Manfaat Daun Jarak sebagai Obat Luka, Sakit Gigi dan Rematik

manfaat daun jarak
Segudang manfaat daun jarak untuk atasi penyakit. Foto: Ist/Net

Manfaat daun jarak untuk kesehatan sebenarnya telah lama menjadi bagian dari pengobatan tradisional. Bijinya menghasilkan minyak jarak yang penting untuk dunia farmasi. Daun jarak juga berguna untuk meredakan berbagai penyakit.

Jarak (Ricinus communis), menurut Wikipedia, merupakan jenis tanaman liar tahunan yang memiliki habitat asli dalam kawasan hutan dan sekitar pantai. Namun tanaman ini juga bayak tumbuh liar di sekitar pemukiman yang kosong.

Tumbuhan yang masuk dalam keluarga Euphorbiaceae ini populer bagi industri farmasi karena hasil minyak jarak dari bijinya yang banyak manfaatnya. Masyarakat kita juga lama menggunakannya dalam pengobatan tradisional.

Selain bijinya, daun jarak juga mengandung banyak nutrisi dan fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Karena itu masyarakat juga menggunakannya sebagai herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Segudang Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

Manfaat daun jarak terutama dari kandungannya. Bahkan kandungan fitofarmaka-nya bersifat laktogogue dan emmenagogue yang efektif untuk meredakan beberapa gangguan kesehatan.

Daun jarak merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak dikonsumsi sebagai obat-obatan. Daun jarak terkenal sebagai herbal yang dapat mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita.

Jika Anda ingin mengetahui manfaat apa saja yang ada dari daun jarak ini, simak ulasannya berikut ini.

Meredakan Sakit Gigi

Daun jarak termasuk tanaman yang berkhasiat mengobati sakit gigi. Kandungan fitofarmaka dengan nama alkaloid yang terdapat pada getah daun jarak mampu meredakan sakit gigi secara efektif.

Pengobatan dengan manfaat daun jarak ini terbilang mudah. Caranya adalah dengan meneteskan getah daun jarak sebanyak 1 atau 2 tetes ke gigi yang sakit. Setelah itu tutup dengan kapas.

Meredakan Sariawan

Manfaat selanjutnya yang bisa kita peroleh dari daun jarak adalah untuk meredakan sariawan. Seperti untuk sakit gigi, getah daun jarak juga efektif menyembuhkan sariawan.

Untuk cara meredakan sariawan adalah dengan mengambil getah daun jarak dan mengoleskannya ke bagian mulut yang terkena sariawan.

Sebagai Obat Luka

Manfaat daun jarak yang tak kalah pentingnya adalah sebagai obat luka. Daun herbal ini merupakan tanaman yang kaya dengan senyawa anti bakteri yang ampuh mengobati luka pada kulit. Khususnya luka akibat infeksi bakteri.

Mengobati luka dengan menggunakan dauk jarak dapat kita lakukan dengan cara mengoleskan getah daun jarak pada area kulit yang terluka. Pengobatan ini dapat diulang beberapa kali hingga luka mengering dan membaik.

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Menstabilkan kadar gula darah merupakan salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun jarak. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang menderita diabetes. Mengonsumsi daun ini dapat mencegah kadar gula darah naik.

Untuk cara mengonsumsinya Anda tinggal merebus daun jarak hingga matang. Kemudian saring dan minum air rebusan tersebut. Lakukan secara berkala untuk menstabilkan kadar gula darah Anda.

Meredakan Demam Bayi

Manfaat daun jarak juga ampuh meredakan demam pada bayi. Tidak sedikit para ibu yang menggunakan daun jarak untuk mengatasi demam pada si kecil. Ini merupakan pengobatan tradisional yang bersifat turun temurun.

Untuk melakukannya, siapkan tiga lembar daun jarak lalu cuci menggunakan air hingga bersih. Kemudian oleskan sedikit minyak kayu putih pada daun jarak dan panaskan di atas api sekitar 2 menit secara merata.

Setelah itu letakkan atau tempelkan lembaran daun tersebut pada perut bayi seperti mengompres. Dengan cara ini demam pada bayi akan mereda setelah beberapa lama.

Mengobati Rematik

Manfaat daun jarak selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Rematik merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan nyeri akibat peradangan dan pembengkakan pada otot atau persendian.

Penyakit ini terjadi karena kesalahan pada sistem imun seseorang yang menyerang sinovium yang melapisi persendian dalam tubuh. Sehingga sinovium tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan sekitar persendian.

Karena itu solusi untuk mengatasi atau mengobati rematik adalah dengan mengonsumsi daun jarak. Cara pengobatannya Anda perlu menyiapkan sekitar tujuh lembar daun jarak. Haluskan dan tuangkan air hangat secukupnya lalu aduk hingga terbentuk ramuan.

Setelah tercampur lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Agar rasa sakit semakin berkurang sebaiknya lakukan pengobatan ini sekitar tiga kali sehari.

Itulah beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan tubuh. Jika Anda kesulitan menemukan daun ini, Anda bisa mencarinya ke pasar tradisional atau toko herbal. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara