Kunci Kontak Motor Susah Diputar, Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

Kunci Kontak Motor Susah Diputar, Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya
Ilustrasi kunci kontak motor susah diputar. Foto: Ist/Net

Kunci kontak motor susah diputar, ada banyak cara untuk mengatasinya. Sebaiknya cari tahu penyebabnya terlebih dulu. Masalah ini sering sekali pengguna sepeda motor alami.

Sebaiknya tahu penyebabnya agar tidak terjadi masalah yang sama pada komponen tersebut. Banyak masalah yang bisa terjadi pada kendaraan, termasuk sepeda motor.

Salah satu yang mungkin sering para bikers alami yaitu kunci motor bermasalah. Kontak yang sulit berputar memang cukup menjengkelkan.

Apalagi ketika kondisinya terburu-buru, sehingga membuat anda merasa jengkel. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada kondisi seperti ini, salah satunya karena komponen kotor.

Kotoran yang menumpuk akan mengganggu kinerjanya hingga macet. Apalagi jika kunci yang terbuat dari bahan stainless steel yang tidak mudah berkarat.

Baca Juga : Cegah Maling Motor Gunakan Kunci T, Begini Caranya

Akibat munculnya kotoran pada komponen tersebut saat anda mencuci kendaraan, sehingga sabun masuk dan mengering. Jika tidak, kotoran bisa masuk ketika anda kehujanan.

Kotoran akan masuk dalam rumah kunci dan terbawa air masuk hingga mengering. Penyebab ini mengakibatkan kunci kontak motor susah diputar.

Seiring dengan pemakaiannya yang setiap hari, maka komponen kendaraan pun juga bisa bermasalah. Hal ini juga bisa terjadi pada kunci motor.

Macetnya kunci motor memang menjadi masalah serius. Sebab, kontak tidak bisa berputar hingga mengakibatkan kendaraan tak berfungsi dengan baik.

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya selalu memberikan perawatan hingga bagian komponen terkecil seperti itu. Ketika masalah ini terjadi, anda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya.

Sebab jika anda biarkan, tentu bisa mengakibatkan kunci tidak lagi berfungsi. Jangan sepelekan masalah sekecil apapun pada kendaraan, termasuk kunci yang seret.

Cara Mengatasi Kunci Kontak Motor Susah Diputar

Keberadaan pengguna sepeda motor semakin banyak. Meski menggunakan kendaraan ini simpel dan anti macet, namun juga bisa mengalami masalah.

Apalagi ketika musim hujan menjadi salah satu masalah serius bagi pemilik kendaraan. Banyak hal yang bisa terjadi ketika sepeda motor terkena hujan.

Salah satunya yaitu kontak motor yang bermasalah sehingga macet atau sulit berputar. Sebab, air hujan tersebut bisa menimbulkan karat pada bagian tersebut.

Lantas apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya? Ternyata masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah. Jangan paksakan kunci anda putar hingga justru menimbulkan masalah baru.

Jika anda paksa, justru kunci bisa bengkok dan tidak berfungsi kembali. Segera atasi kunci kontak motor susah diputar. Sehingga tidak mengganggu kebutuhan anda untuk menggunakan sepeda motor.

Menggunakan Cairan Penetran

Cara mengatasi kunci kontak motor susah diputar yaitu menggunakan cairan penetran. Cara ini bisa anda gunakan untuk bisa mengurangi, bahkan menghilangkan kotoran.

Baca Juga : Kelebihan Kunci Keyless Motor, Bisa Terhindar dari Maling

Penyebab utama kontak bermasalah yaitu karena kotoran yang tertimbun. Maka dari itu, sebaiknya segera anda gunakan cairan tersebut agar kontak bisa berfungsi kembali.

Semprotkan cairan tersebut pada kontak kunci. Lakukan berulang-ulang hingga kotoran bisa keluar dan bersih. Sehingga anak kunci bisa keluar masuk tanpa kendala.

Agar masalah ini tidak anda alami, sebaiknya lakukan perawatan setiap sebulan sekali. Berikan pelumas tersebut dengan tepat agar anak kunci dan kontak bisa berfungsi secara baik.

Oli Baru

Jika anda tidak memiliki cairan penetran, jangan panik. Bisa untuk atasi kunci kontak motor susah diputar. Jika anda memiliki oli, sebaiknya gunakan untuk mengatasinya.

Gunakan yang baru, jangan bekas, sebab jika bekas tentu merusaknya. Ada kotoran yang menempel pada komponen tersebut.

Oleskan oli yang baru pada anak kunci dan tuang sedikit pada lubangnya. Setelah itu, bisa anda coba memasukkan dan apakah sudah bisa berfungsi kembali atau tidak.

Minyak Goreng

Ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kontak yang seret. Karena berkarat, maka masalah ini bisa terjadi.

Baca Juga : Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini

Selain menggunakan cairan penetran dan oli, maka minyak goreng bisa jadi solusinya. Anda bisa menggunakan minyak baru dan oleskan seperti ketika menggunakan oli.

Cara ini bisa anda lakukan untuk dapat memperlancar kontak saat anda putar. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu memberikan perawatan pada semua komponen.

Jangan biarkan kontak bermasalah yang bisa menimbulkan kendaraan tidak bisa berfungsi. Sebaiknya segera atasi ketika timbul masalah kunci kontak motor susah diputar. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto