Manfaat Daun Klorofil untuk Membuat Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

manfaat daun klorofil
Sejuta manfaat daun klorofil untuk tubuh. Foto: Ist/Net

Manfaat daun klorofil tak hanya baik untuk manusia, namun juga vital untuk hewan dan makhluk hidup lainnya. Klorofil merupakan kandungan yang memberikan warna hijau pada tanaman. Ada banyak nutrisi penting dalam daun tumbuhan ini.

Klorofil (chlorophyll), mengutip dari Wikipedia, merupakan pigmen yang terdapat dalam semua jenis organisme. Untuk tanaman, klorofil merupakan zat hijau yang memberikan warna pada daunnya. Namun pigmen ini juga terdapat pada alga dan rumput laut.

Dalam proses kehidupan, klorofil berperan sangat penting. Dengan bantuan cahaya matahari, pigmen hijau ini menjadi bahan utama untuk proses fotosistesis. Dengan proses ini tumbuhan dan organisme bisa membuat makanannya sendiri.

Secara umum kandungan penting yang ada dalam klorofil ialah vitamin dan juga antioksidan. Kandungan klorofil ini dapat kita temukan secara mudah pada kehidupan sehari-hari, khususnya pada sayuran berwarna hijau.

Manfaat daun klorofil tak hanya untuk hewan saja, namun juga memiliki keutamaan yang tak kalah pentingnya untuk tubuh manusia. Terdapat banyak khasiat pigmen hijau ini yang dapat kita rasakan apabila rutin mengonsumsinya.

Manfaat Daun Klorofil untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini telah banyak orang yang menjual suplemen klorofil sehingga kita bisa mengonsumsinya secara mudah sesuai dosisnya. Namun tetap saja manfaat dari daun klorofil ini akan lebih baik jika kita dapatkan dari bahan-bahan alami.

Lantas apa saja kegunaan zat hijau daun itu untuk tubuh? Nah, berikut ini berbagai manfaat daun klorofil untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu. Termasuk untuk menjaga kecantikan wajah.

Menurunkan Berat Badan

Khasiat dari daun klorofil yang paling populer adalah untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan senyawa yang terdapat dalam daun ini yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Cara praktis memanfaatkan daun klorofil adalah dengan mengonsumsi sayuran berhijau daun yang banyak mengandung klorofil. Apalagi sayuran alami ini juga kaya serat yang tentunya baik melancarkan program diet.

Mengontrol Gula Darah

Magnesium yang terdapat pada daun klorofil memiliki manfaat yang mampu mengontrol kadar glukosa darah pada tubuh. Khususnya bagi orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 2, magnesium akan sangat bermanfaat.

Memperlambat Proses Penuaan

Manfaat daun klorofil juga karena kaya dengan kandungan zat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya, zat antioksidan ini dapat memperlambat proses penuaan dini dan juga melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Membantu Menyembuhkan Luka

Klorofil juga berguna dalam membantu menyembuhkan luka pada tubuh. Kandungan zat dalam daun ini efektif dalam mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka.

Bahkan untuk Anda yang memiliki jerawat juga bisa menggunakan daun hijau ini untuk mengatasinya. Untuk mengusir jerawat ringan atau sedang Anda bisa membuat masker dari daun hijau ini secara rutin.

Mencegah Kanker

Menurut penelitian, manfaat daun klorofil juga berkhasiat dalam mencegah dan menangkal kanker. Bahkan riset itu tak hanya pada hewan, namun juga telah melibatkan manusia sehingga terbukti secara nyata.

Kandungan antioksidan ini tak hanya menangkal radikal bebas, namun juga efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi daun klorofil secara rutin sangat berguna untuk membantu mengatasi penyakit kanker.

Meringankan Nyeri Pankreas

Penderita penyakit pankreatitis kronis juga dapat menggunakan herbal ini untuk membantu proses pengobatan medis yang ada. Sebab daun klorofil memiliki kandungan senyawa yang dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri pada pankreas.

Meningkatkan Kualitas Sel Darah Merah

Menurut salah satu penelitian, daun klorofil juga efektif dalam meningkatkan kualitas dari sel darah merah. Meski kandungan utama klorofil bukanlah faktor utamanya, namun perpaduan dengan senyawa lain terbukti meningkatkan kualitas sel darah merah tersebut.

Detoksifikasi

Manfaat daun klorofil lainnya adalah dapat melakukan proses detoksifikasi. Proses ini terbukti cukup efektif untuk membantu membersihkan racun, baik yang terdapat dalam usus, darah, maupun lever.

Selain membersihkan racun, mengonsumsi daun klorofil juga mampu menghalau macam-macam logam berat atau limbah lainnya yang terrdapat dalam tubuh.

Meningkatkan Penyerapan Mineral Tubuh

Daun klorofil juga berkhasiat dalam membantu proses penyerapan mineral secara optimal dalam tubuh. Khususnya untuk magnesium dan kalsium ini, sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan fungsi tubuh yang lainnya.

Deodoran Alami

Baru-baru ini riset menemukan bahwa daun klorofil memiliki kandungan tertentu yang dapat menghalau bau tidak sedap pada tubuh. Sehingga herbal ini bermanfaat pula yang bisa kita gunakan sebagai deodoran alami.

Itulah beberapa manfaat daun klorofil untuk tubuh yang sangat penting. Untuk mendapatkan keutamaan dari klorofil tersebut secara alami, Anda dapat mengonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau ini. Lebih baik lagi dalam bentuk segar. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara