Manfaat Buah Manggis yang Baik untuk Diet, Anti Kanker dan Radang

manfaat buah manggis
ejuta manfaat buah manggis untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat buah manggis ternyata sangat besar bagi kesehatan tubuh. Hal itu karena besarnya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini. Buah manggis baik untuk mencegah radang sendi, gula darah, dan baik untuk diet.

Manggis (Garcinia mangostana L.), menurut Wikipdia, juga populer dengan predikat sebutan “ratu buah”. Jika durian terkenal sebagai “raja buah”, maka sang ratunya adalah buah manggis. Kenapa buah ini begitu istimewa?

Selain rasanya yang manis dengan tekstur lembut yang sangat enak, tubuh kita juga akan mendapatkan asupan nutrisi yang sangat penting.

Terdapat beragam kandungan nutrisi dalam buah khas tropika yang berasal dari Semenanjung Malaya ini. Seperti vitamin C, vitamin B2, magnesium, folat, serta xanthones.

Kandungan buah manggis juga bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang penting untuk mengatasi berbagai penyakit. Asal Anda tahu, kadar antioksidan buah ini merupakan yang tertinggi di dunia.

Baca Juga: Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Malaria

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi dalam buah manggis sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi ini terbukti efektif dalam menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, termasuk mencegah penyakit kanker.

Untuk lebih detailnya, berikut beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih merupakan masalah yang umum terjadi dalam masyarakat. Pola hidup dan pola makan yang tidak teratur menjadi pemicunya. Untuk menurunkan berat badan secara alami, sebaiknya Anda mengonsumsi buah manggis secara teratur. 

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menemukan kalau orang yang mengonsumsi jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang jauh lebih rendah.

Penyebabnya tidak lain karena kandungan manggis bersifat anti peradangan. Nutrisi ini membantu meningkatkan metabolisme lemak, sehingga kenaikan berat badan bisa kita cegah.

Meskipun manfaat buah manggis sangat besar bagi kesehatan dan terbukti efektif dalam menurunkan berat badan, bukan berarti Anda hanya mengonsumsi buah manggis saja setiap hari tanpa makanan yang lainnya.

Sebab ketika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda juga butuh untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, cukup beristirahat, serta berolahraga setiap hari secara teratur.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi buah manggis juga terbukti memberikan manfaat positif dalam mengendalikan kadar gula darah. Penyebabnya tidak lain karena serat yang terkandung dalam buah ini mampu membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Selain kandungan seratnya, kandungan xanthones pada buah manggis juga terbukti efektif dalam membantu menstabilkan kadar gula darah. Hanya saja untuk manfaat yang satu ini perlu penelitian yang lebih lanjut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah manggis lainnya bagi kesehatan tubuh adalah membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Hal tersebut berkat kandungan serat, vitamin C, mineral, maupun xanthones yang terdapat di dalam buah ini.

Selain itu, senyawa yang bersifat antibakteri pada buah manggis juga  penting untuk membantu sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih mampu dalam melawan infeksi.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Waspada Efek Sampingnya

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker termasuk penyakit paling ganas dan paling banyak mengakibatkan kematian pada zaman modern sekarang ini. Butuh penanganan yang tepat dan biaya yang tidak sedikit untuk mengobatinya.

Ada beberapa pengobatan alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakit ini. Salah satunya adalah dengan manfaat buah manggis dan mengonsumsinya secara rutin.

Hasil penelitian membuktikan kalau kandungan zat xanthones yang bersifat antioksidan dan anti inflamasi pada buah manggis sangat efektif dalam melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker pada payudara, perut, maupun paru-paru.

Meredakan Radang Sendi

Manggis termasuk salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C tersebut dipercaya mampu mengatasi radang sendi.

Begitu juga kandungan zat anti radang yang terdapat pada buah ini juga efektif membantu meredakan gangguan sendi. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengonsumsi buah tersebut secara turin untuk meredakan nyeri.

Itulah berbagai manfaat buah manggis dengan kandungannya yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jangan mengandalkan buah ini ketika mengalami gangguan kesehatan. Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk penanganan medis yang tepat. (R11/HR Online)

Editor: Jujang