Knalpot Custom Beat, Periksa dan Pilih Sesuai Kebutuhan

Knalpot Custom Beat, Periksa dan Pilih Sesuai Kebutuhan
Ilustrasi knalpot custom Beat. Foto: Ist/Net

Knalpot custom Beat biasa menggantikan knalpot standar bagi seseorang yang masih kurang senang dan merasa puas. Sebagian besar orang memang sering sekali melakukan modifikasi pada kendaraan roda dua.

Salah satu bagian yang sering mengalami perubahan yaitu knalpot. Ada banyak jenis komponen tersebut pada kendaraan roda dua.

Bahkan kini bisa anda temui jenis custom atau aftermarketnya. Jenis knalpot yang satu ini bisa anda terapkan pada sepeda motor Beat dengan cara pemasangan yang tepat.

Tidak semua tipe komponen tersebut pas dengan semua kendaraan. Padahal komponen tersebut memiliki peranan yang cukup penting.

Peran knalpot yaitu mengeluarkan suara dan asap kendaraan agar bisa berjalan dengan baik. Jika modifikasi tidak tepat justru akan berpengaruh pada kendaraan itu sendiri.

Baca Juga : Diameter Knalpot Racing, Berbeda Jauh dengan Ukuran Standarnya

Sebaiknya untuk menggunakan tips memilih dan cara memasangnya sebelum anda menentukan untuk menggantinya. Namun, alangkah baiknya untuk memilih jenis yang sesuai dengan kendaraan.

Salah satu tipe komponen pada kendaraan ini adalah custom. Sebaiknya sebelum membelinya, anda perlu melakukan pengecekan secara teliti agar tidak keliru.

Knalpot custom Beat bisa juga anda gunakan asal dengan pemasangan yang tepat. Pastikan anda mengetahui langsung dengan kondisi yang ada pada kendaraan tipe Beat.

Salah satunya hal yang bisa anda tahu yaitu hubungan kapasitas mesin dan lubang knalpot. Sepeda motor Beat biasa dilakukan modifikasi knalpot untuk mendapatkan suara yang berbeda.

Sebagian besar orang memang sering sekali melakukan modifikasi tersebut untuk kepuasan. Knalpot custom Beat bisa anda gunakan untuk mendapatkan suara motor yang cukup maksimal.

Namun, tidak semua orang menyukai hasil suara oleh knalpot modifikasi. Entah itu karena berisik atau justru sebaliknya. Semua bisa sesuai dengan keinginan para pengguna sepeda motor.

Cara Memasang Knalpot Custom Beat

Kendaraan roda dua menjadi alat transportasi yang cukup banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Selain simpel dan anti macet, kendaraan ini juga mudah untuk anda kendarai.

Bahkan hampir sebagian besar orang bisa mengendarainya. Tipe dari kendaraan roda dua ini pun cukup beragam, mulai dari motor bebek, sport, hingga matic.

Salah satu tipe kendaraan yang kini banyak menjadi pilihan sebagian besar orang yaitu skutik. Selain lebih mudah dari tipe kendaraan lain, ternyata sepeda motor ini bisa anda modifikasi.

Salah satu komponen yang biasa dimodifikasi terutama pada motor Beat yaitu knalpot costum. Bagi pemilik kendaraan yang suka melakukannya, tentu bisa mendapatkan kepuasan tersendiri.

Baca Juga : Ciri Knalpot Ori RX King, Menentukan Kualitas Bahan dan Performa 

Namun, tidak semudah yang anda bayangkan saat penggantian knalpot custom, sebaiknya tahu cara pemilihan yang sesuai. Jika tidak, justru akan mengganggu performa kendaraan.

Suaranya bisa berbeda-beda, anda perlu menentukan sesuai dengan jenis mesin kendaraan. Sebelum memutuskan untuk menggantinya, sebaiknya anda tahu bagaimana cara pemasangan knalpot motor Beat.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang perlu anda perhatikan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar motor Beat bersuara maksimal sesuai yang anda inginkan.

Jenis Mesin

Tips memasang knalpot custom Beat yang pertama yaitu tentukan tipe mesinnya. Anda bisa menentukan tipe dan jenisnya untuk mendapatkan pemasangan knalpot secara tepat.

Misalnya kendaraan 2 tak atau 4 tak yang keduanya hadir dengan bentuk berbeda. Langkah awal ini bisa anda terapkan jauh-jauh hari sebelum membeli knalpot custom.

Bahan

Tips memilih knalpot custom Beat yang lain yaitu dari segi pembuatan bahannya. Knalpot tipe custom pada umumnya memiliki banyak bahan pilihan.

Ada yang berbentuk galvanis, knalpot berbahan monel, hingga knalpot berbahan stenlis. Namun, untuk bahan carbon pembuatannya, harga knalpot itu sendiri cukup tinggi.

Besar Kecilnya Kapasitas Mesin

Sementara bagi pemilik Honda Beat, ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebelum menentukan knalpot jenis custom. Pilihan pertama yaitu dari segi mesinnya. Dimana anda bisa memilihnya dengan tepat.

Besar kecilnya kapasitas cc mesin kendaraan akan terpengaruh pada pembuatan bahan hingga ukurannya. Sebaiknya anda tentukan pilihan yang tepat untuk motor Beat.

Baca Juga : Knalpot RX King, Kenali Model dan Peranan Penting pada Kendaraan

Dari segi bahannya knalpot kendaraan skutik ini cocok untuk mesin berkapasitas 100 sampai dengan 125 cc. Sebaiknya sesuaikan besarnya kapasitas cc mesin dengan diameter lubang knalpot custom.

Sebab, hal ini akan berpengaruh pada suara dan performa yang sepeda motor itu sendiri hasilkan. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih knalpot custom Beat dengan lebih teliti. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto