Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Stroke yang Wajib Anda Batasi dan Jauhi

Makanan Penyebab Stroke yang Wajib Anda Batasi dan Jauhi

Makanan penyebab stroke umumnya memiliki rasa yang enak dan sangat menggiurkan. Seperti daging, minuman manis, dan lainnya. Namun jika tidak waspada, kenikmatan bisa berujung bahaya sehingga perlu kita batasi.

Stroke, menurut Wikipedia, merupakan kondisi medis yang terjadi karena terganggunya fungsi otak akibat suplai atau aliran darah yang tidak lancar. Tidak tercukupinya kebutuhan otak terhadap darah inilah yang memicu stroke.

Kondisi ini terjadi karena rusak atau matinya sel-sel otak. Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab stroke. Seperti penyumbatan pada pembuluh darah, iskemia atau berkurangnya aliran darah, maupun karena terjadinya pendarahan dalam otak.

Berbagai kondisi yang bisa memicu atau menyebabkan stroke bisa berasal dari banyak faktor. Salah satunya adalah dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Karena itu sangat penting memilih dan menjauhi makanan penyebab stroke.

Makanan Penyebab Stroke yang Wajib Anda Jauhi

Penyakit stroke termasuk penyebab kematian yang utama selain jantung. Namun gangguan pada pembuluh darah juga bisa memicu terganggunya fungsi jantung. Sehingga mencegah pemicu stroke sangat berguna untuk menjaga fungsi jantung.

Nah, berikut ini berbagai jenis makanan yang bisa memicu penyakit stroke yang wajib tahu. Dengan mengenalnya Anda bisa menjauhi atau setidaknya membatasi asupannya agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Makanan Tinggi Kolesterol

Yang tak kalah penting saat mengonsumsi daging adalah membuang bagian lemaknya. Begitu juga dengan jeroan hewan, seperti ati, usus, dan lainnya yang tinggi kadar kolesterolnya. Ini termasuk makanan penyebab stroke yang wajib Anda hindari.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol antara lain sea food, telur puyuh, keju, mentega, minyak kelapa, dan susu tinggi lemak. Untuk jenis sea food tidak termasuk ikan laut yang justru kaya omega 3 yang baik untuk otak.

Kolesterol tinggi akan menyebabkan darah menjadi kehitaman yang pekat. Hal ini dapat menghambat alirannya yang menuju ke otak. Bahkan jantung pun akan terganggu jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

Daging Merah dan Sapi

Mengonsumsi daging tentunya merupakan harapan setiap orang. Tak jarang orang mempersepsikan makan daging dengan tingkat kemakmuran seseorang. Hal ini karena harga daging yang mahal, berbeda dengan tempe atau sayuran yang jauh lebih murah.

Padahal tahukah Anda daging, khususnya daging merah termasuk jenis makanan penyebab stroke yang harus Anda hindari. Meskipun masih banyak yang pro dan kontra, namun membatasi asupan daging lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Penyebab Penyakit Stroke, Gejala, Jenis, Pencegahan dan Terapinya

Sejumlah riset menemukan bahwa konsumsi daging merah lebih dari dua porsi bisa memicu dan meningkatkan risiko terkena stroke. Makan daging dua kali dalam sehari juga meningkatkan risiko ini, khususnya untuk wanita.

Makanan Manis dan Asin

Kadar gula dalam makanan atau minuman yang terlalu tinggi sebaiknya juga perlu Anda hindari. Meskipun rasanya yang manis dan enak, namun jika kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi juga bisa memicu berbagai penyakit.

Selain bisa memicu terjadinya stroke, makanan manis juga bisa menyebabkan gula darah atau diabetes. Penyakit ini juga termasuk penyebab utama kasus kematian yang banyak terjadi.

Baca juga: Penyebab Stroke Usia Muda, Ketahui Cara Mencegahnya

Hal yang buruk juga terdapat pada makanan asin. Kandungan garam yang tinggi yang terus menerus masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan stroke. Makanan tinggi garam akan menyebabkan hipertensi yang memicu stroke.

Soda dan Makanan Kalengan

Produk kalengan juga termasuk jenis makanan penyebab stroke yang sebaiknya Anda hindari. Kehidupan yang semakin praktis memang mendorong banyak rang yang tak ingin repot. Hal inilah yang membuat produk kalengan begitu laris.

Saat ini ada banyak sekali jenis makanan kaleng yang siap saji. Dari ikan sarden kaleng, daging kaleng, hingga buah-buahan dalam kalengan. Begitu juga dengan beragam minuman kaleng yang telah menjadi gaya hidup modern.

Produk makanan kaleng tak hanya mengandung bahan pengawet, namun juga rendah gizi dan kaya kolesterol. Begitu juga minuman kaleng bersoda tidak baik untuk tubuh. Minuman soda termasuk jenis minuman jahat yang bisa memicu stroke.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab stroke yang wajib Anda jauhi. Selain itu makanan junk food seperti burger dan lainnya sebaiknya juga Anda batasi konsumsinya karena juga bisa menyebabkan terjadinya stroke. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -