Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

manfaat jeruk nipis
Segudang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Foto: Ist/Net

Manfaat jeruk nipis tampaknya sebagai hadiah Tuhan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan wanita. Kandungan nutrisinya lebih banyak gunanya untuk kaum hawa. Karena itulah buah asam ini juga identik dengan wanita.

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang populer dan banyak orang yang mengonsumsinya. Jeruk nipis (Lat Citrus aurantifolia) populer pula dengan sebutan jeruk pecel.

Bunga tanaman ini berbau harum. Sedangkan rasa buahnya yang asam mencerminkan tingginya kandungan vitamin C dan asam sitrat. Kandungan ini sangat baik untuk melindungi tubuh.

Buah ini juga mengandung vitamin B6, thiamin, kalori, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, dan kalium. Jeruk nipis juga terkenal karena mengandung rendah lemak namun banyak serat.

Selain manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, kandungan nutrisi buah ini juga sangat baik untuk perawatan kulit dan kecantikan wanita. Termasuk untuk menghalau jerawat yang membandel dan membuat awet muda.

Kecantikan merupakan salah satu yang menjadi impian setiap wanita. Memiliki wajah yang cantik membuat seseorang tampil lebih percaya diri. Tidak sedikit wanita yang melakukan perawatan dengan menggunakan berbagai produk yang dapat membuatnya menjadi cantik.

Segudang Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk nipis memiliki beragam kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Sehingga buah ini terkenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut beberapa manfaat jeruk nipis yang sebaiknya Anda tahu.

Meningkatkan Imunitas dan Menangkal Radikal Bebas

Kandungan dalam buah jeruk nipis bersifat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan ini juga efektif untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Meningkatkan Kecerahan Wajah

Buah jeruk nipis juga efektif untuk meningkatkan kecerahan wajah. Memiliki wajah cerah dengan perawatan secara alami tentunya tidak akan menimbulkan efek negatif yang dapat menyerang pada wajah.

Manfaat jeruk nipis karena kandungan asam sitrat yang dapat mengelupaskan sel kulit mati. Dalam beberapa kasus dikatakan bahwa jeruk nipis mampu untuk mengatasi sel kulit mati yang tertinggal pada wajah.

Sel kulit mati adalah salah satu penyebab yang membuat wajah menjadi kusam. Oleh sebab itu, untuk menghindari kulit kusam agar wajah menjadi cerah dan bercahaya solusinya adalah dengan menggunakan atau minum jeruk nipis.

Mengecilkan Pori-pori

Jeruk nipis juga berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit. Sebab, seseorang yang memiliki pori-pori besar pada kulit wajah akan menimbulkan berbagai masalah.

Pori-pori yang terbuka akan menimbulkan kotoran dan minyak berlebih. Kondisi yang dapat memicu timbulnya jerawat hingga menyebabkan penuaan dini. Mengecilkan pori-pori kulit adalah hal penting bagi Anda.

Solusi tepat yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan ini secara rutin.

Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat jeruk nipis juga penting untuk menjaga kelembapan kulit. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Jenis vitamin ini juga dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kulit terjaga kelembapannya.

Selain itu, kandungan air yang terdapat pada jeruk nipis juga bisa menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Jika ingin kulit yang lembap dan tidak kering, lakukan perawatan dengan jeruk nipis.

Namun perlu Anda tahu bahwa ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk merawat wajah agar tampak bersih, bersinar dan lembap. Salah satu caranya adalah dengan masker jeruk nipis dan minum airnya

Mengatasi Jerawat

Manfaat jeruk nipis juga efektif untuk mengatasi jerawat. Munculnya jerawat pada wajah merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan jerawat, salah satunya adalah terjadinya masalah pada pori-pori wajah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Baik dengan memeras dan meminumnya ataupun membuat masker wajah.

Kandungan air dalam jeruk nipis juga berkhasiat sebagai antibiotik. Bahan ini yang berperan mengatasi bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencampurkan air jeruk nipis dengan madu sebagai obat jerawat.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan wanita. Selain melindungi tubuh terhadap serangan penyakit, buah jeruk jenis ini juga efektif untuk perawatan kulit dan wajah agar cantik dan awet muda. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara