LMDH Jadikarya Pangandaran Tanam Ribuan Pohon Durian Bawor

Pohon Durian
Penanaman bibit pohon durian di lahan perhutani petak 46 Desa Jadikarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- LMDH Lebak Jero Desa Jadikarya Langkaplancar bersama Komunitas Pohon Indonesia (KPI) dan Yayasan Pohon Indonesia menanam ribuan pohon durian bawor.

Penanaman itu berlangsung di lahan Perum Perhutani petak 46. Lokasi tersebut telah mendapatkan izin untuk bisa masyarakat manfaatkan atau dengan istilah skema kulin KK.

Seorang anggota KPI, Dadang Romansyah, mengatakan, pihaknya menanam ribuan pohon durian jenis bawor ini tiada lain untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai resapan air serta paru-paru alam.

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap masyarakat bisa lebih sejahtera karena alamnya terjaga dengan baik.

“Insya Allah ke depan masyarakat akan merasakan manfaat dari semua ini,” ucapnya, Kamis (25/02/2021) lalu.

baca juga: Goa Lalay Padaherang Bakal Jadi Wisata Fauna di Pangandaran

Rencananya, ia bersama LMDH akan menanam sebanyak 10 ribu bibit pohon durian. Namun karena saat ini mulai memasuki kemarau, sehingga yang baru terealisasi 5200.

Jika memungkinkan, lanjutnya, penanaman akan secepatnya berlanjut. Namun sebaliknya bila tidak memungkinkan untuk sisanya akan ditanam pada September 2021 mendatang.

Pihaknya pun tidak hanya menarget penanaman saja, namun masalah pemupukan serta perawatan menjadi tanggungjawabnya.

“Intinya pohon durian ini kita pelihara sampai tumbuh subur dan berbuah. Sehingga masyarakat bisa mengambil manfaatnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan ini bisa menjadi wisata durian,” pungkasnya. (Enceng/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid