Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Ketela Pohon untuk Gigi, Pencernaan dan Mata Panda

Manfaat Ketela Pohon untuk Gigi, Pencernaan dan Mata Panda

Manfaat ketela pohon untuk kesehatan tubuh ternyata sangat besar. Selain baik untuk melancarkan pencernaan, ketela pohon alias singkong ini juga berkhasiat menguatkan gigi dan mengatasi mata panda. Makanan ini juga baik untuk jantung.

Ketela pohon termasuk makanan yang populer bagi masyarakat kita. Umbi ini juga terkenal dengan beberapa nama, seperti singkong, ubi kayu, atau telo. Tanaman perdu ini masuk dalam suku Euphorbiaceae.

Selain dengan cara merebus atau mengukus, ketela pohon juga biasa kita olah menjadi aneka makanan dan camilan yang enak. Seperti dengan menggoreng, menjadi keripik, dan bentuk olahan lainnya.

Kandungan dan Manfaat Ketela Pohon atau Singkong

Masyarakat pedesaan telah lama menggunakan ketela pohon sebagai makanan pengganti nasi. Hal ini karena manfaat ketela pohon yang memang mengandung banyak karbohidrat.

Namun tahukah Anda jika umbi singkong ini juga kaya dengan kandungan nutrisi lainya? Kandungan gizi singkong antara lain protein, kalori, glukosa, serat, dan air.

Selain itu ketela pohon banyak mengandung vitamin A, B, C, dan E, asam folat, thiamin, dan riboflamin. Sedangkan kandungan mineralnya antara lain kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, sodium, potasium, selenium, dan mangan.

Nah, berikut ini berbagai manfaat ketela pohon untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu. Agar lebih optimal khasiatnya, sebaiknya olah umbi ini dengan cara merebus atau mengukusnya.

Melancarkan Pencernaan

Ketela pohon mengandung serat yang cukup tinggi. Ini sangat berguna untuk melancarkan dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Jika Anda mengalami gangguan sembelit atau BAB tidak lancar cobalah makan singkong rebus.

Selain menjaga pencernaan, makan singkong juga bisa mengenyangkan. Dengan mengonsumsi ubi satu ini juga akan membuat perut yang sakit akan menjadi lebih tenang.

Baik untuk Gigi dan Gusi

Manfaat ketela pohon juga baik untuk menguatkan gigi dan gusi. Kandungan kalsium maupun mineral lainnya tentunya berguna untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus mencegah penyakit gusi berdarah.

Meningkatkan Sistem Imun

Masyarakat desa yang menyukai dan mengonsumsi ketela pohon secara rutin umumnya memiliki tubuh yang sehat dan jarang terserang penyakit. Hal ini karena umbi singkong juga kaya dengan vitamin C.

Karena itu jika Anda memang suka dengan ubi singkong tak ada salahnya untuk sering-sering membuatnya. Apalagi jika menikmati ubi rebus bersama keluarga tentunya akan terasa lebih nikmat.  

Menghilangkan Mata Panda

Keutamaan lainnya dari manfaat ketela pohon adalah dalam menghilangkan mata panda. Lingkaran hitam yang sering terlihat pada sekitar mata karena kelelahan tentunya bisa mengganggu penampilan.

Karena itu tak ada salahnya Anda coba mengatasinya dengan makan singkong rebus atau kukus. Selain enak dan mengenyangkan, mata panda pun bisa segera hilang. Kandungan vitamin A dalam singkong juga baik untuk kesehatan mata.

Meredakan Asma dan Bronchitis

Bagi Anda yang mengalami atau menderita sakit batuk atau bronchitis juga bisa Anda coba untuk mengatasinya dengan ubi singkong. Kabarnya makanan ndeso ini cukup efektif untuk meredakan penyakit yang menyerang paru-paru tersebut.

Bahkan mengonsumsi ubi rebus ini juga ampuh dalam melegakan tenggorokan karena batuk. Yang tak kalah menarik, kandungan dalam ketela pohon juga berkhasiat untuk meredakan asma

Mencegah Diabetes dan Menguatkan Jantung

Tahukah Anda jika manfaat ketela pohon ternyata juga berguna untuk menguatkan jantung. Organ yang sangat vital dalam mendistribusikan darah ke seluruh tubuh ini akan semakin sehat dengan kita sering makan singkong.

Yang tak kalah menarik, makan singkong juga berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat dan nutrisi lainnya berguna pula untuk meredakan sakit kencing manis.

Manfaat Ubi Singkong Lainnya

Selain berbagai manfaat yang telah diulas, ubi singkong juga masih banyak keutamaan lainnya. Seperti untuk mencegah gangguan peradangan, seperti radang tenggorokan atau lambung.

Makanan ini juga baik untuk mengatasi dan menghentikan kecanduan akibat kebiasaan buruk. Seperti kecanduan rokok, minuman beralkohol, dan lainya. Makan singkong juga baik untuk menjaga kesehatan kulit tubuh.

Itulah berbagai manfaat ketela pohon untuk tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin, makanan ndeso yang rasanya enak ini juga banyak keutamaannya. Ternyata cap minor terhadap makanan berbanding terbalik dengan khasiatnya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img