Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Manfaat daun lamtoro selama ini lebih banyak untuk pakan ternak. Padahal daun lamtoro kaya dengan zat besi, thiamin atau vitamin B1. Selain itu daun ini pun kaya nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menangkal penyakit.

Tanaman lamtoro (Leucaena leucocephala) populer dengan berbagai sebutan seperti lamtoro gung, kemlandingan, petai cina, atau petai selong. Orang Malaysia menyebutnya dengan nama petai belalang.

Lamtoro menghasilkan buahnya berupa petai polong dengan bentuk kecil. Petai cina ini banyak orang menggunakannya dalam pembuatan makanan tradisional botok yang enak.

Tumbuhan asal Amerika tropis ini sempat populer untuk program penghijauan dan menangkal erosi. Sedangkan daun lamtoro berbentuk kecil dan berpasangan. Daun tanaman inilah yang kaya nutrisi yang penting.

Kandungan dan Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan

Manfaat daun lamtoro untuk kesehatan terutama karena kandungan nutrisinya yang sangat beragam. Mengutip dari berbagai sumber, daun lamtoro antara lain mengandung protein, lemak baik, vitamin A, C, dan B1 atau thiamin.

Selain itu daun kemlanding ini juga kaya sejumlah mineral yang sangat penting untuk tubuh, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Berikut ini beragam khasiat daun lamtoro bagi tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Mengatasi Nyeri

Kandungan daun lamtoro juga bersifat anti radang yang berguna untuk meredakan dan mengatasi nyeri. Jika Anda mengalami peradangan atau timbul rasa nyeri bisa mengonsumsi daun herbal yang berkhasiat ini.

Mengatasi Insomnia

Salah satu manfaat daun lamtoro yang juga efektif adalah untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Kesulitan untuk beristirahat pada malam hari ini karena banyak faktor. Baik stres karena pekerjaan menumpuk maupun kondisi fisik.

Untuk mengatasinya cobalah dengan meminum air rebusan daun lamtoro. Anda juga bisa mengolah daun ini menjadi jus atau untuk masakan Anda. Makan daun ini secara rutin berguna pula membuat tidur lebih nyenyak.

Menyembuhkan Luka dan Bengkak

Jika Anda tahu anak mengalami luka cobalah menggunakan daun lamtoro untuk mengobatnya. Begitu juga saat tubuh mengalami benturan dengan benda keras sering menyebabkan bengkak.

Anda bisa menumbuk beberapa lembar daun lamtoro yang masih muda hingga halus. Setelah itu tinggal balurkan saja pada tubuh yang luka atau bengkak. Daun tanaman ini juga bersifat analgesik alami yang berguna mengobatinya.

Mengobati Cacingan

Manfaat daun lamtoro yang juga penting adalah untuk mengatasi cacingan. Tak sedikit orang tua yang bingung dengan perkembangan anaknya yang makan banyak namun tidak gemuk juga.

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan ini cobalah untuk makan daun lamtoro. Pilih saja daun yang masih muda dan Anda bisa merebusnya untuk diminum airnya. Anda juga bisa membuatnya menjadi jus.

Melancarkan Aliran Darah

Menjaga kelancaran aliran dan distribusi darah ke seluruh tubuh sangat penting. Terganggunya fungsi ini bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskuler yang berbahaya. Seperti penyakit jantung, hipertensi, hingga stroke.

Untuk menjaga kerja pembuluh darah Anda bisa memanfaatkan daun lamtoro ini. Caranya juga mudah, tinggal merebus beberapa lembar daunnya hingga mendidih dan meminum airnya. Lebih baik Anda lakukan secara teratur.

Mengatasi Disentri

Manfaat daun lamtoro lainnya yang tak kalah penting adalah untuk mengatasi penyakit disentri. Gangguan yang terjadi dalam bentuk peradangan pada usus ini tak jarang mengharuskan penderitanya menginap di rumah sakit.

Gejala disentri yang umum terjadi adalah diare dengan feses berlendir atau berdarah. Untuk mengatasi disentri Anda bisa mencoba memberikan air rebusan daun lamtoro secara teratur.

Perawatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan, tanaman yang satu ini juga baik untuk perawatan kulit wajah. Haluskan beberapa lembar daun lamtoro dan gunakan sebagai masker wajah atau tubuh. Diamkan sebentar lalu bersihkan wajah dengan air.

Baik untuk Penyakit Lain

Selain yang telah tersebut, masih ada banyak manfaat daun lamtoro lainnya. Seperti mampu meredakan peradangan pada ginjal, memperlancar menstruasi, mengobati eksim, menurunkan risiko diabetes, dan mengatasi patah tulang.

Kandungan antioksidan dalam daun lamtoro juga sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan menangkal kanker. Mengonsumsi air rebusan daun kemlanding ini juga baik untuk meredakan penyakit herpes zoster.

Itulah berbagai manfaat daun lamtoro untuk kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai gangguan serta penyakit. Saran terbaik mengonsumsi herbal ini adalah dalam bentuk segar seperti jus maupun dengan merebusnya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -