Makanan Anti Inflamasi untuk Cegah Peradangan dan Infeksi

makanan anti inflamasi
Jenis makanan anti inflamasi terbaik. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi makanan anti inflamasi bisa menjadi alternatif terbaik mencegah peradangan pada tubuh. Ada buah, sayur, hingga biji-bijian yang kaya kandungan anti inflamasi yang baik untuk melawan serangan penyakit.

Inflamasi (inflammation) atau peradangan, menurut Wikipedia, merupakan reaksi tubuh saat menghadapi serangan patogen yang mencoba menyerang tubuh. Patogen ini biasanya masuk bersamaan degan adanya luka, kulit terbakar, atau terjadinya iritasi.

Dengan kata lain, peradangan merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Saat terjadi serangan patogen inilah kekebalan tubuh akan melepaskan unsur kimia, seperti histamin, serotonin, bradikinin, atau leukotrien untuk melindungi jaringan sel.

Efek atau hasil dari reaksi peradangan biasanya terjadi bengkak dengan rasa nyeri, suhu tubuh meningkat, demam, dan warna kulit tubuh yang berwarna kemerahan. Namun dalam perlawanan ini imunitas tubuh bisa kalah sehingga terjadi sakit.

Jenis Makanan Anti Inflamasi Terbaik

Ketimbang mengonsumsi obat anti inflamasi yang banyak terdapat di apotek, makanan tentunya lebih alami tanpa efek samping. Makanan juga mengandung banyak nutrisi lainya yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan anti inflamasi terbaik yang bisa Anda manfaatkan. Makanan yang bermanfaat ini bisa Anda berikan baik untuk anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia.

Ubi Jalar

Siapa sangka jika makanan yang enak dan mengenyangkan perut ini juga ampuh dalam melawan infeksi penyakit. Ubi jalar yang populer juga dengan sebutan ubi manis ini kaya dengan kandungan anti inflamasinya.

Makanan ndeso ini juga kaya serat dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi jika orang yang sakti berkurang nafsu makannya, bisa Anda berikan saja ubi jalar rebus yang enak dan bikin kenyang.

Bawang Putih atau Bombay

Jenis makanan anti inflamasi yang juga ampuh mencegah peradangan adalah bawang putih atau bombay. Bumbu masak ini kaya dengan kandungan sulfur yang berkhasiat melawan serangan penyakit dan mencegah radang.

Sedangkan bawang bombay mengandung quercetin dan flavonoid yang juga ampuh dalam mencegah ataupun mengatasi peradangan tubuh. Cara mengonsumsi yang terbaik adalah memakannya dalam bentuk mentah. Namun juga bisa mencampur dalam masakan.

Cabai Rawit

Kandungan fitokimia dalam cabai rawit bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk membantu imunitas tubuh dalam menangkal serangan infeksi.

Buat Anda yang senang dengan makanan manis tentunya bisa langsung mengonsumsinya dalam bentuk sambal atau teman makan camilan. Bahkan sering makan masakan pedas dari cabai juga baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah Pepaya

Mengonsumsi buah pepaya juga baik untuk melawan serangan penyakit. Makanan anti inflamasi ini juga kaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Saran konsumsi terbaik adalah dengan memakannya langsung. Namun Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothie. Makan pepaya secara rutin juga sangat baik karena nutrisinya mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Buah Blueberry

Alternatif buah lainnya yang juga baik untuk melawan penyakit dan mencegah peradangan adalah blueberry. Buah imut ini ternyata kaya dengan kandungan antioksidan dan flavonoid yang baik untuk mencegah inflamasi.

Buah yang masuk dalam keluarga beri-berian ini cukup populer dengan rasa asam manis yang enak. Selain mengonsumsinya dalam bentuk segar, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus buah atau smoothie.

Sayur Bayam

Sedangkan untuk jenis sayuran, Anda bisa memilih bayam sebagai makanan anti inflamasi yang juga berkhasiat. Sayuran yang menyegarkan ini kaya dengan kandungan serat dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

Saran konsumsi terbaik adalah dalam bentuk segar. Setelah mencucinya dengan bersih, Anda bisa membuat jus bayam untuk campuran smoothie dengan buah atau yogurt.

Minyak Ikan

Bahan herbal yang juga efektif untuk mencegah peradangan akibat infeksi adalah minyak ikan. Selain banyak mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi, minyak jenis ini juga sumber omega 3 yang cukup tinggi.

Ikan laut memang kaya omega 3 yang baik untuk menjaga fungsi otak. Mengonsumsi minyak ikan secara berkala juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan menambah cerdas.

Demikianlah beberapa jenis makanan anti inflamasi yang bisa Anda pilih. Mengonsumsi makanan alami tentunya lebih efektif untuk menguatkan sistem imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Konsumsi rutin juga baik agar tubuh jauh dari penyakit. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara