Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit

Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit
Ilustrasi manfaat daun kacapiring. Foto: Ist/Net

Manfaat daun kacapiring ternyata cukup banyak untuk kesehatan. Tumbuhan ini dipercaya bisa untuk obat herbal, bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tumbuhan kacapiring berasal dari negara Cina dan Jepang. Namun, saat ini tanaman ini sudah banyak ditemui di Indonesia, bahkan area sekitar rumah anda mungkin juga ada.

Kacapiring termasuk tanaman hias yang biasa ada pada halaman rumah. Tanaman ini tumbuh dengan besar batang kurang lebih satu meter, daun berbentuk lonjong dan mengkilap.

Kacapiring memiliki bunga berwarna putih dengan bentuk seperti bunga mawar bertajuk melingkar. Kacapiring atau Gardenia augusta masuk dalam perdu tahunan dari suku kopi-kopian.

Bunganya yang putih dan berbau wangi ini hanya bisa anda temui pada saat-saat tertentu. Buah dari tumbuhan ini berwarna kuning dengan kelopak yang masih menempel berbentuk oval.

Bahkan meski sudah matang, buah tersebut tidak akan retak sampai mengering. Meski terlihat seperti tanaman hias, namun manfaat daun kacapiring cukup beragam.

Anda bisa mencoba mengkonsumsinya dengan cara yang tepat. Bahkan di Denpasar, Bali, tumbuhan ini menjadi maskot kota tersebut yang justru sebagai ramuan pembuatan minyak wangi.

Baca Juga : Herbal untuk Asam Urat, Alternatif Pengobatan Alami yang Efektif

Jika anda lihat secara luas, bunga tersebut banyak dimanfaatkan di berbagai daerah. Ada berbagai khasiat dari tanaman ini yang bisa menyembuhkan jenis-jenis penyakit tertentu.

Beragam Manfaat Daun Kacapiring untuk Kesehatan

Kacapiring adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan, baik untuk kesehatan atau sebagai ramuan minyak wangi. Tumbuhan ini memiliki banyak cabang, ranting, dan dengan daun yang lebat.

Pada umumnya, tanaman ini masyarakat manfaatkan sebagai pagar hijau karena bunganya memiliki aroma yang sangat wangi. Tanaman ini juga cukup mudah berkembang biak.

Baik untuk tempat yang dingin maupun panas. Namun, untuk berbagai negara, kacapiring juga bermanfaat untuk beragam hal. Contohnya Cina memanfaatkannya sebagai penambah aroma teh.

Sedangkan Jepang, kacapiring untuk pewarna alami pada makanan dan tekstil. Kacapiring juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Jika anda ketahui lebih lua,s banyak manfaat yang berasal dari tumbuhan ini, antara lain:

1. Mengatasi Diabetes Melitus

Manfaat daun kacapiring yang pertama yaitu bisa mengatasi penyakit diabetes melitus. Dengan ramuan daun tumbuhan tersebut, ternyata mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Baca Juga : Obat Liver Herbal Alami yang Ampuh Meredakan Peradangan Hati

Cara untuk membuat ramuan tersebut yaitu siapkan 12 lembar daun kacapiring segar. Rebus dengan air 0,5 liter hingga mendidih. Saring dan tiriskan air rebusan tersebut. Minum ramuan daun kacapiring sebanyak satu gelas per hari secara rutin.

2. Melancarkan Pencernaan

Terkadang sebagian besar orang sering mengalami yang namanya masalah pada pencernaan. Kesulitan dalam BAB ini memang cukup menyakitkan.

Anda bisa mengatasinya dengan ramuan herbal dari tumbuhan hias kacapiring. Tidak hanya manfaat daun kacapiring saja yang bisa mengatasi masalah kesehatan.

Kini anda juga bisa untuk mengatasi kesulitan BAB dengan bijinya. Rebus biji kacapiring dengan 0,5 liter air dan minum satu gelas per hari.

Namun, bagi anda yang sedang diare, ada larangan untuk mengkonsumsinya. Hindari cara ini karena hanya untuk anda yang kesulitan buang air besar.

Baca Juga : Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Cara Pengobatannya Secara Alami

3. Sariawan

Pengobatan dengan tumbuhan herbal ini juga bisa berguna untuk mengatasi sariawan. Cara membuat ramuannya cukup remas-remas 9 lembar daun dengan tambahan 1 cangkir air.

Saring air rebusan tersebut, campur dengan madu dan gula aren, aduk hingga rata. Minum air ramuan tersebut berulang sehari dua kali untuk dapatkan manfaat daun kacapiring.

4. Mengobati Demam

Banyak manfaat daun kaca piring untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan daun tumbuhan ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi demam.

Buat ramuan dengan merebus daun sebanyak 7 lembar dan 1 potong gula batu. Remas-remas dan tambahkan satu gelas air lalu anda saring.

Campur dengan gula batu serta aduk rata. Anda pun bisa minum ramuan tersebut. Dengan minum secara rutin, demam akan turun dan bisa segera sembuh.

Mengatasi berbagai penyakit tidak hanya dengan pengobatan medis saja. Sebenarnya ada beberapa tumbuhan yang bisa anda gunakan sebagai obat herbal.

Seperti halnya dengan tumbuhan kacapiring untuk mengatasi berbagai penyakit. Caranya mudah cukup dengan merebus daunnya saja, manfaat daun kacapiring pun bisa anda rasakan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah