah satu aplikasi ini dapat anda temukan dengan mudah pada layanan Google Play Store. Unduh serta instal aplikasi Free SMS (Texting). Kemudian anda dapat membuka atau mengaksesnya dengan memasukkan nomor telepon yang ingin anda kirim SMS.

Langkah berikutnya, ketik pesan yang akan anda kirim pada kolom yang telah tersedia. Kemudian klik tombol kirim SMS. Tunggu hingga pesan sukses terkirim dengan sendirinya.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!

Selain bermanfaat untuk kirim SMS gratis di Android, aplikasi ini juga dapat anda gunakan dalam membalas pesan. Dengan demikian, pastikan anda menulis nomor kontak anda dalam pesan yang akan anda kirim. Maka penerima pesan pun dapat membalas pesan ke nomor anda.

Google Message

Cara kirim SMS gratis di Android selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Message. Aplikasi ini hadir dengan memperoleh dukungan teknologi Rich Communication Services (RCS).

Teknologi ini akan merevolusi pesan yang berbasis SMAS atau teks. Pasalnya, RCS berbasis internet sama halnya seperti aplikasi pesan instan.

Dalam hal ini, pengguna dapat membuat pesan yang lebih panjang hingga 160 karakter lebih pada SMS. Selain itu, pengguna bisa melampirkan file multimedia, seperti audio, video, foto, serta GIF.

Menariknya lagi, pengguna aplikasi Google Messages dapat memungkinkan untuk mengetahui apakah pesan telah terbuka dengan adanya tanda pesan sudah terbaca.

Pengguna juga dapat mengetahui lawan sedang mengetik pesan atau membuat grup obrolan. Hal ini sangat mirip dengan aplikasi WhatsApp.

Baca Juga : Mengatasi Android Tidak Bisa Kirim SMS, Simak Cara Mudahnya Disini!

Akan tetapi, kirim SMS gratis pada HP Android dengan menggunakan aplikasi Google Messages, hanya dapat oleh sesama pengguna lakukan.

Artinya, penerima serta pengirim SMS harus sama-sama menginstal aplikasi Google Messages pada masing-masing perangkat mereka.

Dingtone

Salah satu aplikasi ini dapat menggabungkan layanan SMS dengan panggilan secara gratis ke dalam satu paket. Sama halnya dengan aplikasi kirim SMS gratis di Android lainnya, aplikasi ini juga bekerja melalui jaringan 4G/3G atau dengan jaringan WiFi.

Dengan menggunakan Dingtone, pengguna akan memperoleh nomor untuk mengirim SMS atau melakukan panggilan. Hal ini dapat anda lakukan ke semua pengguna, termasuk tujuan beda negara.

TextPlus

Pilihan aplikasi SMS gratis berikutnya adalah TextPlus. Selain dapat anda gunakan untuk mengirim SMS secara gratis, aplikasi ini juga dapat anda pakai untuk melakukan panggilan secara cuma-cuma.

Aplikasi kirim kirim SMS gratis di Android ini memiliki layanan berbasis langganan bagi pengguna. Maka tidak heran jika pengguna dapat mengirim SMS tanpa memerlukan pulsa ataupun kuota data. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto