Longsor di Tasikmalaya Tutup Akses Jalan Jatiwaras-Salopa

Longsor di Tasikmalaya
Longsor tutup akses Jalan Jatiwaras-Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengakibatkan tebing gunung setinggi 5 meter longsor, Minggu (14/2/2021) sore.

Material longsor, termasuk juga pohon menimpa badan jalan bahkan menutupi Jalan Raya Jatiwaras menuju Salopa, Kabupaten Tasikmalaya.

Longsor tersebut terjadi tepatnya di Kampung Gintung, RT 03, RW 08, Desa Papayan, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Bahkan, satu jam setelah longsor terjadi, jalan kembali normal dan bisa dilalui pengendara.

Eman, salah seorang pengendara motor mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Akibatnya akses jalan tertutup material longsor. 

“Saya tadi itu pas kejadian longsor sedang menepi, beruntung posisi saya jauh,” ucap Eman di lokasi, Minggu (14/2/2021).

Sementara itu, Endang Mulyana, Sekretaris Desa Papayan, menjelaskan, tebing longsor diduga akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jatiwaras dari siang hingga sore hari.

“Kalau ketinggian tebing yang longsor tersebut sekitar 5 meter. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor ini. Langsung evakuasi, sehingga satu jam sesudah kejadian, jalan sudah bisa dilewati kembali,” terangnya.

Endang mengatakan, proses evakuasi material longsor dan pohon yang menutupi jalan dilakukan bersama BPBD, TNI, Polri dan warga.

“Kami mengimbau kepada warga dan pengendara agar lebih hati-hati ketika hendak melintasi jalan Jatiwaras ini. Apalagi saat hujan turun, karena masih banyak bukit dan pohon,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu