Manfaat Sehat Buah Durian untuk Kesuburan Wanita

Manfaat buah durian untuk kesehatan, dan bisa meningkatkan kesuburan wanita karena mengandung hormon estrogen yang tinggi. Foto: Net/Ist.
Manfaat buah durian untuk kesehatan, dan bisa meningkatkan kesuburan wanita karena mengandung hormon estrogen yang tinggi. Foto: Net/Ist.

Manfaat sehat buah durian untuk meningkatkan kesuburan wanita karena mengandung hormon estrogen yang tinggi. Pada beberapa negara, mengonsumsi buah durian selain karena rasanya yang lezat, juga memiliki efek positif bagi kesuburan seseorang.

Buah-buahan yang punya banyak penggemar tapi banyak juga yang membencinya adalah durian. Rasa maupun aroma buah durian yang kuat menjadi penyebab timbulnya pro dan kontra.

Selama ini durian dikenal sebagai rajanya buah-buahan. Tanpa kita sadari buah ini juga memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan, dibalik aromanya yang menyengat ternyata durian juga punya manfaat untuk kesuburan wanita.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasan mengapa buah durian sangat baik untuk kesehatan dan juga membantu meningkatkan kesuburan pada wanita.

Baca Juga : Manfaat Buah Bidara untuk Otak, Anti Stres dan Menguatkan Tulang

5 Manfaat Sehat Buah Durian untuk Kesuburan Wanita

Mengandung Estrogen

Kepala Departemen Botani Bharathiar University, India, Dr. K. Francis, menjelaskan, hormon estrogen terkandung dalam buah durian. Tubuh manusia memproduksi hormon tersebut secara alami.

Tapi, jumlah hormon estrogen pada wanita yang tidak subur biasanya sedikit. Karena itulah, kandungan hormon estrogen yang tinggi dalam buah durian bisa secara alami membantu meningkatkan kesuburan.

Mengobati PCOS

Manfaat sehat buah durian untuk meningkatkan kesuburan wanita, yang mana PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) dapat menimbulkan masalah pada kesuburan wanita.

Selain akibat sindrom metabolisme, daya tahan seseorang terhadap insulin adalah salah satu faktor penyebab munculnya PCOS.

Selain itu, kandungan anti kegemukan, anti radang, serta anti hiperglikemik dalam buah durian mampu mengatasi masalah-masalah tersebut secara efektif.

Baca Juga : Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Malaria

Bisa Jadi Perangsang Alami

Buah durian bisa menjadi perangsang alami dan ampuh. Jika anda mengonsumsi buah ini secara rutin mampu meningkatkan gairah. Bahkan, manfaat buah durian juga bisa meningkatkan produksi sperma dan kesuburan pria.

Menjaga Berat Badan

Manfaat sehat buah durian untuk kesuburan pada wanita yang berikutnya yaitu dapat mengurangi risiko kegemukan, atau bertambahnya berat badan yang tidak sehat. Terutama pada wanita selama kehamilannya.

Kandungan serat tinggi berikut komposisi yang lengkap dari air dan mineral dapat membantu menjaga agar berat badan bisa tetap terkendali.

Selain itu, lemak yang terkandung di dalamnya juga termasuk lemak sehat, apalagi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

Mengatasi Anemia

Produksi sel darah dalam tubuh bisa menurun akibat anemia. Asam folat yang terkandung dalam buah durian sangat tinggi, sehingga mampu membantu mengatasi masalah anemia. Karena, asam folat merupakan komponen esensial dalam memproduksi sel darah merah.

Selain itu, manfaat sehat dari buah durian ini bisa juga untuk mengatasi anemia berkat kandungan zat besi dan tembaga yang ada di dalamnya. Kedua zat tersebut sangat penting dalam proses produksi sel darah merah.

Itulah berbagai manfaat buah durian bagi kesehatan dan kesuburan wanita dan juga pria. Meski begitu, mengonsumsi buah durian secara berlebihan akan menimbulkan masalah lain.

Jadi sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang tepat agar bisa memperoleh manfaatnya, dan terhindar dari masalah lain. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah