Lenovo Ideapad Slim 3, Laptop Ringan dan Anti Lag

Lenovo Ideapad Slim 3 Laptop Ringan dan Anti Lag (kepotekno.com)
Lenovo Ideapad Slim3. Foto: kepotekno

Lenovo Ideapad Slim 3 rilis di Indonesia pada Juni 2020 lalu. Meluncurkan laptop seri ini pada saat pandemi merupakan solusi untuk para pekerja WFH. Tidak hanya pekerja kantoran saja, tapi semua pelajar juga melakukan kegiatan belajar via online.

Mengharuskan setiap pelajar dan pekerja memiliki laptop pribadi. Hal ini meningkatkan kebutuhan masyarakat akan perangkat komputasi guna mendukung aktivitas di rumah mereka.

Dampaknya, berbagai produsen laptop berlomba-lomba untuk menghadirkan perangkat dengan spesifikasi terbaik. Segmen pasar yang disasar pun bervariasi. Mulai dari kalangan menengah ke bawah, hingga menengah ke atas.

Laptop Lenovo Ideapad Slim 3 dengan Berbagai Fitur Menyenangkan

Lenovo menghadirkan Ideapad Slim 3 dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 4500U. Dengan Radeon Graphics 2,38 GHz, membanderol laptop ini seharga 8.299.000 serta dukungan Office Home dan Student seharga 1.799.000.

Baca Juga: Laptop RAM 8 GB Kualitas Terbaik, Harga Termurah Dibawah 10 Juta

Desain

Mendengar kata slim pada seri ini, tentu saja membuat pikiran kita membayangkan laptop dengan desain yang tipis sesuai tren beberapa waktu terakhir.

Akan tetapi, pada saat melihat dan memegang laptop ini secara langsung, mungkin akan sedikit tidak sesuai dengan ekspektasi anda.

Namun ketebalan yang laptop ini miliki tetap membuat anda merasa nyaman untuk membawa perangkat ini kemana-mana. Karena laptop ini tergolong ringan, termasuk pada saat anda menggenggam laptop ini dengan satu tangan saja.

Desain sederhana, akan tetapi memberikan kesan elegan berhasil Lenovo Ideapad Slim 3 ini usung. Berbalut dengan bahan metal serta tampilan serupa guratan.

Hadir dengan layar yang luas, memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel dan teknologi anti-glare semakin mendukungnya. Menyuguhkan tampilan konten dengan kecerahan warna, ketajaman, dan detail yang baik.

Tidak hanya itu, panel IPS Lenovo ini sudah menggunakan refresh rate 60Hz dengan kecerahan hingga 250 nits sehingga membuat sudah pandang menjadi luas.

Baca Juga: Lenovo Legion Slim 7i, Laptop Gaming yang Ringan

Memiliki empat pilihan warna seperti Abyss Blue, Platinum Grey, Business Black, serta Cherry Red. Menggunakan dimensi 32,7 x 24,1 x 1,99 dengan bobot yang hanya seberat 1,46 kg dan juga charger seberat 218 gram.

Keyboard dengan ukuran tuts yang mendukung laptop ini hingga mampu menyuguhkan kenyamanan pengguna. Hadir juga dengan bagian yang biasa digunakan untuk meletakkan pergelangan tangan pengguna dalam ukuran yang luas.

Tentu juga menjadi lokasi penyematan trackpad. Dengan dukungan webcam pada bagian bezel atas, juga dua buah speaker pada sisi depan yang mengarah langsung ke pengguna. Laptop ini juga menggunakan engsel berkemampuan hingga 180 derajat untuk dibuka. 

Fitur

Didukung oleh konektor DC-in HDMI, USB 2.0, dua USB 3.1 Gen 1, serta port untuk charger pada sisi kiri. Pada sisi kanan juga terdapat konektor 3.5mm Jack Combo dan slot Card Reader.

Dengan konektivitas Wi-Fi AC dan Bluetooth 4.2, membuat Lenovo Ideapad Slim 3 semakin mampu menyuguhkan laptop yang istimewa. 

Selain itu juga, Lenovo seri ini berbekal Lenovo Vantage, yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur profil performa laptop.

Lenovo Vantage sendiri menyuguhkan beberapa pilihan yang terdiri dari mode Intelligence Cooling, Extreme Performance, dan juga Battery Saving. Hanya dengan menekan tombol Fn+Q, pengguna sudah bisa berpindah mode.

Performa

Dengan dukungan AMD Ryzen 5 4500U serta Radeon Graphics 2,38 GHz. Mengusung RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal SSD dengan kapasitas 512 GB.

Menyuguhkan pengguna untuk membuat pengalaman yang cepat dan tentu saja tanpa gangguan lag. Performa yang mulus juga dapat dinikmati pada saat membuka banyak tab pada browser serta menikmati video YouTube secara bersamaan.

Laptop Lenovo Ideapad Slim 3 ini juga menawarkan waktu boot yang lebih cepat dan juga tidak akan terganggu oleh lag pada saat akan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain.

Baca Juga: ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Dengan Spesifikasi Gahar

Waktu pemuatan juga menjadi lebih cepat pada saat pengguna menggunakan fitur Flip to Boot yang sudah tersedia pada Lenovo Vantage.

Meski menggunakannya dalam waktu lama, suhu pada laptop ini tidak akan cepat memanas. Pada saat pengguna menggunakan laptop juga tidak akan mendengar suara kipas pendingin. Karena kipas tergolong senyap.

Dalam pengujian baterai oleh Medcom, dalam kondisi kecerahan paling rendah, penonaktifan backlit, tidak terkoneksi Wi-Fi, serta mode hemat daya.

Lenovo Ideapad Slim 3 ini mampu bertahan hingga 7 jam. Namun untuk penggunaan sehari-hari, daya tahan pada baterai laptop ini akan mampu bertahan lebih lama. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang