Manfaat Daun Ciplukan Redakan Bronkitis, Sariawan dan Bisul

manfaat daun ciplukan
Segudang manfaat daun ciplukan untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat daun ciplukan selama ini mungkin lebih sering untuk mainan anak-anak. Padahal khasiat daun ciplukan sangat besar untuk mengatasi berbagai penyakit. Bahkan masyarakat kita telah menggunakan herbal ini untuk pengobatan tradisional.

Banyak orang yang belum tahu bahwa beberapa tanaman liar yang terkadang tumbuh pada tempat-tempat tertentu di sekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat. Khasiat tumbuhan ini bahkan tidak kalah besar dari tanaman herbal lainnya.

Daun ciplukan merupakan salah satunya. Tanaman liar satu ini merupakan tumbuhan semak yang biasanya tumbuh di sekitar selokan, rawa-rawa, kebun, ataupun pinggir sungai.

Pada dasarnya, tanaman ciplukan sudah dimanfaatkan orang sejak dulu sebagai salah satu obat herbal. Bukan hanya buahnya, namun hampir semua bagian tumbuhan ini memiliki kegunaan untuk manusia.

Tumbuhan ciplukan memiliki buah yang unik sebab tempatnya berada dalam cangkang dari daun. Karena manfaat daun ciplukan yang baik bagi kesehatan, kini tak sedikit orang yang sengaja menanam dan mengembangbiakkannya di halaman rumah mereka.

Sejuta Manfaat Daun Ciplukan Bagi Kesehatan

Bagian daun hingga akar dari tanaman ini dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal. Akar dan batang tanaman ini mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan bagian bijinya mengandung elaidic acid.

Untuk bagian daun ciplukan ini memiliki kandungan polifenol dan asam klorogenat. Juga terdapat vitamin C, asam sitrun, dan kandungan lainnya yang berguna bagi kesehatan manusia.

Agar dapat mengenal lebih dalam mengenai tanaman kaya manfaat ini, berikut adalah beberapa manfaat daun ciplukan bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Mengobati Diabetes Melitus

Selain memiliki flavonoid, khususnya bagian akar dan batang tanaman ini juga mengandung saponin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Cara membuatnya juga dengan merebus bagian akar dan batang yang telah kering sebanyak 10 gram dalam 400 ml air. Setelah mendidih dan agak hangat lalu saring dan minum rebusan herbal ini dua kali sehari.

Menyembuhkan Bronkitis

Manfaat daun ciplukan selanjutnya yakni dapat mengobati penyakit bronkitis. Bronkitis pada dasarnya dapat kita kenali dari gejala batuk kering pada awalnya yang berlanjut menjadi batuk berdahak, dada terasa sesak, demam, dan bersin-bersin.

Untuk itu, mengonsumsi bagian dari tanaman ciplukan ini bisa membantu mengatasi munculnya gejala-gejala tersebut.

Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus semua bagian tanaman ini. Baik bagian akar, batang, dan daunnya hingga mendidih. Setelah itu dinginkan dan saring sebelum kita konsumsi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun ciplukan juga efektif untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi. Meskipun bukan merupakan penyakit menular, jenis penyakit ini bisa sangat berisiko bagi tubuh. Terlebih jika terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya.

Penanganan sejak dini sangat penting bagi orang yang memiliki penyakit tersebut. Kita bisa menggunakan bagian akar, batang, dan daunnya. Ketiga bagian tanaman ini mengandung flavonoid dan fitokimia yang berdasarkan riset dapat mengontrol tekanan darah.

Cara kerjanya yakni dengan merebus bagian akar, batang, dan daun ciplukan yang telah dikeringkan. Masukkan 5 gram saja dalam air rebusan 110 ml selama 5-10 menit. Setelah mendidih lalu saring dan minum air rebusannya.

Mengobati Bisul

Selain mengonsumsi dalam bentuk buah dan air rebusan, manfaat daun ciplukan juga dapat kita gunakan sebagai obat luar. Daun tanaman ini dipercaya mampu mengobati penyakit bisul.

Anda dapat mencampur dan meremas-remas satu genggam daun ciplukan, satu sendok adas pulasari, satu lembar daun sirih, dan garam. Kemudian campuran tersebut langsung kita oleskan pada bagian luka bisul.

Mengatasi Sariawan dan Gusi Berdarah

Karena kaya akan kandungan vitamin C, buah tanaman ciplukan dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati sariawan, dan gusi berdarah.

Untuk caranya yakni dengan mengonsumsi langsung buahnya beberapa kali setiap hari. Sambil mengunyah, biarkan buah ini mengenai bagian mulut yang sakit agar cepat reaksinya.

Itulah berbagai manfaat daun ciplukan untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti bronkitis, sariawan, dan bisul. Hampir semua bagian tumbuhan herbal ini memiliki khasiat sehingga juga bisa kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh.