Manfaat Eksfoliasi Wajah dan Caranya Untuk Cantik Tanpa Kerutan

manfaat eksfoliasi wajah
Manfaat eksfoliasi wajah untuk cantik dan muda. Foto: Ist/Net

Benarkah manfaat eksfoliasi wajah akan membuat menjadi lebih cantik tanpa adanya efek samping? Membersihkan sel kulit mati pada wajah memang penting. Namun jika caranya salah malah bisa membuat wajah terluka.

Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit wajah yang cantik, bersih dan selalu bebas dari berbagai masalah. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan wajah yang cerah dan halus.

Salah satunya adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi ini merupakan salah satu cara perawatan wajah dengan metode pengelupasan kulit. Teknik ini umum dilakukan klinik kecantikan untuk membuat wajah lebih cantik.

Baca Juga: Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami, Ampuh dan Mudah Dibuat

Berbagai Manfaat Eksfoliasi Wajah

Sampai saat ini masih banyak orang yang enggan untuk melakukan hal ini. Baik karena kesibukan maupun tak ingin ribet. Padahal ada banyak manfaat eksfoliasi wajah. Apalagi ada banyak cara yang bisa kita pilih yang tidak sulit.

Menghaluskan Kulit Wajah

Eksfoliasi memang dapat membuat kulit wajah jadi semakin halus ketika kita sentuh. Bahkan wajah Anda tak akan lagi terlihat kasar atau tebal seperti sebelumnya.

Hal ini sebenarnya terjadi karena sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit sudah terangkat. Sel-sel kulit yang telah mati inilah yang menimbulkan kesan kasar. Dengan melakukan eksfoliasi, maka sel kulit itu telah hilang.

Melawan Tanda Penuaan

Eksfoliasi juga dapat membantu dalam memerangi dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Dengan cara mengangkat sel kulit mati akan dapat membuat kulit Anda menjadi terlihat jauh lebih muda dan cerah.

Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin akan membuat sel-sel kulit mati akan terangkat dan tak akan menimbulkan garis halus pada wajah Anda.

Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat eksfoliasi wajah juga mampu membersihkan pori-pori kulit wajah yang kotor. Dengan melakukannya secara rutin juga mampu mencegah tumbuhnya jerawat.

Pada dasarnya timbulnya jerawat pada kulit wajah salah satunya akibat pori-pori wajah yang tersumbat. Dengan eksfoliasi jerawat akan lebih mudah sembuh dan tidak akan menimbulkan bekas pada wajah.

Agar Produk Kulit Terserap Sempurna

Selain itu manfaat eksfoliasi wajah juga dapat membantu penggunaan produk perawatan kulit bekerja secara lebih optimal. Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati maka kandungan dari bahan perawatan wajah akan lebih sempurna terserap.

Tidak hanya bahan pembersih wajah saja namun juga berbagai krim atau lotion kecantikan yang Anda gunakan juga akan bekerja lebih optimal. Sehingga kulit wajah akan terlihat lebih sehat sempurna.

Baca Juga: Vitamin E untuk Wajah yang Perlu Anda Ketahui Khasiatnya

Cara Eksfoliasi yang Mudah di Rumah

Untuk memiliki wajah tak harus mahal. Bahkan untuk melakukan eksfoliasi wajah Anda tak perlu ke klinik kecantikan yang harus mengeluarkan uang banyak.

Eksfoliasi tak selalu dengan produk yang mahal. Anda juga bisa menggunakan kain waslap. Alat yang biasanya kita gunakan untuk membersihkan atau memandikan bayi ini berfungsi untuk membuka pori-pori wajah .

Berikut ini beberapa cara eksfoliasi wajah yang mudah Anda lakukan sendiri di rumah. Manfaat eksfoliasi wajah yang begitu besar akan membuat wajah Anda terlihat semakin mulus dan cantik.

Berikut Cara Eksfoliasi Wajah

  1. Sebelum melakukannya sebaiknya singkapkan terlebih dahulu rambut Anda khususnya yang memiliki poni. Gunakan ikat rambut atau bando agar rambut tidak menutupi wajah saat melakukan eksfoliasi.
  2. Selanjutnya siapkan air panas dan rendam waslap ke dalamnya. Setelah itu peras hingga airnya keluar lalu tutupkan ke wajah. Diamkan sekitar 2 menit agar pori-pori menjadi terbuka sehingga proses eksfoliasi lebih mudah.
  3. Cara eksfoliasi wajah selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang biasanya Anda gunakan. Lakukan dengan gerakan memutar tanpa perlu menekan wajah.
  4. Agar manfaat eksfoliasi wajah lebih optimal gunakan produk khusus seperti scrub. Anda juga bisa menggunakan toner eksfoliasi ataupun masker tanah liat atau lumpur. Pemilihan produk ini sebaiknya Anda sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda.
  5. Pemilihan bahan menentukan cara aplikasinya. Jika menggunakan toner eksfoliasi, tuangkan toner ke kapas lalu oleskan pada wajah. Jika memakai scrub, usapkan pada wajah secara memutar. Gunakan kuas jika menggunakan masker lumpur atau tanah liat.
  6. Langkah selanjutnya adalah membilas wajah dengan air hangat. Setelah bersih diamkan sebentar lalu percikkan air dingin ke wajah. Ini berguna agar pro-pori kulit wajah kembali merapat. Kemudian keringkan wajah dengan handuk bersih dan halus.
  7. Sesudah wajah kering, Anda juga perlu mengoleskan pelembab ke wajah. Ini berlaku jika Anda ingin beraktivitas ke luar rumah. Namun jika memilih di rumah tak perlu lagi menggunakan pelembap.

Itulah beberapa langkah mudah cara eksfoliasi wajah yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan banyaknya manfaat eksfoliasi wajah penting jika Anda melakukannya secara rutin. Sehingga wajah akan lebih cerah dan cantik. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu