Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruKucing Suka Masuk Kardus, Jangan Heran, Ini Alasan Ilmiahnya

Kucing Suka Masuk Kardus, Jangan Heran, Ini Alasan Ilmiahnya

Kucing suka masuk kardus menjadi fenomena unik yang kerap dialami para pemilik hewan berbulu yang satu ini. Kalau sang pemiliknya memberikan sebuah kardus yang berisi mainan bagi anabul kesayangan, pastinya sudah tahu apa yang bakal terjadi selanjutnya.

Ya, alih-alih akan memainkan mainan dari pemiliknya, padahal si kucing memang lebih suka masuk dalam kotak kardus. Karena baginya tempat tersebut sangat istimewa.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat kardus itu begitu istimewa bat para kucing? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasannya.

Baca Juga : Rahasia Memelihara Kucing dari Sudut Pandang Spiritual

5 Alasan Kucing Suka Masuk Kardus

Kardus Membuat Kucing Merasa Aman

Kucing merupakan binatang yang sampai saat ini berevolusi sebagai hewan predator. Insting yang kucing miliki untuk berburu mangsa tentunya dibarengi dengan naluri bersembunyi.

Bagi hewan menggemaskan ini, kardus memiliki ruang yang tertutup sehingga bisa membuatnya merasa nyaman dan aman.

Kardus Menjadi Tempat yang Nyaman untuk Tidur

Alasan kucing suka masuk kardus karena baginya kardus juga menjadi tempat yang nyaman untuk tidur. Kucing sendiri merupakan hewan yang gampang ngantuk. Dalam sehari kucing mampu tidur sampai 18 jam.

Untuk mengakomodir jiwa dalam dirinya yang mudah ngantuk, maka kucing butuh tempat yang tepat untuk tidur. Tekstur kardus yang empuk dan mampu memberikan kehangatan, tentunya kucing pun akan merasa aman dan nyaman berlama-lama dalam kardus.

Baca Juga : Kucing Senang Bermain dengan Sepatu, Ternyata Ini Alasannya

Kardus Menjadi Sarana Bagi Kucing untuk Mereduksi Stres

Seperti halnya manusia, kucing juga memiliki berbagai tingkatan stres. Banyak faktor bisa membuat si anabul ini merasa stres.

Namun, tingkat stresnya itu tidak dibarengi dengan kemampuannya untuk memanajemen stres serta mengatasi konflik. Oleh sebab itulah, reaksi pertama ketika kucing stres adalah bersembunyi, sebagaimana insting yang ia miliki.

Hal itu menjadi salah satu alasan kucing suka masuk ke dalam kardus, karena kardus bisa menjadi tempat yang tepat untuknya berlindung.

Baca Juga : Kucing Mendatangi Kita saat Makan Membawa 3 Pesan Kebaikan

Kardus Menjadi Sarana untuk Beradaptasi

Tim peneliti di University of Ultrech pada tahun 2014 membandingkan kucing yang hidupnya berada dalam lingkungan baru tanpa kardus, dan kucing yang hidup dalam lingkungan baru dengan kardus.

Hasil dari perbandingan tersebut menemukan bahwa kucing yang hidupnya dalam lingkungan baru dengan kardus ternyata jauh lebih gampang beradaptasi, ketimbang kucing yang hidupnya dalam lingkungan baru tapi tanpa kardus.

Kucing Suka Tekstur Kardus

Pastinya kamu juga sering melihat bagaimana seekor kucing menggigit atau mencakar-cakar sebuah benda yang memiliki tekstur permukaannya empuk.

Kucing sebagai hewan predator tentu saja penting mengasah gigi dan kukunya. Bagi kucing, dengan adanya kardus ia akan merasa punya media untuk melakukan aktivitas layaknya predator. Meskipun penampilan kucing sangat lucu dan menggemaskan.

Memberikan sebuah kardus bekas pada kucing kesayangan memang hal sepele, namun sangat bermanfaat besar untuk tumbuh kembangnya si kucing.

Itulah lima alasannya kenapa kucing suka masuk kardus. Hal ini menjadi fenomena unik yang sering dialami oleh pemilik kucing. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru