Kuliner Malam Bandung Paling Populer dan Khas Murah, Wajib Dicoba!

Kuliner Malam Bandung
Ilustrasi Kuliner Malam Bandung. Foto: Ist/Net

Kuliner malam Bandung menjadi hal wajib bagi sebagian besar orang yang berkunjung ke kota wisata ini. Karena terdapat banyak cara yang dapat anda lakukan demi menikmati kota Bandung, salah satunya adalah dengan wisata kulinernya.

Malam hari, Bandung memberikan penawaran menarik nan menggiurkan khusus bagi anda ingin mengeksplor destinasi kuliner terbaik. Pilihannya cukup bervariasi, mulai dari bubur ayam, seafood, roti bakar, sampai pada ronde yang sayang untuk anda lewatkan.

Berbagai Pilihan Kuliner Malam Bandung

Merasa lapar saat malam hari di Kota Bandung? Maka, anda bisa mencoba berbagai kuliner yang populer, terkenal lezat, serta hits, bahkan harganya relatif murah.

Mulai dari kuliner khas tradisional sampai menu internasional atau western, semua tersaji dengan lengkap untuk memuaskan hasrat anda. Bandung memang terkenal dengan berbagai keunggulan dalam hal destinasi wisata.

Selain sebagai kota dengan tempat-tempat wisata hits yang pastinya bagus, Bandung dan kota sekitarnya juga orang kenal sebagai surga kuliner enak nan lezat Indonesia.

Baca juga: Mie Kocok Bandung Legendaris Citarasa Khas, Berikut Rekomendasinya!

Dari kota Kembang ini lahir berbagai menu hidangan unik serta rasa yang bikin ketagihan. Seperti batagor, surabi, martabak, nasi kalong, mie kocok, perkedel, bahkan sampai minuman es cendol yang sangat terkenal.

Berikut ini adalah beberapa daftar kuliner malam Bandung yang menjadi rekomendasi masyarakat umum yang akan mencicipi hidangan lezat.

Bagi anda, dapat memilih kuliner apa saja yang bisa dan akan anda santap. Jika perlu, bisa cek terlebih dahulu sertifikasi halalnya. Selanjutnya, langsung cek daftar kulinernya berikut ini.

Roti Bakar 234 Gang Kote

Kuliner Malam Bandung

Kuliner malam kota Bandung yang pertama dapat anda coba adalah roti bakar 34 Gang Kote. Roti bakar ini sangat terkenal dan cocok untuk anda santap sambil menikmati udara malam.

Menyantap roti bakar yang empuk dan lezat dengan satu gelas teh atau kopi hangat menjadi salah satu aktivitas terbaik bukan?

Perbedaannya dengan jenis roti bakar lainnya adalah tentang cara pemanggangannya. Apabila jenis roti bakar pada umumnya dipanggang diatas wajan atau penggorengan, maka roti ini merupakan roti panggang yang diatas bara api dari arang.

Selain itu mempunyai tekstur roti yang lebih tebal, juga mempunyai aroma serta tekstur lebih empuk. Terdapat topping yang dapat anda pilih, seperti coklat, selai, atau keju yang bahkan tidak pelit. Jenis kuliner malam Bandung satu ini menjadi sangat populer dan legendaris karena telah berdiri sejak 1970an.

Walaupun hanya berupa lapak gerobak atau tenda kaki lima, tetapi, kelezatan roti bakar ini mempunyai cita rasa bintang lima. Tak heran jika dalam satu hari saja, penjual roti bakar 234 Gang Kote ini mampu menghabiskan sekitar 200 potong roti.

Karena tempat jualannya yang sempit, umumnya para pembeli akan langsung membawanya pulang dan menyantapnya di rumah saja.

Bagi anda yang ingin mencoba kuliner satu ini, maka anda bisa mengunjunginya pada alamat Gang Kote, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat.

Biasanya, penjual akan membuka lapaknya dari pukul 15.00-23.00 WIB. Kemudian, untuk harganya, anda bisa membeli sekitar 23-47 ribu rupiah tergantung toping yang anda inginkan.

Surabi

Anda pasti tidak akan asing dengan nama kuliner yang satu ini. Surabi sudah sangat populer menjadi makanan khas Bandung. Sama halnya Surabi Jawa yang berasal dari tepung beras, Surabi Bandung ini pun melalui proses memasak yang memakai wajan tanah liat dengan api dari arang.

Baca juga: Tempat Makan Enak di Bandung dengan Menu Khas, Ini Rekomendasinya

Setelah matang, kuliner malam Bandung ini pada umumnya tersaji dengan santan kelapa atau gula merah sebagai pelengkap. Akan tetapi, saat ini Surabi telah mengalami perkembangan dan kemajuan menjadi jajanan yang modern.

Kuliner malam ini telah hadir dengan berbagai topping favorit yang bisa anda pesan. Jika anda ingin mencicii lezatnya surabi khas Bandung tradisional, maka anda bisa mengunjungi Surabi Cihapit yag berada pada Jalan Cihapit No 65 atau depan Toko Djitu, Bandung, sekitar jam 15.00-22.00 WIB.

Harga yang relatif murah sekitar 5-15 ribu, surabi dapat menjadi camilan terbaik untuk malam anda berada di kota Bandung.

Kemudian, jika anda ingin mencicipi kuliner malam Bandung dengan cita rasa modern yang hadir dengan topping beragam, maka anda bisa mampir ke Surabi Sukur, Jalan Bagusrangin Nomor 7/50, Citarum, Coblong, Bandung Jawa Barat. Jam bukanya mulai dari 17.00 WIB sampai 24.00 WIB, hari kamis tutup.

Namun, jika anda menginginkan surabi saat siang hari dapat terpuaskan dengan mengunjungi Surabi Imut yang buka dari jam 10 pagi hingga 11 malam. Dengan alamat, Jalan Gegerkalong Hilir Nomor 55, RT 07/RW 04, Gegerkalong, Sukasari Kota Bandung, Jawa Barat.

Perkedel Bondon

Salah satu jenis kuliner khas Bandung pada malam hari adalah perkedel Bondon. Hal yang membedakan dengan jenis perkede lainnya adalah cara memasaknya dengan menggunakan bara api arang. Dengan demikian, akan menciptakan cita rasa yang khas.

Jika melihat dari bahan dasar pembuatannya, sebenarnya perkedel ini juga dibuat dengan bahan kentang. Namun terdapat perbedaan dari cara menggorengnya yaitu masih dengan cara tradisional.

Jika anda ingin mencicipi nikmatnya kuliner malam Bandung ini, maka harus rela bersabar mengantri sekitar 1-2 jam jika pelanggan sedang ramai. Akan tetapi, anda pun bisa datang lebih awal atau melalui layanan pesan antar makanan online. Karena sangat populer dan laris, perkedel Bondon ini dapat menghabiskan sekitar 60 kilogram kentang dalam satu hari.

Lokasi yang bisa anda kunjungi untuk menyantap kuliner malam Kota bandung ini yaitu di Jalan Stasiun Selatan / Jalan Kb Jati Nomor 42, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat. Untuk jam bukanya adalah pukul 22.30-01.30 WIB dengan harga per butirnya Rp 2 ribu.

Kue Balok Kang Didin

Kuliner Malam Bandung

Kue yang empuk dan legit ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai menu camilan malam bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Salah satu kuliner malam Bandung ini adalah paling populer untuk kota Bandung. Terdapat berbagai varian rasa dan topping. Mulai dari coklat, kacang, keju, oreo, kismis, sampai tiramisu. Bahkan, anda bisa memesannya matang atau setengah matang.

Perlu anda ketahui, kue balok Kang Didin ini lebih orang sukai dan paling menjadi favorit adalah kue balok setengah matang. Saat kuliner ini anda santap, akan lumer dari dalam bersama dengan isian saat gigitan pertama.

Baca juga: Bakmi Parahyangan Bandung Jalan Sukajadi dengan Menu Istimewa

Bentuk dari kue balok ini hampir mirip dengan kue pukis, namun bedanya memasak kue balok ini dari atas tungku api arang. Untuk jenis kue balok yang terkenal ini dapat anda peroleh jika berkunjung ke Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor 52, Husen Sastranegara, Cicendo, Bandung, Jawa Barat. Buka 24 jam dengan harga per buah Rp 2.500-Rp 3.500.

Roti Kuro Kuro

Jajanan khas Kota Bandung yang wajib anda coba selanjutnya adalah roti kukus Kuro Kuro. Salah satu kuliner yang hits ini memang hanya berupa gerobak kaki lima yang ada pada pinggir jalan. Namun, kedai Kuo Kuro ini sangat ramai pengunjung.

Jika anda melihat dari tampilan kuliner malam Bandung ini hampir seperti burger. Akan tetapi, rotinya telah mereka olah dengan mengukus dan berwarna hijau pandan. Terdapat isian yang beragam, mulai dari selai, kacang, coklat, blueberry, karamel, pisang, dan masih banyak lagi.

Selain menyediakan Kuro Kuro kukus, kedai ini juga memberikan anda penawaran menggiurkan roti panggang/bakar dengan isian telur dadar atau dengan sosis.

Harga yang bisa anda bayar terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp 3.500 sampai Rp 17.500 sudah membuat perut anda kenyang. Jam buka pukul 06.00-24.00 WIB. Alamat yakni Jalan Tubagus Ismail Raya Nomor 32, Desa Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sate dan Gule Kambing HM Harris

Jika anda adalah salah satu penggemar sate atau gule kambing, maka kuliner malam Kota Bandung ini dapat menjadi salah satu hidangan pilihan untuk anda. Sate dan Gule Kambing HM Harris menyediakan sajian sate serta gulai kambing dengan rasa yang telah tersohor.

Bahkan, terdapat pejabat negara yang pernah mencicipi rasa lezat dari menu kuliner malam Bandung ini. Dengan menu hidangan yang tersaji dalam sebuah hot plate, sate akan tampak lebih fresh. Bau prengus khas kambing pun tidak terasa.

Namun, untuk harganya memang cenderung sedikit mahal, akan tetapi rasa nikmat dan cita rasa yang lezat dapat anda peroleh dengan memuaskan.

Harga yang dapat anda bayar sekitar Rp 45.000 per porsinya yang bisa anda peroleh dari pukul 10.00-04.00 WIB. Lokasi yaitu Jalan Asia Afrika Nomor 155 (Simpang Lima), Kebon Pisang, Sumur bandung, Bandung, Jawa Barat.

Nasi Kalong

Pilihan kuliner malam selanjutnya yang bisa anda santap di Kota Bandung adalah nasi kalong. Makanan khas Bandung ini sangat populer dan hits karena nasinya yang berwarna ungu kehitaman.

Warung yang hanya buka ketika malam hari, layaknya hewan kelelawar (kalong) menjadi nama nasi lezat ini. Nasi kalong berasal dari proses memasak beras merah dengan bumbu kluwek sehingga warnanya menjadi hitam.

Selain itu, kuliner malam Bandung ini juga tersaji dengan berbagai bumbu tambahan seperti bawang merah, cabai, kelapa parut, serta daun salam. Tak mengherankan, jika jenis kuliner ini akan menghadirkan aroma yang wangi dan menggugah selera.

Baca juga: Nasi Kalong Bandung, Buruan Para Nokturnal dengan Keunikan Khas

Untuk pelengkapnya, nasi kalong yang gurih ini tersaji bersama dengan tumis buncis, ebi goreng kremes, ayam goreng madu, dendeng ayam gepuk abon, dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang ingin mencicipi nasi kalong, maka dapat berkunjung ke Jalan R.E. Martadinata Nomor 102 (Jalan Riau), Cihapit, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. Harga tak sampai Rp 50.000, anda bisa mendapatkannya dari pukul 19.15 WIB sampai 01.00 WIB.

Nasi Goreng Si Mongol

Kuliner Malam Bandung

Menikmati kuliner malam Bandung tak lengkap rasanya jika tidak menyantap kuliner nasi goreng Si Mongol. Warung nasi yang paling enak dan unik ini menghadirkan perbedaan dalam penyajiannya. Anda akan mendapatkan wadah tersendiri saat datang ke warung nasi ini.

Kemudian, anda akan mengambil sendiri seperti nasi, mie, lauk pauk, sayur, serta bumbu yang anda sukai. Jadi, lebih mirip dengan sistem penyajian prasmanan. Selanjutnya anda akan menuju ke koki dan menyerahkan bahan yang anda ambil tersebut untuk proses memasak.

Untuk memasak nasi goreng ini tidak menggunakan wajan biasa. Namun, menggunakan Mongolian Teppanyaki yang beratnya sekitar 475 kg. Lebih menariknya lagi, anda bisa menyaksikan secara langsung atraksi para koki dalam menyajikan hidangan untuk anda.

Untuk lokasinya yakni Jalan Dipati Ukur Nomor 7A, Desa Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Kemudian anda bisa mendapatkan kuliner malam Bandung ini dari pukul 17.00-23.00 WIB dengan harga Rp 20.000 per porsi. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara