Makanan Khas Bogor yang Fenomenal dan Khas, Lezat Selalu Bikin Nagih

Makanan Khas Bogor
Makanan Khas Bogor. Foto: Ist/Net

Makanan khas Bogor cukup beragam. Tidak hanya nikmat, akan tetapi juga unik dan bikin ketagihan. Selain terkenal kaya akan destinasi wisatanya, ternyata kota Bogor juga menyimpan aneka kuliner khas yang sangat menggiurkan.

Maka tidak heran banyak pengunjung yang menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan ke kota ini. Kota Bogor berada tidak jauh dari kota Jakarta.

Hanya dengan menempuh kurang lebih satu jam perjalanan dengan naik kereta, maka anda pun akan sampai di kota Bogor. Oleh karena itu, bagi anda yang berkunjung ke kota Bogor, jangan lupa untuk mencicipi beberapa jenis makanan khas kota hujan ini.

Deretan Makanan Khas Bogor yang Menggugah Selera

Kuliner khas kota Bogor menjadi sajian yang sangat istimewa. Banyaknya varian menu yang ditawarkan, menjadi salah satu alasan banyak pengunjung yang selalu merindukan kota ini.

Baca Juga: Makanan Khas Thailand yang Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia

Tidak hanya beragam menu yang kekinian, akan tetapi anda juga dapat mencicipi menu tradisionalnya yang sangat melegenda. Membahas kuliner khas Bogor, mungkin yang terlintas di benak kita pertama kali adalah asinan Bogor.

Hal ini sangatlah lumrah. Pasalnya, kuliner ini sangat fenomenal pada dunia kuliner Indonesia. Akan tetapi, pada kenyataannya kuliner khas kota Bogor sangat bervariasi, dengan mengusung semua rasa yang ada.

Makin penasaran dengan jenis-jenis makanan khas kota hujan selain asinan? Berikut ini varian pilihannya:

Ubi Bakar Cilembu

Makanan khas kota hujan satu ini dapat anda nikmati di puncak Bogor. Menu khas satu ini, cara menikmatinya yakni dengan dibakar menggunakan oven terlebih dahulu.

Selanjutnya, umbi akan mengeluarkan cairan seperti madu. Cairan inilah yang membuat sajian umbi memiliki citarasa manis dan legit.

Umbi bakar cilembu sangat cocok anda santap saat udara dingin yang pada umumnya dipadukan dengan teh manis hangat. Harganya pun cukup terjangkau. Hanya dengan biaya Rp. 25.000, anda dapat memperoleh sekilo umbi bakar cilembu yang siap santap.

Laksa Bogor

Makanan yang menggugah selera selanjutnya adalah Laksa Bogor. Makanan ini dapat anda temui dengan mudah saat berkunjung ke kota Bogor. Berbahan utama dari bihun yang tersaji dengan kuah kuning, laksa Bogor memiliki rasa sangat gurih.

Hal menarik dari hidangan ini adalah adanya tambahan oncom serta bahan lainnya yang dapat memperkuat citarasanya. Ketupat pun seringkali turut menjadi pelengkap dalam makanan khas Bogor ini.

Selain itu, tambahan daun kemangi dan toge menjadikan kuliner ini semakin segar. Uniknya, tekstur kuah laksa Bogor sedikit kasar, karena terdapat kelapa parut yang sengaja tercampur dalam hidangan ini.

Baca Juga: Arti Kue Keranjang dalam Perayaan Imlek

Untuk toping dari laksa Bogor, biasanya terdiri dari tahu kuning, serundeng, atau telur rebus. Makanan ini sangat nikmat jika anda santap saat masih hangat dengan udara dingin kota Bogor.

Mie Golosor

Makanan khas Bogor ini terbuat dari tepung aci dengan campuran kunyit. Dengan demikian, anda akan memperoleh citarasa rempah yang sangat kuat dari hidangan ini.

Sebenarnya, mie golosor bukanlah kuliner asli Bogor, melainkan berasal dari kota Sukabumi. Namun seiring berjalannya waktu, kuliner ini tumbuh dan berkembang di kota Bogor. Hingga kini menjadi salah satu hidangan khas kota Bogor.

Nama golosor tersemat karena mie sangat mudah mengalir. Saat anda merasakan kenyalnya, membuat makanan ini mudah mengalir begitu saja ketika berada dalam mulut.

Anda dapat dengan mudah menemukan hidangan ini pada berbagai pedagang kaki lima dengan harga mulai dari Rp 10.000.

Toge Goreng Bogor

Kuliner yang dapat anda cicipi saat berkunjung ke kota Bogor adalah toge goreng. Hidangan ini merupakan kuliner tradisional legendaris yang telah hadir sejak tahun 70an.

Baca Juga: Mie Kocok Bandung Legendaris Citarasa Khas, Berikut Rekomendasinya!

Hidangan ini terbuat dari bahan dasar toge yang dimasak dengan campuran bahan lainnya seperti mie telur kuning dan mie. Selanjutnya semua bahan tersebut disiram dengan bumbu khusus yang terbuat dari tauco, oncom, dan kecap manis.

Saat menyantapnya, sensasi asin dan manis sangat nikmat sehingga dapat menggoyang lidah. Terutama jika hidangan ini anda santap saat masih panas atau hangat. Oleh karena itu, toge goreng sangat cocok anda santap di daerah sejuk serta memiliki curah hujan yang tinggi seperti kota Bogor ini.

Selain yang telah kita ulas di atas, masih banyak lagi varian makanan khas Bogor yang dapat anda temui saat berlibur ke kota ini. Masing-masing makanan tersebut tentu memiliki citarasa khas tersendiri yang siap memanjakan lidah anda. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang