Manfaat Biji Labu Bagi Kesehatan Jantung dan Mengontrol Gula Darah

manfaat biji labu
Sejuta manfaat biji labu untuk kesehatan. Foto:Ist/Net

Manfaat biji labu bagi kesehatan tak kalah dengan buahnya. Biji labu juga kaya dengan nutrisi maupun senyawa lain yang penting untuk tubuh. Mengonsumsinya baik untuk kesehatan jantung, mengontrol gula darah, hingga tidur lebih nyenyak.

Tanaman labu tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita masyarakat Indonesia. Labu ini sering kita gunakan untuk mendampingi aneka sup, sayur atau sayur lodeh yang sangat terkenal bagi masyarakat kita.

Labu merupakan jenis buah dari suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang cukup populer. Buah yang berbentuk bulat agak besar ini sering menjadi bahan penting masakan yang enak.

Baca Juga: Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Jantung dan Batu Ginjal

Labu tak hanya bisa kita manfaatkan buahnya saja, tetapi juga bagian tanaman lainnya. Baik batang, daun, bahkan bijinya. Mungkin untuk buah dan batang labu sudah banyak orang yang mengetahui khasiatnya. Lalu bagaimana dengan bijinya?

Manfaat Biji Labu Bagi Kesehatan

Ternyata ada banyak sekali manfaat biji labu bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena kandungannya yang cukup beragam. Seperti karbohidrat, protein, serat, dan lemak.

Biji buah sayuran ini juga kaya vitamin K, magnesium, fosfor, zat besi, tembaga, dan seng. Bahkan biji labu sering diolah menjadi kuaci karena kandungan anti oksidannya yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Dari bijinya ada banyak sekali khasiat yang bisa kita temukan. Buat Anda yang ingin tahu apa saja khasiat biji buah labu bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat biji labu sangat baik untuk mencegah masalah jantung. Gangguan jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan penyebab utama kematian di dunia.

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Fungsi utamanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Terganggunya jantung akan menyebabkan fungsi dan kinerjanya untuk memompa darah juga tidak akan maksimal.

Kondisi ini tentunya akan membuat terganggunya suplai darah ke seluruh bagian tubuh. Karena itu penyakit jantung akan menyebabkan komplikasi dan memicu berbagai penyakit pada organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Jantung, Tulang, dan Kulit

Untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan biji buah labu. Caranya cukup sederhana. Anda tinggal membuat ramuan herbal dari biji ini kemudian mengonsumsinya secara rutin.

Baik untuk Usus dan Diet

Manfaat biji labu juga karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kandungan ini tentunya sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi berbagai gangguan perut. Seperti diare, sembelit, atau BAB.

Untuk Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, biji labu baik masuk dalam menu diet sehat Anda. Apalagi perut lapar sering mendorong untuk ngemil dan Anda bisa memilih biji buah ini.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Salah satu fungsi dari organ hati adalah untuk membentuk sel darah merah. Semua organ dalam tubuh sangat membutuhkan sel-sel darah merah yang memuat nutrisi dan oksigen.

Salah satu manfaat biji labu adalah untuk membantu pembentukan sel darah merah. Supaya peran organ hati ini maksimal dalam menghasilkan sel darah merah Anda dapat membantunya dengan mengonsumsi biji buah labu secara rutin.

Mengontrol Gula Darah

Dalam biji labu terdapat kandungan yang dapat digunakan dalam mencegah maupun mengatasi masalah penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat kadar gula yang berlebihan dalam darah.

Kondisi ini sebenarnya dapat terjadi karena beberapa faktor. Baik karena pengaruh genetik. Salah satu cara mengatasi atau menurunkan risiko penyakit ini adalah dengan konsumsi biji buah labu secara rutin.

Biji labu mengandung mineral magnesium yang cukup tinggi. Sejumlah penelitian juga menemukan konsumsi bubuk biji buah ini dalam diet penderita diabetes mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam kadar gula darahnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat biji labu juga dari kandungan asam amino dan triptofan yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh menjadi segar saat bangun pagi.

Untuk itu Anda bisa mengonsumsi sekitar 200 gram biji labu yang bisa Anda olah dengan berbagai cara. Termasuk dengan merebus biji buah ini dan meminum air rebusannya.

Demikian beberapa manfaat biji labu bagi kesehatan tubuh yang sangat penting. Dengan kandungannya yang cukup banyak dan beragam tentunya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu