Manfaat Daun Perilla dan Bijinya Untuk Atasi Radang dan Bau Mulut

manfaat daun perilla
Segudang manfaat daun perilla untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat daun perilla memang belum populer. Namun kalangan industri telah memanfaatkan minyak perilla untuk menghasilkan berbagai produk. Herbal ini juga kaya kandungan kimia yang penting untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi berbagai penyakit.

Bagi masyarakat kita nama tanaman ini mungkin masih terasa asing. Namun bagi kebanyakan orang Korea atau penggemar kuliner Korea atau Jepang umumnya mengenal tanaman penyedap masakan ini.

Tanaman Perilla (Perilla frutescens) populer juga dengan sebutan Shiso perilla. Orang Jepang menyebutnya shiso, sedang orang Korea menyebutnya kkaennip atau ggaenip. Tumbuhan ini termasuk keluarga tanaman mint (Lamiaceae).

Tumbuhan ini biasanya diambil bagian daun dan bijinya karena mengandung banyak senyawa yang berkhasiat obat. Biji perilla banyak dibutuhkan kalangan industri untuk mengambil minyaknya.

Baca Juga: Mata Merah Muda Termasuk Gejala Utama Covid-19? Ini Kata Riset

Kalangan industri yang memanfaatkan minyak dari biji perilla antara lain untuk pembuatan resin sintetik dalam produk pernis dan cat, linoleum, dan tinta cetak. Minyak perilla juga merupakan minyak nabati untuk memasak.

Manfaat Daun Perilla dan Bijinya

Ada banyak kandungan penting dalam daun dan biji tanaman ini. Karena itu manfaat daun perilla dan bijinya menjadi bagian penting pengobatan herbal bagi masyarakat Asia, khususnya di Korea, Jepang, dan India.

Ada beragam kandungan senyawa dalam daun dan biji perilla. Seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, serat, kalsium, zat besi, beta karoten, dan asam askorbat.

Senyawa lainnya seperti asam protocatechuic, asam rosmarinic, asam caffeic, myristicin, dillapiol, limonene, quercetin, apigenin, luteolin, elemicin, perilla aldehyde, dan citral.

Yang menarik, herbal ini sangat kaya dengan kandungan asam lemak omega-3 alpha-linolenic acid (ALA). Dengan berbagai kandungan itu, berikut beragam manfaat daun perilla dan bijinya untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Obat Alami Darah Tinggi dan Pantangannya yang Wajib Anda Tahu!

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan daun herbal ini juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Menggunakan minyak perilla dalam masakan Anda bermanfaat tak hanya untuk menyedapkan makanan namun juga membuat tubuh lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun perilla juga karena kandungannya yang bersifat anti mikroba. Senyawa ini berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan meredakan gusi yang berdarah. Bahkan daun ini berkhasiat menghalau bau mulut.

Untuk menggunakannya ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa langsung mengonsumsinya sebagai lalapan. Anda juga bisa menumbuk daun herbal ini untuk Anda tempelkan pada gusi yang berdarah.

Melegakan Pernapasan

Sebagai keluarga tanaman mint, daun perilla juga berkhasiat untuk membantu melegakan tenggorokan dan saluran pernapasan. Karena itu Anda bisa menggunakan daun herbal ini untuk meredakan flu, batuk, sesak nafas, dan membersihkan paru-paru.

Mengatasi Radang dan Infeksi

Manfaat daun perilla juga berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi peradangan dan penyakit infeksi. Hal ini karena kandungan asam rosmaric maupun senyawa anti inflamasi dalam herbal ini.

Kandungan dalam daun perilla juga berkhasiat mengatasi berbagai kasus peradangan. Jika Anda mengalami radang tenggorokan cobalah mengonsumsi daun herbal ini.

Untuk menggunakannya cukup mengambil beberapa lembar daun perilla dan rebus hingga mendidih. Anda juga bisa menggunakan ekstrak herbal ini dan mengonsumsinya secara rutin.

Mengatasi Sakit Mata

Yang tak kalah menarik, manfaat daun perilla juga ampuh untuk mengatasi mata merah, mata belekan, atau iritasi pada mata. Berbagai jenis gangguan mata bisa kita atasi dengan menggunakan herbal yang satu ini.

Untuk menggunakannya Anda bisa merebus beberapa lembar daun perilla lalu cuci bersih. Setelah itu rebus bersama air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin dan disaring, gunakan airnya untuk merendam atau meneteskannya pada mata yang sakit.

Mencegah Kulit Terbakar

Manfaat daun perilla juga efektif untuk mengatasi gangguan pada kulit. Utamanya kulit yang terbakar akibat paparan radiasi sinar matahari. Kandungannya efektif untuk mengembalikan sel-sel kulit.

Baca Juga: Bukan Mistik, Ini Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh

Untuk itu Anda bisa menumbuk beberapa lembar daun perilla hingga halus. Setelah balurkan saja pada bagian tubuh yang kulitnya terbakar. Cara ini juga berguna untuk melindungi kulit layaknya tabir surya.

Itulah berbagai manfaat daun perilla bagi kesehatan tubuh. Kandungannya yang terbilang beragam dan lengkap sangat berguna untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Anda bisa mengonsumsi secara rutin namun tidak perlu berlebihan. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu