Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita CiamisLongsor Sungai Ciputrahaji Ciamis Kian Parah, Puluhan Rumah Terancam

Longsor Sungai Ciputrahaji Ciamis Kian Parah, Puluhan Rumah Terancam

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Longsor tebing sungai Ciputrahaji yang berlokasi di Dusun Sukamulya RT 02/02  Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kian parah. Puluhan rumah warga pun kini makin terancam.

Longsor tersebut terjadi lantaran air sungai meluap ketika terjadi hujan deras pada hari Selasa (2/2/2021) kemarin.

Akibatnya, tebing sungai Ciputrahaji yang berdekatan dengan perumahan serta jalan nasional, kembali mengalami longsor yang lebih besar.

Bahkan kini kian longsoran tebing semakin meluas dan mengancam keselamatan warga setempat.

Kepala UPTD Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan wilayah Banjarsari, membenarkan adanya kejadian longsor tebing tersebut.

Saat ini, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait penanganan longsor tebing tersebut.

“Karena ranahnya ada di BBWS, maka kami juga telah melakukan koordinasi kesana, mudah mudahan saja perbaikannya bisa secepatnya dilaksanakan,” ujar Suparman, Rabu (4/2/2021).

Baca Juga: Akibat Longsor, Rumah Warga Imbanagara Raya Ciamis Rusak

Sementara itu, Yati, pemilik warung yang kini nyaris terbawa longsor sungai Ciputrahaji berharap, pemerintah bisa secepatnya melakukan penanganan.

Pasalnya, saat ini longsor tebing semakin melebar dan membahayakan warga yang bermukim di sana.

Menurutnya, setiap turun hujan, longsor tebing sungai Ciputrahaji semakin bertambah.

“Kami warga sekitar semakin resah dengan kondisi saat ini, jadi kita berharap segera ada penanganan dari pemerintah untuk memperbaiki tebing yang mengalami longsor tersebut,” katanya. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru