Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruKomponen Utama pada Motor yang Wajib Diketahui Saat Berkendara

Komponen Utama pada Motor yang Wajib Diketahui Saat Berkendara

Komponen utama pada motor yang harus diperhatikan pada saat anda akan melakukan perjalanan. Motor yang merupakan alat transportasi ini umum digunakan oleh berbagai orang belahan dunia.

Secara khusus, motor memiliki peranan penting dalam jalannya perekonomian, apalagi dalam gaya hidup.

Pada umumnya memang penggunaan motor pada khalayak ramai sebagai alat transportasi. Akan tetapi ada juga yang menggunakannya sebagai alat mengekspresikan gaya hidup.

baca juga: Tips Memilih Warna Velg Motor, Sesuaikan dengan Cat Bodi Kendaraan

Komponen Utama pada Motor yang Penting Diperhatikan Sebelum Berkendara

Meskipun sudah banyak yang tahu soal bagian dari kendaraan roda dua ini, namun terkadang kita melupakan beberapa hal di bawah ini ketika melakukan perjalanan.

Ban

Ban sebagai salah satu komponen yang harus diperhatikan pada saat akan melakukan perjalanan. Anda mengecek pada bagian ini, baik tekanan angin maupun ketebalannya.

Umumnya orang menganggap ban sebagai pemenuhan kewajiban saja pada motor yang digunakan.

Padahal, sangat penting perlakuannya karena menentukan licin atau tidaknya saat di jalan. Termasuk juga tekanan angin yang sangat penting.

Udara yang ada di dalamnya mengatur elastisitas ketika jalan. Contohnya ketika di jalur licin, maka tekanan udaranya pun harus sesuai dengan kisaran 2,5.

Oli 

Komponen utama pada motor selanjutnya adalah oli. Cairan pelumas mesin ini sangat berperan penting saat berkendara. Terlebih tingkat kekentalannya akan mempengaruhi suhu pada motor yang anda pakai.

Tempratur suhu pada saat perjalanan akan berdampak besar ketika jarak tempuh cukup jauh.

Motor yang mesinnya cepat sekali panas berisiko mengalami kerusakan, baik saat melaju dengan kecepatan tinggi maupun sedang.

Untuk menanggulangi kecepatan naiknya suhu pada motor, maka mengganti oli baru secara berkala sangat baik demi menjaga mesin tetap prima.

Kecocokannya pun harus sesuai dengan motor yang anda gunakan, yakni spesifikasinya. Jangan sampai karena tidak cocok tiba-tiba kendaraan Anda mati di tengah jalan.

Karena itu, mengganti pelumas ini harus memperhatikan jarak tempuh maupun lama penggunaan. Baiknya sebulan sekali ganti dengan yang baru.

Rem

Komponen utama pada motor selanjutnya saat berkendara yang satu ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan saat melaju. Saking pentingnya, bagian ini berperan dalam keselamatan selama berkendara.

Mengurangi risiko kecelakaan dengan memastikan rem berfungsi dengan baik adalah wajib hukumnya bagi pengendara.

Rem juga terbagi mejadi dua, yaitu yang menggunakan kampas terletak pada tromol roda motor. Lalu rem yang menggunakan oli sebagai penekan kampas pada cakram yang berputar.

Perawatannya pun untuk kedua jenis ini berbeda. Kendati begitu, fungsi dari komponen ini begitu penting sehingga harus mengeceknya secara berkala saat akan melakukan perjalanan.

baca juga: Cara Memindahkan Gigi Motor Bebek dan Sport Cukup Berbeda

Kelengkapan Berkendara

Sudah semestinya pengendara harus memastikan keamanan selama perjalanan. Apalagi kelengkapan ketika menggunakan kendaraan juga tidak kalah penting.

Seperti halnya membawa surat-surat kendaraan, menggunakan helm, sarung tangan, jaket, sepatu, celana panjang serta pelindung lainnya yang berfungsi mengantisipasi ketika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan tubuh.

Demikian beberapa komponen utama pada motor ketika Anda melakukan perjalanan agar tetap aman dan nyaman hingga sampai tujuan. (Muhafid/R6/HR-Online)