Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Jantung dan Batu Ginjal

manfaat daun sukun
Sejuta manfaat daun sukun untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat daun sukun untuk kesehatan memang tak sepopuler dengan buahnya. Namun siapa sangka jika daun sukun berkhasiat untuk tubuh. Baik untuk menjaga kesehatan jantung, meredakan batu ginjal, hingga gangguan limpa.

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan tanaman sukun yang banyak tumbuh di lingkungan sekitar. Tanaman ini memiliki buah yang lezat yang sering kita olah menjadi berbagai jenis makanan yang enak.

Sukun (Artocarpus altilis) populer juga dengan sebutan keluwih, ketimbul, atau kulur. Bentuk buahnya cukup besar seperti jeruk Bali dengan daging buahnya yang empuk. Buah inilah yang sering kita olah menjadi makanan enak.

Selama ini masyarakat kita lebih sering memanfaatkan buah pohon ini untuk makanan. Sedangkan daunnya lebih sering dijadikan sebagai pakan ternak. Ternak unggas berkaki empat seperti sapi, kerbau, atau kambing sangat menyukai pakan daun ini.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Selain buahnya yang enak, daun sukun nyatanya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa orang bahkan ada yang mengolah daun ini menjadi obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Jarak sebagai Obat Luka, Sakit Gigi dan Rematik

Untuk mengenal khasiat tanaman yang cukup populer ini, berikut beragam manfaat daun sukun untuk kesehatan yang harus Anda tahu.

Menyembuhkan Luka

Daun sukun memiliki manfaat penting untuk menyembuhkan luka. Lazimnya, daun ini memiliki berbagai kandungan yang penting untuk tubuh. Seperti senyawa alkaloid, polifenol, tanin dan flavonoid.

Anda juga dapat menemukan sifat daun sukun sebagai antioksidan, anti peradangan dan antibakteri. Tentunya dengan beragam kandungan ini penggunaan daun ini dapat mengobati luka dengan cepat.

Manfaat daun sukun bahkan telah terbukti secara ilmiah. Seperti bukti dari hasil studi yang bisa Anda dapatkan dari Majalah Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya.

Studi tersebut membuktikan bahwa daun sukun mampu mengobati luka pada orang yang telah menjalani pencabutan gigi. Orang yang menggunakan daun sukun bahkan dapat sembuh lebih cepat daripada penggunaan obat lainnya.

Mengatasi Batu Ginjal

Penyakit gagal ginjal dapat terjadi karena kemampuan ginjal dalam menyaring limbah dari darah telah berkurang atau mengalami kerusakan. Penderita ginjal harus melakukan hemodialisis yang berdampak pada rasa kelelahan hingga infeksi.

Untuk mengatasi gangguan tersebut penderita batu ginjal disarankan untuk mengonsumsi teh daun sukun. Manfaat daun sukun dalam bentuk minuman ini akan dapat mengembalikan kerja ginjal dengan lebih optimal.

Baca Juga: Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar yang Tepat

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan hal umum yang sering terjadi pada sejumlah orang. Penyakit ini biasanya akibat adanya pengerasan pembuluh darah dan gangguan kardiovaskular.

Gangguan ini terjadi terutama karena terbiasa menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Parahnya lagi, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi, dan gagal ginjal.

Untuk itu, manfaat daun sukun dapat mencegah terjadinya penyakit ini. Daun sukun bahkan dapat membantu peningkatan aliran darah. Daun ini juga dapat menghasilkan tekanan darah yang lebih normal dan terkontrol.

Khasiat tersebut dapat kita peroleh dari kandungan riboflavin, flavoid dan sirosterol dari daun ini. Kandungan ini berkhasiat meminimalisir kerusakan sistem kardiovaskular dan meningkatkan daya imun tubuh.

Mengatasi Alergi

Daun sukun juga dapat menghasilkan hormon dan enzim yang bersifat sebagai sistem anti alergi. Dalam hal ini, Anda hanya perlu minum teh daun sukun sebanyak 1 gelas dalam setiap harinya.

Tak hanya mencegah alergi, manfaat daun sukun juga dapat mengurangi reaksi alergi yang terdapat pada tubuh. Bahkan, teh daun sukun dapat membuat tubuh memperbaiki reaksi tubuh terhadap faktor alergen.

Pengobatan Pembesaran Limpa

Tubuh yang memiliki banyak kandungan racun sangat berisiko terkena pembesaran limpa. Kondisi pembesaran ini dapat terjadi karena organ limpa mulai tidak dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini, khasiat daun sukun yang hadir dalam bentuk teh dapat memproduksi antioksidan dan menciptakan aktivitas antitoksin. Minum teh herbal ini secara rutin agar hasilnya lebih efektif.

Tak hanya buahnya, manfaat daun sukun ternyata memang sangat baik untuk tubuh. Kandungannya yang kaya berkhasiat untuk meredakan berbagai penyakit. Anda dapat mengonsumsi teh daun sukun secara berkala untuk menjaga sistem imunitas tubuh. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu