Makanan Khas Thailand yang Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia

Makanan Khas Thailand
Ilustrasi Makanan Khas Thailand. Foto: Ist/Net

Makanan khas Thailand mempunyai citarasa yang hampir menyerupai kuliner dari Indonesia. Makanan tersebut biasanya terbuat dari berbagai bumbu dan juga rempah-rempah yang rasanya pun menjadi lebih sempurna.

Karena kuliner sangat penting untuk anda perhatikan saat melakukan traveling atau berlibur ke negara lain, maka beberapa rekomendasi makan berikut ini mungkin membantu anda yang tengah mencari referensi makanan yang khas untuk anda santap di negara Gajah Putih ini.

Semuanya dapat anda pilih sesuai dengan selera anda. Banyak yang memiliki citarasa lezat hingga kuliner yang unik dan tidak lazim dapat anda temukan. Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Deretan Makanan Khas Thailand

Tampaknya, kuliner menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup penting selain menikmati keindahan alam suatu daerah. Kuliner juga menjadi hal yang wajib anda perhatikan jika berkunjung ke suatu wilayah yang asing atau baru pertama kali.

Baca juga: Makanan Khas Bali yang Pasti Membuat Anda Kangen, Cek Daftarnya!

Bisa saja anda tidak cocok atau kurang sesuai dengan citarasa yang tersaji. Namun, rasanya hal itu tidak berlaku jika berkunjung ke Thailand.

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata terjangkau yang berada dalam kawasan Asia Tenggara. Thailand menjadi negara yang paling banyak orang Indonesia kunjungi setelah Singapura dan Malaysia.

Bukan hanya karena mempunyai pantai yang indah, Thailand juga menyuguhkan pemandangan dengan panorama yang memukau, salah satunya adalah banyaknya pagoda.

Bahkan, anda pasti akan mencari tahu mengenai keistimewaan Thailand selain keindahan alam dan hal-hal yang memukau lainnya, yaitu kuliner.

Kuliner tak akan terlepas dari pencarian saat liburan. Apakah cocok dengan lidah kita atau tidak? Perlu anda ketahui, jika kuliner yang tersaji dan populer yang Thailand miliki cukup familiar dengan selera orang Indonesia.

Karena, kuliner yang mereka masak menggunakan bumbu yang banyak dan rempah yang hampir sama dengan masakan khas Indonesia. Lalu, apa saja yang dapat anda temukan sebagai makanan khas Thailand? Simak beberapa daftarnya berikut ini.

Pad Thai

Makanan Khas Thailand

Anda pecinta kuliner mie? Maka wajib mencoba Pad Thai. Kuliner khas Thailand ini terbuat atau berbahan dasar mie atau hampir mirip dengan kwetiau.

Baca juga: Makanan Khas Jawa Barat yang Enak dan Populer

Mie yang tersaji cukup lebar dan terbuat dari beras. Pada umumnya, makanan khas ini tersaji dengan kuah, tauge, kucai, tahu kuning, dan juga lauk protein seperti kepiting udang hingga daging ayam.

Kuliner Pad Thai adalah satu-satunya yang mengandung kata ‘Thai’ sebagai kuliner khas negeri seribu pagoda ini. Tentu saja, hal itu bukannya tanpa alasan. Pada tahun 1930an makanan ini populer dalam masyarakat untuk membangkitkan semangat jiwa nasionalisme.

Selain itu, makanan khas Thailand ini juga sengaja diciptakan kala itu untuk mengurangi penggunaan beras, meskipun juga terbuat dari bahan beras.

Tom Yum

Anda pasti tidak akan asing dengan nama Tom Yum. Karena makanan khas ini cukup terkenal di berbagai negara. Tom Yum merupakan makanan yang mempunyai kuah dengan tersaji bersama berbagai bahan.

Biasanya, Tom Yum Goongyag berisi udang, Tom Yum Pla yang berisi ikan, dan juga Tom Yum Taek dengan isian berbagai jenis seafood.

Ada dua pilihan kuah yang dapat anda nikmati yaitu kuah bersantan dan juga kuah bening. Bumbu untuk membuatnya yaitu serai, lengkuas, jahe, bawang putih, daun jeruk, cabai, kecap asin, dan masih banyak lagi.

Kaeng Khiao Wan

Jenis makanan khas Thailand selanjutnya adalah Kaeng Khiao Wan yang artinya kari hijau. Makanan ini juga orang sebut sebagai kari yang khas Thailand. Untuk warna hijau berasal dari cabai hijau, yang mana menciptakan rasanya yang lebih pedas dari kari merah.

Tak hanya cabai hijau saja, kuliner khas ini dimasak dengan gula aren, santan, pasta kari hijau, serta saus ikan. Biasanya, terdapat pula terong dan buah yang ikut serta melengkapi makanan ini.

Sementara itu, untuk pasta kari hijau terbuat dari racikan bumbu, pasta udang, biji jintan, dan garam yang mana semuanya digoreng dengan krim kelapa. Kaeng Khiao Wan ini biasanya tersaji bersama dengan daging ayam, mie goreng, atau sapi bahkan roti.

Kaeng Phet

Makanan Khas Thailand

Varian kuliner kari selanjutnya adalah Kaeng Phet atau kari merah. Bahan makanan ini yakni campuran santan, kari merah, serta daging ayam, babi, atau sapi.

Untuk bumbu kari biasanya menggunakan racikan tradisional yakni menghaluskannya atau dengan tumbukan atau bisa juga ulekan.

Untuk bumbu kari merahnya terdiri atas campuran cabai merah yang sudah kering, lengkuas, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, lada, jintan putih, dan masih banyak lagi.

Lalu, cara mengolah makanan khas Thailand dengan menggorengnya bersama minyak dan juga santan kelapa. Dengan demikian, sudah dapat kita pastikan jika citarasanya pasti akan sangat kaya akan rempah dan bumbu tradisional.

Som Tum

Makanan khas selanjutnya adalah Som Tum. Salad khas Thailand ini dapat menjadi pilihan anda saat berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini. Terbuat dari pepaya muda serta beragam sayuran. Lalu, bumbunya adalah bawang putih, cabai, dan tomat.

Baca juga: Makanan Khas Tasik Citarasa Tinggi yang Legendaris, Wajib Dicoba!

Maka dari itu, Som Tum mempunyai citarasa yang asam, pedas, dan manis yang tercampur menjadi satu. Pada umumnya, makanan ini masyarakat Thailand santap sebagai pengganti menu karbo. Jenis makanan khas ini konon berasal dari Isaan, yakni suatu daerah bagian Timur Thailand.

Namun, beberapa sumber juga menyebutkan jika Som Tum berasal dari Laos, namun populer di Thailand. Sementara itu, tahun 2011, makanan khas Thailand masuk ke dalam urutan ke-46 dari 50 daftar makanan paling lezat d dunia oleh CNN Go.

Khao Tom

Khao Tom adalah sejenis bubur ayam jika di Indonesia. Jenis makanan ini berasal dari bubur yang dimasak dengan mencampurkan aneka hasil laut dan daging. Kemudian, sama dengan Tom Yum, makanan ini juga mempunyai nama khas berdasarkan campuran bahan yang digunakan.

Seperti jika menggunakan udang, maka bernama Khao Tom Goong, bila dengan daging ikan bernama Khao Tom Pla, sedangkan dengan daging babi bernama Khao Tom Moo.

Biasanya, masyarakat Thailand menyantap bubur ini jika sakit atau udara sedang dingin. Bumbu rempah yang ada dalam bubur menjadikan tubuh terasa lebih hangat.

Khanom Chin Nam Ya

Makanan khas Thailand ini berupa mie putih yang lengkap dengan siraman kuah kari ikan yang mana memiliki rasa pedas. Karena nama makanan ini terlalu panjang, orang Thailand biasa hanya menyebutnya dengan Khanom. Jenis makanan ini dapat anda temui dengan mudah jika berkunjung ke pusat negara Thailand yaitu Bangkok.

Tod Man Pla

Makanan Khas Thailand

Tod Man Pla sendiri merupakan makanan yang sering dan mudah anda temukan sebagai street food atau makanan pinggir jalan. Bentuknya hampir sama dengan perkedel di Indonesia, namun berbahan ikan atau juga daging ayam.

Utuk pemilihan ikan sendiri tentu bukan sembarangan, yaitu harus ikan dengan daging berwarna putih. Lalu, ikan tersebut lengkap dengan bumbu kari merah sebelum melalui tahap memasak.

Gai Yang

Makanan khas Thailand selanjutnya adalah Gai Yang. Jenis kuliner ini akan sangat cocok jika anda santap bersama keluarga atau beramai-ramai. Karena, kuliner ini adalah ayam bakar yang utuh. Jadi, bukan hanya bagian dada atau paha saja seperti biasanya.

Lalu, proses memasak makanan khas Thailand ini pun menggunakan bumbu sebelum proses pembakaran ayam sampai benar-benar meresap.

Kemudian, setelah pembakaran, ayam akan dipotong-potong dengan ukuran lebih kecil agar mudah menyantap atau penyajian dalam piring. Biasanya, anda akan dapat memperolehnya jika berkunjung ke Chiag Mai.

Guay Teow Rhua

Kuliner khas selanjutnya adalah Guay Teow Rhua yang merupakan hidangan yang tampilannya seperti bakso. Berupa olahan mie dengan kuah pekat ini tersaji dengan potongan ayam, daging sapi, atau daging babi. Namun, porsi Guay Teow Rhua biasanya hanya sedikit.

Sehingga jika anda ingin makan dengan kenyang, anda bisa memesannya dua porsi. Kemudian jika tersirat dari namanya, Guay Teow Rhua berarti perahu. Sehingga, dahulu kala makanan ini tersaji atau dipasarkan di atas perahu.

Khao Soi

Khao Soi sebenarnya bukan makanan khas dari Thailand, melainkan dari Myanmar. Akan tetapi, saat sesampai di Thailand, Khao Soi hadir dengan modifikasi agar lebih cocok dengan lidah masyarakatnya. Makanan ini paling terkenal dan sangat recommended untuk para wisatawan asing.

Berupa mie kuning dengan kuah santan bercitarasa gurih dan juga lezat. Campuran mie kering dengan mie basah tersebut dapat anda nikmati degan daging ayam, daging babi, atau daging sapi bersama acar timun, irisan bawang merah, jeruk nipis, dan juga cabai.

Hoy Tod

Makanan Khas Thailand

Hoy Tod atau Hoi Tod ini adalah jenis makanan khas Thailand yang terkenal di negara pantai Phuket ini. Berupa olahan tiram dengan bentuk telur dadar tiram.

Terdapat dua varian yakni waula, yang mana memiliki citarasa renyah atau original. Kemudian, ada juga varian awsuan yang lebih lengket.

Baca juga: Makanan Khas India Paling Terkenal di Dunia

Hoy Tod ini terbuat dari bahan tiram atau kerang yang cara mengolahnya dengan memanggang pada wajan besi. Pemanggangannya tersebut menggunakan tunggu pembakaran arang. Minyak untuk menggoreng pun berupa lemak babi bersama dengan saus tomat saat penyajiannya.

Khao Pad Poo

Makanan khas Thailand selanjutnya adalah Khao Pad Poo, yang mana berupa nasi goreng dengan kepiting sebagai campurannya. Meskipun berupa nasi goreng, tampilan dan citarasanya berbeda dengan nasi goreng asal Indonesia.

Dalam Khao Pad Poo terdapat berbagai warna yang asalnya dari bahan makanan. Seperti potongan timun, parika merah, paprika hijau, paprika kuning, dan cabai.

Tampilan seperti itu menjadi sangat menarik saat tersaji dalam piring. Pada umumnya, kuliner ini lengkap dengan saus khas Thailand dari Nam Pla atau saus ikan.

Serangga Goreng

Makanan Khas Thailand

Thailand juga mempunyai kuliner ekstrim dan tidak lazim yaitu serangga goreng. Makanan khas Thailand satu ini dapat anda temui melalui kuliner pinggir jalan atau bisa anda pesan saat pesta. Walaupun terlihat aneh dan tak lazim, serangga goreng mempunyai kandungan protein dan kaya akan gizi.

Cara mengolahnya pun dengan merendam terlebih dahulu serangga dalam air garam beserta bumbu lainnya. Selanjutnya, makanan khas Thailand ini akan digoreng hingga renyah. Terdapat beberapa varian serangga goreng yang bisa anda cicipi, seperti Non Pai atau ulat bambu, Tak Ga Tan atau belalang, hingga Maengda atau serangga air. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara