Kucing Ras Maine Coon dengan 5 Fakta Unik yang Dimilikinya

Kucing ras Maine Coon dengan 5 fakta unik yang dimilikinya. Foto: Net/Ist.
Kucing ras Maine Coon dengan 5 fakta unik yang dimilikinya. Foto: Net/Ist.

Kucing ras Maine Coon memiliki beragam fakta unik dan menarik untuk diulas. Pastinya cat lover sudah mengetahui ras kucing yang satu ini. Jika melihat sekilas, penampilan kucing Maine Coon tampak seperti kucing rumahan lainnya.

Selain berwajah imut dan mempunyai postur tubuh yang besar, Maine Coon pun memiliki bulu lebat nan lembut. Kucing ras ini asalnya dari Amerika Serikat yang mempunyai keunikan tersendiri.

Apa saja keunikannya? Berikut ini ulasan mengenai kucing ras asal negara Paman Sam yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

5 Fakta Unik Kucing Ras Maine Coon

Eksis di Amerika Serikat Sejak Abad 19

Baca Juga : Fakta Menarik Kucing Siam, Benarkah Ras Tertua di Dunia?

Belum diketahui sejak kapan kucing ini pertama kali ditemukan dan dipelihara oleh manusia. Namun, pesona kucing ras asal Amerika ini sudah terlihat sejak ratusan tahun yang lalu.

Bahkan, Maine Coon sudah mulai mengikuti kontes kecantikan kucing dari tahun 1861. Lalu, pada tahun 1895, seekor kucing Maine Coon betina yang bernama Cosey berhasil memenangkan kontes kucing yang berlangsung di Madison Square Garden New York.

Tubuhnya Berukuran Raksasa

Fakta unik dan menarik lainnya dari kucing Maine Coon yaitu postur tubuhnya yang berukuran raksasa. Ini adalah salah satu keunikan yang paling menonjol dari Maine Coon.

Tubuh kucing ras yang satu ini jauh lebih besar dari kucing ras lainnya. Bahkan, tinggi kucing ras Maine Coon yang telah dewasa bisa sampai 40 centimeter dengan panjang 1,2 meter.

Baca Juga : Rahasia Memelihara Kucing dari Sudut Pandang Spiritual

Sedangkan, berat badan Maine Coon dewasa bisa mencapai 6 hingga 9 kilogram. Dengan memiliki tubuh sebesar itu, maka tidak heran jika banyak yang beranggapan kalau Maine Coon ini sebagai ras kucing terbesar.

Memiliki 6 Jari Kaki

Kucing ras Maine Coon memiliki 6 jari kaki. Bagian tubuh kucing yang menggemaskan salah satunya ada pada telapak kaki atau paw. Karena selain bentuknya lucu, jika kita perhatikan jejak telapak kaki yang ia tinggalkan juga sangat menggemaskan.

Jika kucing lainnya memiliki 4 jari kaki, namun Maine Coon memiliki kelainan dari pewarisan sifat polidaktili. Kelainannya adalah punya 6 jari kaki. Meskipun begitu, mereka tetap saja mempunyai paw yang sangat menggemaskan.

Baca Juga : Kucing Mendatangi Kita saat Makan Membawa 3 Pesan Kebaikan

Bisa Berenang

Kucing Maine Coon memiliki kemampuan untuk berenang. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh kucing lainnya. Bahkan kucing ras lain tidak suka air, tapi Maine Coon justru sangat menyukainya dan mahir berenang.

Tidak Suka Ketinggian

Kucing merupakan hewan yang dianugerahi kelenturan tubuh, sehingga hewan ini mampu bergerak lincah. Dengan kelenturan dan kelincahannya itu membuat mamalia menggemaskan ini mampu memanjat objek apa saja, dan menyukai ketinggian.

Tetapi kucing ras Maine Coon tidak sama seperti kucing lainnya. Dengan bobot tubuhnya yang mencapai 9 kilogram serta panjang 1,2 meter itu membuatnya tidak bisa selincah kucing lain. Ketidaklincahan inilah yang membuat kucing Maine Coon tidak menyukai ketinggian.

Itulah sekilas ulasan mengenai fakta unik dan menarik dari kucing ras asal Amerika Serikat yang memiliki postur tubuh raksasa. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah