Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar yang Tepat

Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar yang Tepat
Ilustrasi Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar. Foto: Ist/Net

Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar terbukti ampuh mengatasinya. Ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengatasinya.

Persalinan memang tidak selalu bisa terjadi dengan mudah sesuai yang diinginkan. Bahkan saat ini banyak sekali ibu hamil yang melalui persalinan dengan operasi caesar.

Banyak alasan mengapa hal tersebut perlu dilakukan. Ketika sudah melakukan operasi, anda tidak bisa konsumsi makanan sembarangan.

Sebab, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi, bahkan justru dilarang. Memenuhi nutrisi secara optimal setelah melakukan operasi caesar memberikan kemudahan dalam pemulihan.

Sebab operasi yang satu ini memerlukan beberapa waktu pemulihan dengan baik. Ada banyak makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang bisa membantu anda.

Hal ini perlu anda perhatikan agar proses penyembuhan dan memberikan energi kembali. Tidak hanya itu saja, pasca operasi makanan tersebut harus menyesuaikan dengan pencernaan.

Hal tersebut perlu anda lakukan agar pencernaan bisa nyaman dan tidak kembung. Maka dari itu, bagi anda yang telah melakukan operasi, perhatikan makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Obat Luka Bakar Alami Tradisional yang Terbukti Ampuh

Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, tentu pemulihan bisa berjalan dengan cepat. Anda pun tidak akan merasa kesakitan dan mengurangi resiko ketidaknyamanan.

Rekomendasi Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Operasi caesar merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh ibu hamil yang tidak bisa melahirkan normal. Ketika melakukan operasi tersebut, biasanya akan meninggalkan bekas luka yang sulit sembuh.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan luka tersebut. Sehingga luka akan mudah kering dan membuat bekas tersamarkan.

Saat pemulihan proses operasi, tentu harus banyak nutrisi yang diserap tubuh. Begitu juga dengan penyembuhan luka operasi caesar.

Selain memberikan energi bagi tubuh, konsumsi makanan yang tepat juga bisa mempercepat proses pemulihan. Selain itu, istirahat dengan cukup juga perlu anda lakukan.

Sebaiknya jaga pola makan setelah operasi makan yang mengandung kaya nutrisi. Bagi anda yang masih belum tahu makanan pencepat pemulihan luka, anda berada di tempat yang tepat.

Operasi caesar memiliki sayatan mencapai 10-20cm. Maka dari itu, proses pemulihan pun cukup lama. Agar proses tersebut bisa lebih cepat, maka gunakan tips berikut ini.

Baca Juga : Makanan Pantangan Penyakit Ambeien dan yang Dianjurkan

Dengan konsumsi makanan berikut, luka caesar bisa pulih dengan cepat. Adapun rekomendasi jenis makanan tersebut antara lain:

1. Telur

Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang pertama yaitu telur. Telur memiliki kadar protein tinggi dan cocok untuk anda yang usai operasi.

Telur memiliki kandungan protein sebanyak 6 gram pada setiap butirnya. Selain itu, jenis makanan yang satu ini juga memiliki kandungan lain. Antara lain vitamin A, B12, zat besi, dan selenium.

Semua itu bisa membantu memperkuat sistem imun dan mempercepat luka sembuh. Selain itu, protein tersebut juga merangsang tumbuhnya sel baru.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Ada makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar lainnya yaitu sayuran berdaun hijau. Anda bisa konsumsi makanan seperti bayam atau arugula yang mampu meredakan peradangan.

Selain itu, dengan konsumsi makanan itu juga memperkuat sistem imun dan mampu menyembuhkan luka. Adanya kandungan vitamin C terbukti dapat membantu tubuh mempercepat proses penyembuhan operasi caesar.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Anak Tak Harus Mahal dan Mewah, Ini Menunya!

Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung mangan, magnesium, folat, dan provitamin A. Kandungan tersebut untuk menjaga sistem imun dan kesehatan tubuh.

3. Daging Organ

Daging organ adalah makanan dengan nutrisi tinggi yang membantu proses pemulihan luka operasi. Ada banyak kandungan dalam makanan tersebut, antara lain vitamin A, zinc, vitamin B, dan tembaga.

Semua nutrisi tersebut tersebut membantu memproduksi kolagen dan jaringan ikat. Jeroan menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

4. Daging Ayam

Ada banyak kandungan yang terdapat pada daging ayam. Glutamine dan arginine merupakan dua asam amino yang penting bagi tubuh ibu untuk proses pemulihan.

Tidak hanya itu saja, kandungan tersebut juga membantu melindungi sel tubuh dan merangsang produksi kolagen. Sehingga bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Dengan konsumsi makanan mempercepat penyembuhan luka pasca caesar, anda bisa lebih nyaman. Selain itu, nutrisi dalam tubuh pun bisa terpenuhi. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah