Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaBerita TerbaruLensa Kamera HP Beragam Jenis, Ketahui Fungsi Masing-Masing Lensa

Lensa Kamera HP Beragam Jenis, Ketahui Fungsi Masing-Masing Lensa

Lensa kamera HP cukup beragam dengan fungsi masing-masing penting untuk anda ketahui. Bagi anda yang memiliki hobi fotografi dengan menggunakan kamera ponsel, tentu sudah hafal dengan kehadiran lensa pada kamera ponsel yang anda gunakan.

Saat ini banyak smartphone yang telah memperoleh kelengkapan lensa kamera cukup mumpuni dengan skill layaknya kamera sungguhan.

Mulai dari lensa Macro hingga Wide yang kesemua lensa tersebut memiliki fungsi tersendiri dan siap mendukung aktivitas fotografi anda dengan kamera ponsel.

Beragam Jenis Lensa Kamera HP

Seiring perkembangan teknologi, anda akan dengan mudah menemukan ribuan jenis smartphone dengan bekalan fitur yang menarik.

Salah satunya adalah mengenai beragam fitur yang terdapat pada kamera bawaan smartphone tersebut. Dengan hadirnya lensa eksternal yang portabel, maka anda dapat memotret layaknya profesional.

Baca Juga : Autofocus Kamera HP Tidak Berfungsi, Pulihkan dengan Cara Berikut Ini!

Akan tetapi, tidak dapat anda pungkiri bahwa harga terkadang menentukan kualitas. Biasanya anda perlu merogoh kocek untuk memperoleh smartphone dengan kualitas kamera terbaik.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk tepat mengetahui jenis-jenis lensa kamera HP dengan beragam fungsinya yang antara lain:

Lensa Wide

Sesuai dengan namanya Wide, jenis lensa kamera smartphone ini mampu menghasilkan jepretan dengan sudut pandang yang lebih luas.

Jika anda ingin mengambil gambar dengan kamera ponsel, akan tetapi cakupan sudut gambarnya sempit, maka anda dapat menambahkan lensa Wide ini.

Dalam sekali potret, lensa kamera HP Wide bisa menangkap beragam informasi dari suatu foto. Tipe foto yang sesuai untuk mengambil gambar dengan lensa Wide adalah potret lanskap.

Dengan adanya tambahan sense sebagai fotografer, maka pengambilan gambar dengan lensa Wide dapat anda lakukan secara baik. Dengan demikian, hasil foto lanskap akan lebih cantik dan dramatis.

Lensa Macro

Jenis lensa kamera HP berikutnya adalah lensa Macro. Bagi anda yang gemar mengambil gambar dengan objek yang kecil atau detail, maka lensa Macro merupakan pilihan yang tepat untuk anda gunakan.

Jenis lensa ini memang hadir khusus untuk mengambil objek kecil serta detail. Cara maksimal menggunakan lensa Macro yang paling tepat adalah dengan memotret objek dari jarak dekat.

Hal ini bertujuan untuk memperoleh detail fokus lebih tinggi. Rasio pada lensa macro dapat menyebabkan besar gambar akan sama dengan ukuran asli objek.

Lensa Telephoto

Apabila anda ingin mengambil objek dengan jarak yang jauh, maka pastikan anda menggunakan Zoom yang terdapat pada kamera ponsel.

Baca Juga : Kamera Depan HP Blur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun sangat disayangkan, dengan menggunakan fitur Zoom tersebut, foto yang dihasilkan juga semakin rendah. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat memanfaatkan lensa Telephoto yang tersemat pada kamera ponsel.

Jenis lensa kamera HP satu ini mampu untuk mengambil objek dengan jarak jauh dari keberadaan anda. Akan tetapi, foto yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik.

Pada umumnya, lensa Telephoto tersemat pada kamera smartphone dengan kekuatan 10x Zoom. Teknologi Zoom dalam lensa Telephoto dapat tangkap foto jarak jauh dengan menghasilkan perspektif yang lebih alami tanpa adanya distorsi.

Depth Sensor

Untuk memperoleh efek bokeh yang cukup rapi dan mudah, maka pada semua perangkat ponsel dengan multi kamera. Dimana menawarkan kamera sekunder dengan lensa khusus sebagai depth sensor.

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Lensa Kamera Ponsel dengan Praktis dan Mudah

Pada umumnya, jenis lensa kamera HP satu ini hanya memiliki resolusi sekitar 2MP atau 5MP saja. Akan tetapi, adanya dukungan kecerdasan buatan mampu menghadirkan hasil yang jauh lebih baik. Bahkan anda pun dapat mengatur intensitas bokehnya ketika mengambil foto serta sesudah memotret gambar.

Lensa kamera ini juga telah memperoleh kelengkapan dengan sejumlah efek ala pencahayaan studio. Selain itu, foto bokeh yang berfokus pada objek dengan adanya efek blur pada latar dapat anda peroleh dari lensa Telephoto.

Lensa Kamera HP Ultra Wide

Merupakan versi lainnya dari lensa Wide. Dengan menggunakan lensa ini, maka anda dapat menangkap gambar dalam jangkauan yang kian luas dibandingkan dengan lensa Wide.

Lensa Ultra Wide memiliki spesifikasi tinggi sehingga mampu menghasilkan foto dengan jarak lebih luas serta gambar lebih tajam.

Penggunaan jenis lensa kamera HP satu ini sangat cocok untuk mengambil gambar pemandangan. Seperti pantai, pegunungan, atau foto banyak orang dalam satu kali jepret saja. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img