Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami, Ampuh dan Mudah Dibuat

Masker untuk Kulit Berminyak
Ilustrasi Masker untuk Kulit Berminyak. Foto: Ist/Net

Masker untuk kulit berminyak dapat anda pakai demi merawat kulit wajah agar menjadi lebih bersih dan terbebas dari jerawat. Kulit berminyak pada umumnya terjadi karena pori-pori yang bisa memproduksi sebum secara berlebihan.

Sebum merupakan minyak alami dari kulit yang berguna untuk melembabkan kulit dan juga rambut. Namun, sebum yang berlebihan dapat mengakibatkan pori-pori wajah tersebut menimbulkan jerawat, komedo, bahkan sampai peradangan.

Hingga untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut, anda bisa menggunakan bahan alami yang kemudian dapat anda pakai dalam membuat masker. Masker bahan alami tersebut akan menyerap minyak atau sebum yang berlebih pada area kulit wajah anda.

Pilihan Masker untuk Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak adalah salah satu jenis kulit yang banyak mengalami permasalahan. Mulai dari munculnya jerawat, komedo, sampai terjadi masalah lainnya. Tahukah anda jika produksi minyak pada wajah merupakan hasil kerja dari kelenjar sebasea?

Bagi beberapa orang, kelenjar sebasea yang mereka miliki bisa saja terlalu aktif untuk menghasilkan minyak. Hal tersebut akan mengakibatkan kulit mereka menjadi lebih berminyak serta terlihat mengkilat. Minyak yang berlebihan tentu saja bermasalah dan wajib anda cari jalan keluarnya.

Baca Juga : Manfaat Masker Daun Kelor untuk Kecantikan, Bisa Atasi Kulit Berminyak

Untungnya, saat ini anda tak perlu khawatir dan bingung. Masker wajah untuk kulit berminyak bisa menjadi solusi tepat bagi anda. Alih-alih pergi ke salon kecantikan untuk melakukan treatment atau masker yang harganya pun terbilang tidak murah, anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk menyelesaikan permasalahan kulit wajah anda yang berminyak.

Berikut ini adalah beberapa masker untuk kulit berminyak yang bisa anda pakai. Namun, jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Hal ini bertujuan untuk membebaskan pori-pori dari bakteri serta kotoran supaya masker bisa terserap dengan baik dalam kulit wajah anda.

Masker Lumpur

Bahan alami pertama yang berguna untuk menyingkirkan masalah kulit berminyak pada wajah adalah lumpur atau tanah liat. Namun, penting untuk anda ketahui, anda bisa menggunakannya sesekali saja karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kulit menjadi terlalu kering.

Bagi anda yang ingin mencobanya, maka terdapat beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuatnya, antara lain:

  1. Campurkan satu sendok makan lumpur atau tanah liat (clay), seperti bentonit yang sering ditemukan dalam toko makanan alami dengan satu sendok makan witch hazel lalu aduk rata.
  2. Oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah.
  3. Biarkan selama 10 menit atau sampai clay mengering.
  4. Lalu anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih.
  5. Anda bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak lemon dalam membantu mengontrol kelenjar minyak yang cukup aktif dan juga berguna untuk mengharumkan masker untuk kulit berminyak.

Masker Putih Telur

Baca Juga : Masker untuk Melembabkan Wajah dengan Bahan Alami

Anda bisa menyiapkan satu buah putih telur serta satu sendok madu. Lalu kocok sampai campuran kedua bahan berbuih. Campurkan satu sendok makan oatmeal sampai adonan seperti pasta.

Kemudian, oleskan ke semua permukaan kulit wajah serta biarkan meresap kurang lebih 10-15 menit. Bilas sampai bersih dengan memakai air hangat.

Masker Pisang

Pisang adalah salah satu bahan alami dan buah yang cukup mudah untuk anda temukan. Pisang pun ternyata mampu menyerap minyak yang berlebih pada wajah. Caranya, anda cukup menumbuk atau menghaluskan buah pisang pada sebuah wadah.

Lalu berikan 10 tetes jus lemon serta satu sendok minyak zaitun. Aduk hingga campuran bahan-bahan tersebut merata. Lalu oleskan masker untuk kulit berminyak ke wajah dan biarkan sekitar 10-15 menit. Setelah itu, dapat anda bersihkan dengan menggunakan air.

Masker Yogurt Pisang

Yogurt memiliki kandungan lactic acid yang dapat menghilangkan sel kulit yang mati serta mengencangkan pori-pori. Kemudian bahan alami ini juga bisa secara ampuh merawat kulit yang berminyak jika anda campurkan dengan buah pisang.

Caranya, anda bisa menghaluskan pisang setengah potong saja dengan garpu. Lalu, campurkan satu sendok makan yogurt dan juga satu sendok teh kunyit bubuk. Aduk campuran bahan alami tersebut hingga merata.

Lalu, oleskan masker untuk kulit berminyak ke semua area wajah dengan memakai kuas. Biarkan masker pada wajah tersebut selama 20 menit, lalu bilas dengan memakai air hangat dan juga keringkan menggunakan kain yang halus.

Baca Juga : Rekomendasi Masker Bilas Terbaik untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

Masker Oatmeal

Masker oatmeal serta bawang bombay dapat merawat kulit wajah yang mengandung minyak berlebih, bahkan wajah yang berjerawat. Bahan alami ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan pori-pori hingga menyeluruh. Lalu bawang bombay mempunyai kemampuan dalam melawan peradangan kulit. 

Bahan-bahan: 

  1. Siapkan sepertiga cangkir oatmeal tawar 
  2. Seperempat cangkir air mendidih 
  3. Satu bawang bombay 
  4. Setengah sendok teh madu

Cara membuat masker untuk kulit berminyak:

  1. Rendam oatmeal dalam air mendidih selama lima menit.
  2. Buat pure bawang bombay dengan memakai food processor.
  3. Campurkan puree dan juga madu dalam pasta oatmeal selagi masih hangat.
  4. Aduk serta oleskan pada permukaan wajah dan biarkan selama 10-15 menit atau masker benar-benar meresap.
  5. Bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan kain yang halus.

Masker Kunyit

Baca Juga : Masker Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah dan Cara Membuatnya

Kunyit bukan hanya sebagai bahan herbal yang mengandung banyak vitamin. Namun, juga dapat merawat kulit yang berminyak dan membuatnya menjadi lebih glowing.

Cara untuk membuatnya adalah dengan mencampurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit serta dua sendok makan tepung supaya masker menjadi lebih kental.

Setelah bahan tercampur, tambahkan dua sendok teh madu serta seperempat cangkir yogurt. Oleskan masker pada wajah dan biarkan meresap selama 15-20 menit. Pakailah kain halus dalam membersihkan masker.

Masker Timun

Masker untuk kulit berminyak yang cocok untuk anda adalah menggunakan timun. Timun merupakan astringent yang alami dan bisa menghilangkan sebum berlebih, sel kulit mati, serta kotoran.

Cara membuat masker dari timun adalah dengan mencampurkan satu sendok makan jus lemon dan dua sendok makan jus timun.

Lalu, oleskan campuran masker dari bahan alami ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit serta bilas dengan air bersih. Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen untuk pagi hari setelah memakai masker timun ini.

Masker Madu

Anda bisa menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah dengan memakai masker dari madu. Masker ini pun bisa menjadikan jerawat pada area kulit wajah menghilang dengan mencampurkan gula aren. Campuran gula aren berguna untuk eksfoliasi dan juga melembabkan kulit.

Selanjutnya, anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut dan mengoleskan masker untuk kulit berminyak ke wajah. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan memakai air hangat. Lakukan cara ini untuk merawat kulit wajah yang berminyak anda secara rutin satu minggu sekali.

Baca Juga : Cara Memakai Masker Spirulina untuk Perawatan Kulit Wajah

Masker Lidah Buaya

Lidah buaya pun ternyata dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah anda. Bahan alami ini mempunyai banyak manfaat dan kemampuan untuk melawan peradangan.

Jadi, anda bisa memanfaatkannya untuk menenangkan kulit yang meradang atau berjerawat. Kemudian sifatnya sebagai astringent alami dapat menyerap minyak atau sebum berlebih pada kulit.

Masker Tomat

Tomat merupakan astringent yang alami dan berguna sebagai bahan melawan minyak yang berlebih pada wajah anda. Caranya, cukup mencampurkan satu sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan madu alami.

Aduk kedua bahan agar tercampur dengan rata. Oleskan masker tersebut ke wajah secara menyeluruh dan biarkan sekitar 10 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Masker Jeruk

Masker untuk kulit berminyak selanjutnya adalah jeruk. Kandungannya yang banyak vitamin, jeruk dapat anda pakai dalam mencampurkan jeruk dengan yogurt dan juga madu.

Kandungan ketiga bahan alami ini bisa menangkal minyak yang berlebihan pada wajah anda. Kemudian juga bisa mendorong produksi kolagen lantas meminimalisir garis-garis halus serta keriput.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan yogurt, satu sendok makan jus jeruk, dan satu sendok madu pada sebuah wadah.

Aduk ketiga bahan tersebut secara merata, lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air yang hangat.

Baca Juga : Keutamaan Masker Jeruk Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker Stroberi

Selain memiliki cita rasa yang lezat, stroberi dapat anda pakai untuk mengatasi minyak atau sebum berlebih pada wajah. Caranya, anda cukup menghaluskan buah stroberi dan langsung oleskan pada wajah hingga merata.

Anda bisa membiarkan masker untuk kulit berminyak agar nutrisi alami menyerap sempurna pada kulit wajah sekitar 10-15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk atau kain yang bersih dan lembut.

Cara Menggunakan Masker Wajah Bahan Alami untuk Kulit Berminyak

Menggunakan masker bahan alami ini dapat anda lakukan agar lebih aman. Sebagian besar orang telah meyakini jika keefektifan masker dari bahan alami ini.

Akan tetapi, penting untuk anda ketahui jika terdapat beberapa bahan alami yang kemungkinan belum terbukti secara klinis atau ilmiah tentang keamanan serta keefektifannya untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Kemudian terdapat sebagian orang yang mengalami alergi terhadap jenis bahan yang alami tertentu. Terdapat reaksi alergi yang kemungkinan bisa terjadi saat memakai masker ini.

Jadi, penting sekali mengetahui jenis kulit terhadap masker untuk kulit berminyak yang akan anda pakai. Cek terlebih dahulu apakah masker tersebut cocok dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Oleskan sedikit dari masker bahan alami untuk kulit yang berminyak ke beberapa bagian tubuh lain. Seperti pada bagian punggung tangan, kulit bagian dagu, pergelangan tangan, atau pada area kulit belakang telinga.
  2. Tunggu beberapa menit serta bilas dengan menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih.
  3. Lalu, lihat dan pastikan reaksi terhadap kulit anda.
  4. Apabila kulit anda tidak menunjukkan reaksi kemerahan atau tidak terasa gatal dan perih, bahkan tidak bengkak maupun tanda-tanda alergi kulit yang lain. Maka, anda bisa memakai masker tersebut untuk wajah anda yang berminyak dan berjerawat.
  5. Apabila terdapat tanda-tanda sebaliknya atau muncul reaksi alergi, maka anda bisa langsung menghentikannya sebagai masker wajah.
  6. Jika tanda menunjukkan iritasi, reaksi alergi, maupun terasa perih, seakan-akan terbakar ketika mengoleskan masker alami, segera bilas dengan air bersih dan hentikan pemakaiannya.

Selalu ingat untuk tetap berhati-hati dalam memakai masker jenis apapun, baik masker alami atau masker yang anda beli dari salon kecantikan maupun toko-toko kepercayaan anda.

Sangat dianjurkan melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli atau dokter kulit saat ingin menggunakan masker untuk kulit berminyak. Karena dokter atau ahli kulit bisa membantu anda dalam menyelesaikan dan memberikan informasi yang tepat sebelum memutuskan untuk menggunakan masker wajah. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah